Di Sektor Pertanian Kabupaten Dompu Daerah Kedua Dengan Kontribusi Terbesar Di NTB

foto Kadistanbun kab Dompu, Muhammad Syahroni SP,.MM

 

ChanelNtbNews Dompu, NTB – Kamis (3/8/2023), Kabupaten Dompu pada sektor tanaman pangan menjadi salah satu penentu pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kab Dompu, dimana Kontribusi sektor pertanian dalam pembentukan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Dompu mencapai angka 39,93 persen.

 

” Karena kontribusi sektor pertanian sebesar 39,93 persen atau jauh di atas kontribusi sektor lainnya seperti sektor perdagangan, sektor pertambangan ataupun sektor yang lainnya”, jelas Kadistanbun Kabupaten Dompu, Muhammad Syahroni, SP, MM

 

Dikatakannya bahwa Sektor pertanian yang berkontribusi terhadap pembentukan PDRB Kabupaten Dompu merupakan sektor pertanian secara luas termasuk perikanan, peternakan, dan kehutanan.

 

Tetapi sektor tanaman pangan berupa petani jagung, padi, kacang kadalai dan perkebuhanan lainnya memberi kontribusi cukup besar.

 

“Jadi pertanian harus tetap dan terus jadi fokus perhatian pembangunan Dompu,” jelasnya.

 

Ditambahkan Syahroni bahwa Provinsi NTB itu sendiri, kontribusi sektor pertanian hanya 22,42 persen. Kontribusi sektor pertanian di Kabupaten Dompu ini menjadi daerah kedua dengan kontribusi sektor pertanian terbesar di NTB setelah Kabupaten Bima sebesar 43,18 persen.

 

Begitu pentingnya sektor pertanian secara luas sehingga komoditi Jagung, Porang, Padi, Sapi, Ikan merupakan komoditi unggulan pemerintahannya, melalui Program Jara Pasaka.

 

Sehingga dengan segala keterbatasan yang dimiliki, pemerintah terus memberikan perhatian terhadap komoditi pertanian dan nantinya diharapkan dapat mensejahterakan masyarakat Dompu.

 

Namun Pemberian nilai tambah atas sektor pertanian juga tengah diupayakan pemerintah daerah (Pemda) melalui program industrialisasi.

 

” Dengan harapan ada nilai tambah atas komoditi pertanian dan itu juga berdampak pada stabilitas harga komoditi pertanian.”harapnya diakhir penyampaiannya.(dikutipdarisitusDistabun.DompuKab.go.id).

 

Pewarta : IW

 

 

image_pdfimage_print