Program JARA PASAKA Produk Utama Pemerintahan AKJ-SYAH Yang Menitikberatkan Pada Kesejahteraan Masyarkat.

Foto, Bupati Dompu, H. Kader Jaelani dan Wakil Bupati Dompu, H. Sahrul Parsan, ST, MT Beserta Kepala Bappeda dan Litbang Kab Dompu, H. Gaziamansyuri, MAP

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Dibawah kepemimpinan Bupati H. Kader Jaelani dan Wakil Bupati H. Syahrul Parsan, ST., MT (2021-2026) Kabupaten Dompu memiliki visi Terwujudnya Dompu yang MASHUR (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius).

 

Dimana Visi tersebut dituangkan dalam 5 (lima) misi :

Pertama, meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih;

Kedua, meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal yang berkelanjutan;

Ketiga, meningkatkan mutu pelayanan dasar dan pelayanan publik yang transparan, partisipatif dan berkeadilan;

Keempat, mewujudkan pembangunan infrastruktur yang mantap; dan

Kelima, mewujudkan tata nilai kehidupan masyarakat yang religius, berbudaya, berprestasi dan berkarakter berbasis kearifan lokal.

 

Kepala Bappeda dan Litbang Kab Dompu, Drs. H.Gaziamansyuri,M.Ap mengatakan bahwa Program unggulan Pemerintahan AKJ-SYAH adalah JARAPASAKA, merupakan singkatan dari JAGUNG, PORANG, PADI, SAPI dan IKAN.

 

“Program JARA PASAKA telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.”Jelas H.Gaziamansyuri.

 

H. Gazianmanyuri menjelaskan bahwa  Program JARAPASAKA tersebut menitikberatkan pada kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan dan peningkatan produktivitas komoditas jagung, porang, dan padi serta pengembangan peternakan sapi dan hasil perikanan. namun tidak mengesampingkan pada komoditas serta sektor lainnya.

 

“Karena Program JARA PASAKA Adalah Penyatuan Pemahaman OPD Untuk Realisasikan Arah Pembangunan Daerah,” Kata H. Gaziamansyuri.

 

Ditambahkan H. Gaziamansyuri Program JARA PASAKA merupakan produk utama pemerintahan Kader Jaelani – Syahrul Parsan (AKJ – SYAH) juga dapat difungsikan sebagai instrumen untuk menyatukan semua pandangan dalam pelaksanaan pembangunan daerah.

 

Sehingga yang menjadi roh JARA PASAKA yakni Pasaka Desa, sebab Keberhasilan program Jara Pasaka ini tentu dikerjakan secara konsisten yang dapat meningkatkan PAD dan mensejahterahkan masyarakat khususnya masyarakat Dompu pada umumnya.

 

Selain itu juga Program Jara Pasaka merupakan tonggak bagi daerah dan masyarakat Dompu untuk terus bangkit mengejar ketertinggalan, sehingga kesejahteraan yang diharapkan pemerintah serta masyarakat dapat terwujud.

 

Kepala Bappeda dan Litbang juga menyebutkan bahwa program JARA PASAKA (Jagung, Porang, Padi, Sapi dan Ikan) ini merupakan program prioritas dengan pendekatan komoditas.

 

Karen itu, Kepala Bappeda dan litbang Kabupaten Dompu ini juga menegaskan bahwa Prioritas program JARA PASAKA semata-mata berpihak kepada masyarakat.

 

“Maka tugas Bappeda lah yang mengarahkan kegiatan pada perangkat daerah agar tepat sasaran dan mencapai tujuan,”Harap H. Gazi menutup Penyampainnya.

 

Penulis : IW

image_pdfimage_print