Pemkab Dompu Apreasi SMPN 4 Dompu Terpilih Sebagai Sekolah Terbaik Tingkat SMP Se- Indonesia, Satu-satunya SMP Di NTB Lolos Seleksi Direktorat SMP

 

 

ChanelNtbNews, Dompu NTB – Kementerian Pendidikan melaui Direktorat SMP, Menindaklanjuti hasil seleksi sekolah terbaik ditingkat SMP di seluruh Indonesia dengan Melaksanakan Kegiatan Pembuatan Film Dokumenter dalam rangka membentuk Tim perencana berbasis data yang sudah berlangsung selama seminggu di SMPN 4 Dompu, Rabu, 02/08/23.

 

Sehingga program program atau kegiatan yang dilaksanakan di sini itu sudah berdasarkan permasalahan yang ada, karena SMPN 4 Dompu, Satu-satunya Sekolah atau SMP yang lolos seleksi dan terpilih sebagai Sekolah terbaik khususnya di tingkat SMP dan menjadikan Kepala Sekolah SMPN 4 terbaik di seluruh Indonesia.

 

 

Dalam Kesempatannya Direktorat SMP melalui Pejabat analis kelembagaan pembinaan pendidikan, ferdiansyah zaki menjelaskan Salah satu kegiatan yang kami cermati di SMPN. 4 dompu yang baik dan bisa dicontoh oleh sekolah sekolah lain.

 

Kata dia yang pertama adalah membentuk tim perencanaan berbasis data sehingga program program atau kegiatan yang dilaksanakan di sini itu sudah berdasarkan permasalahan yang ada.

 

” Permasalahannya dilihat di mana permasalahan bisa dilihat dari lapor pendidikan masing masing sekolah yang memiliki nilai capaian yang berbeda,

jadi setiap sekolah beda masalahnya, beda juga solusi programnya dan kegiatannya seperti apa, itu tergantung dari rapor pendidikan sekolah.” terang Ferdiansyah.

 

Kemudian output dari kegiatan ini Tentunya menjadi landasan inspirasi yang berupa vidio, untuk dibagikan ke seluruh sekolah melalui Direktorat SMP seperti biasanya di youtube dan sosial media kami.

 

Sehingga sekolah – sekolah lain bisa terinspirasi dan bisa mencontohiP rogram program perencanaan SMPN 4 Dompu kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, Provinsi NTB.

 

” Kami berharap, supaya bagaimana sekolah-sekolah lain bisa sama-sama, mulai Mengimplementasikan program kami yang namanya Perencanaan Berbasis Data dengan memanfaatkan rapor pendidikan.” tutur analisis kelembagaan pendidikan diktorat diakhir penyampaiannya.

 

 

Pada kesempatan Kadis Dikpora Dompu Drs H.Rifaid, SPd,.MPd, mengatakan bahwa SMPN 4 Dompu, berdasarkan hasil asesmen tahun 2022 dan hasilnya keluar di tahun 2023. Mendapatkan peningkatan nilai literasi mencapai 360,04%

 

” Terdapat 6 komponen utama dalam peningkatan yang luar biasa ini, sangat jauh di atas Sekolah-sekolah Lain yang ada di seluruh kabupaten/kota yang ada di NTB juga peningkatan nilai ini yang paling tinggi seluruh sekolah di Indonesia.” Jelas Kadis Dikpora.

 

Dibuktikan dengan Kunjungan Direktorat kementerian Pendidikan sekolah Menengah Pusat dan Dikbud Provinsi, kehadiran ini untuk memantau secara langsung pada proses Belajar mengajar di SMPN 4 Dompu selaku sekolah peraih Juara Utama tingkat Nasional mewakili semua SMP di kabupaten Dompu dan seluruh Indonesia.

 

Lanjut Kadis, kunjungannya ini untuk mendokumentasi segala bentuk aktivitas dan Profil Kepala Sekolahnya kemudian Siapa Bupati dan kepala Dinasnya sehingga sekolah ini sukses meraih prestasi yang luar biasa.

 

“Saya mewakili Pemkab Dompu mengapresiasi SMPN 4 Dompu atas Prestasi luar biasa ini,”ungkap Kadis Dengan bangga.

 

Hal itu dilakukan Kepala sekolah SMPN 4 Dompu ini berdasarkan Pemanfaatan Rapor-rapor pendidikan yang ditindaklanjuti dengan program Perencanaan berbasis data dengan mendapatkan hasil nilai yang luar biasa dari Terakumulasi segala macam itu dengan mengacu kepada kekurangan kekurangan di rapor sebelumnya.

 

” Kenapa dia bisa mendapatkan nilai yang luar biasa dari asimilasi sejumlah itu, karena mengacu kepada kekurangan kekurangan di rapor Sebelumnya kemudian memanfaatkan anggaran melalui perencanaan berbasis data dan database nya pendidikan itu.” terangnya.

 

Sehingga dapat mengetahui kekurangan yang mana yang harus diisi dengan benar sehingga penggunaan anggaran dana bos sekolah betul-betul efektif dan efisien untuk meningkatkan nilai pendidikan dan itu terbukti sesuai dengan apa yang diraih saat ini.

 

Diakhir Artinya, Dibalik kesuksesan ini tentunya atas dasar kedisplinan tugas, saran dan kebijaka-kebijakan yang berjenjang dimulai dari Kepala daerahnya lalu Kepala Dinas terkait (Dikpora), Kemudian Kepala Dinasnya memberi bimbingan khusus kepada kepala sekolah dan Kepala sekolah meneruskan bimbingan kepada semua Dewan guru hingga di implementasi oleh seluruh siswa.

 

” Kalau kita masih ingat bahwa pencapaian nilai tertinggi diraih siswa/siswi SMPN 4 Dompu pada tahun 2022, sebelumnya juga di tahun 2008 juga,” ujar Kadispora.

 

 

Sementara diwaktu yang sama Kepsek SMPN 4 Dompu Abdul Kharis, SPd, menyampaikan bahwa Hari ini adalah puncak pengambilan Film Dokumenter di SMPN 4 Dompu, kita di Dompu merasa bersyukur, satu-satunya sekolah di Indonesia terwakili dalam penilaian sekolah terbaik.

 

Dari hasil seleksi seluruh sekolah yang ada di Indonesia dari puluhan ribu sekolah, diseleksi menjadi ratusan sekolah, tersisa 5 sekolah, dan yang di ambil satu sekolah saja.

 

” Maka Kepala Sekolah SMPN 4 Dompu terbaik se Indonesia dari segi praktek baik, Inovasi, kreativitas yang dilaksanakan selama 1 tahun terakhir,” papar Kepsek SMPN 4 Dompu penuh semangat.

 

Dijelaskan Kepsek SMPN 4 Dompu, terakhir penilaian ini, pada tanggal 17 Juli kemarin oleh 21 penanya dari direktorat SMP, yang menanyakan program apa saja yang sudah di jalankan.

 

Jadi ada program menarik dan fantastis di SMPN 4 Dompu ini, ada 6 Indikator yang dinilai itu, antara lain ada 2 indikator yang fantastis yang tidak ada di seluruh sekolah lain di Indonesia.

 

Antara lain, Kemampuan Literasi daya dukung, daya membaca anak-anak di SMPN 4 Dompu 360,04% kenaikan, Klau didaerah lain tidak sampai 100%, dan Kemampuan Numerasi anak-anak berhitung, mencapai angka fantastis juga, diprovinsi lain hanya mampu mencapai 50%, kami SMPN 6 Dompu melampaui 145%.

 

Lebih lanjut dijelaskan di karakter kita ada kenaikan, antara lain, iklim keamanan sekolah, iklim kebhinekaan toleransi, iklim keagamaan dan mengenai Ras toleransinya luar biasa kenaikan semua.

 

Selai itu, untuk kualitas Pembelajaran, setelah saya masuk menjadi kepala sekolah disini mengalami peningkatan dratis yang luar biasa.” Jadi ada inovasi-inovasi kreatif dari kami kepala sekolah, kemudian kita sampaikan ke guru-guru untuk melanjutkan capaian ini.” Harap Kepsek penuh optimis.

 

Diakhir menyampaikan bahwa kita patut berbangga pak gubernur sudah menyampaikan apreasiasi kepada kami dan kemudian Pak Bupati juga menyampaikan ucapan yang sama.

 

” Semalam saya berkunjung ke pandopo, Alhamdulillah beliau mengapresiasi kepada SMPN 4 Dompu ini yang mengharumkan nama NTB khusus Kab. Dompu,” ucap Abdul Kharis mengutip Penyampain Bupati Dompu H Kader Jaelani.

 

Harapan kami SMPN 4 Dompu, semoga apa yang kita capai, kami bisa mempertahankan ini, karena pencapaian ini, tidak mudah dan perlu kerja keras kita semua Guru SMPN 4 Dompu dan masyarakat.

 

” Karena tanpa mereka ini tidak akan bisa berjalan, tanpa bantuan masyarakat juga, termasuk iklim keamanan disekolah, tanpa didukung oleh mereka tidak akan kondusif seperti ini,” ujar Kepsek.

 

 

 

image_pdfimage_print