Acara Selamatan ‘Do’a Soro’ Tradisi Warga Desa Jala Tiap Tahun, Dipercaya Untuk Keselamatan Dan Tambah Rejeki.

Foto Warga yang tengah melaksanakan ritual Do’a Soro di pinggir pantai Desa Jala Kec Hu’u Kab Dompu.

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Acara selamatan Do’a Soro menjadi salah satu tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Desa Jala kecamatan hu’u kabupaten Dompu, karena dipercaya untuk keselamatan dalam mencari Nafkah di laut.

 

Disamping itu juga diyakini akan mempermudah mendapatkan rejeki dan terlihat warga desa jala sangat antusias mengikuti acara selamatan Do’a Soro yang menjadi kebiasaan warga setiap tahunnya, hal itu disampaikan oleh tokoh masyarakat Desa Jala pada awak media, usai berlangsungnya Do’a Soro di Desa Jala, Jum’at, 29/09/23.

 

Dalam penyampaiannya tokoh masyarakat Desa Jala, Suhardin Idrus, mengatakan kegiatan Do’a Soro ini merupakan acara selamatan yang dilaksanakan dibawah pohon Ketapang di pinggir pantai yang sudah menjadi budaya warga Desa Jala.

 

Dengan harapan, agar masyarakat Desa Jala selamat dalam mencari nafkah di laut dan pendapatan nelayan bertambah dan selalu lancar terus.

 

Karena Akhir-akhir ini, masyarakat Desa Jala selalu dihantui dengan gelombang besar yang terus menerus terjadi, sehingga masyarakat terkendala dalam mencari nafkah di laut.

 

” Jadi nelayannya lebih banyak Istirahat daripada kerja mencari rezeki ke laut,” tutur Suhardin Idrus.

 

Makanya, kita masyarakat Desa Jala, mengadakan acara selamatan seperti ini, supaya gelombang bisa cepat surut,” masyarakat bisa kembali beraktivitas mencari nafkah di laut,” harapnya penuh optimis.

 

Penulis ; Novel

 

 

image_pdfimage_print