Plt. Kadis Kominfo, Secara Resmi Membuka Kegiatan Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Statistik Sektoral.

Foto, Plt. Kadis Kominfo, Ir. Ruslan pada saat pembukaan Kegiatan Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Statistik Sektoral.

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Dompu Ir. Ruslan, M.Si, secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Statistik Sektoral.

 

Pelatihan tersebut diselenggarakan dengan tujuan tersedianya Informasi dalam bentuk Struktur Dan Format Yang Baku untuk Menggambarkan Data, Menjelaskan Data, Serta Memudahkan Pencarian, Penggunaan Dan Pengelolaan Informasi Data.

 

Bertindak sebagai narasumber atau tutor pada Kegiatan tersebut, antara lain, Kabid Aptika Kominfo, Zainal Mutaqien, S.IP, dan Ahli Muda Statistika BPS Kabupaten Dompu dan diikuti oleh masing-masing Operator Perangkat Daerah (PD) Se Kabupaten Dompu dan

 

Turut Hadir pada acara tersebut, antara lain, Sekdis Kominfo bersama jajarannya, Insan Pers dan Elemen Penting lainnya yang berlangsung di Gedung Dharma Wanita Kabupaten Dompu, Senin (03/06/24) sekitar pukul 09.00 sampai selesai

 

Dalam arahannya, Plt. Kadis Kominfo Kabupaten Dompu yang juga berposisi sebagai Asisten Administrasi Umum atau Asisten 3 menyampaikan Bimbingan Teknis yang dilakukan ini merupakan implementasi Perpres Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia.

 

“Dalam pasal-pasal Prespres ini telah diatur tentang penyelenggaraan tatakelola data yang dihasilkan oleh Instansi Pemerintah baik Vertikal maupun Daerah”, katanya.

 

Lanjut, Ir. Ruslan juga menjelaskan bahwa data-data dari instansi yang disebutkan dipergunakan mendukung perencanaan, pelaksanaan evaluasi dan pengendalian pelaksanaan pembangunan.

 

Sehingga bagaimana dalam implementasinya adanya kesamaan persepsi dalam penggunaan satu data untuk Indonesia meliputi keseragaman data dari semua organisasi baik pusat hingga daerah.

 

Ir. Ruslan juga menyebutkan dalam kegiatan Bimbingan terkait Satu Data Indonesia tersebut sangat penting dilakukan.

 

” Kegiatan Bimtek ini penting dan perlu dilakukan untuk menyatukan persepsi terkait Satu Data Indonesia di berbagai kegiatan pembangunan”, jelas Dae Mpeo sapaan akrabnya.

 

Diakhir Dae Mpeo mengingatkan kepada seluruh peserta Bimtek agar serius mengikuti kegiatan yang berlangsung.

 

“Mengingat Bimtek ini sangat penting bagi kita semua guna menyiapkan data penting dan dibutuhkan bagi perencanaan pembangunan keseriusan peserta dalam mengikuti kegiatan ini sangat diharapkan”, ungkapnya dengan nada mengingatkan.

 

Sebelumnya Sekdis Kominfo, Dwi Erza Zily Surya Dharma, S.IP., M.Si, dalam laporannya menyebutkan jumlah peserta Bimtek yang berlangsung sebanyak 50 orang, dengan rincian 33 orang dari OPD, 8 orang dari Kantor Kecamatan dan 9 orang dari anggita TPI (Tim Penilai Independen)

 

Sekretaris juga menjelaskan bahwa Kegiatan ini diadakan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Dompu.

 

“Peserta Bimtek tersebut merupakan operator data masing-masing Perangkat Daerah”, jelas sekretaris diakhir penyampaiannya singkatnya.

 

Penulis ; IW

 

image_pdfimage_print