Wakil Bupati Dompu Hadir Sebagai Pembicara Pada Acara Sosialisasi Pengaruh Bahaya Narkotika Di Kalangan Masyarakat.

Foto, Wakil Bupati Dompu Sekaligus Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Dompu H. Syahrul Parsan ST.MT, Iptu Muh. Sofyan Hidayat sekaligus selaku Pemateri dan Perwakilan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Endang PA,SH dan Panitia.

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Ikatan Pemuda Mahasiswa Desa Nowa (IPMDN) menggelar sosialisasi bahaya Narkotika dengan tema bertajuk “Revilitalisasi Peran Pemerintah Dan Penegakan Hukum yang adil terhadap Pelaku Tindak Pidana Narkoba yang berlangsung di Dusun Nowa, Desa Nowa, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu, Sabtu (2/12/2023),

 

Kegiatan Sosialisasi tersebut guna Meredam pengaruh dan peredaran Narkoba di kalangan masyarakat khususnya masyarakat di kabupaten Dompu dengan jumlah peserta yang hadir sekitar 50 Orang masyarakat Desa Nowa dan acara dimulai sekitar pukul 14.30 Wita dan berakhir pukul 17.50 wita dan kegiatan berjalan aman dan lancar.

 

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Wakil Bupati Dompu Sekaligus Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Dompu H. Syahrul Parsan ST.MT, Kasatresnarkoba Polres Dompu, Iptu Muh. Sofyan Hidayat sekaligus selaku Pemateri dan Perwakilan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Endang PA,SH.

 

Dalam Penyampaian materi Wakil Bupati Dompu dan juga Ketua BNK Kab Dompu H. Syahrul Parsan, ST. MT., menyampaikan bahwa Tugas utama daripada BNK ini adalah melakukan sosialisasi terhadap pencegahan penyalahgunaan narkoba khusus kepada anak-anak dan remaja di bawah umur 17 tahun.

 

“Ucapan terimakasih kepada panitia pelaksana telah mengadakan acara sosialisasi seperti ini,” ucap Ketua BNK Kab Dompu.

 

Dijelaskan Ketua BNK, bahwa memang pada saat ini, telah banyak anak-anak dan remaja mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA yang ingin sekali mencoba barang haram itu,

 

“Ketika sudah merasakan enaknya maka mereka lama kelamaan pasti akan ketagihan,” ujarnya.

 

H. Sahrul Parsan mengatakan bahwa Pemerintah Daerah Kab Dompu telah mengeluarkan Perda terkait dengan Penyalahgunaan Narkoba dan telah menyiapkan tempat untuk melakukan Cek Medis di RSUD Dompu,

 

Namun, apabila tidak mampu di tanggani maka, Pemerintah Daerah akan berkomunikasi dan membantu memediasi dengan tempat rehabilitasi Narkoba di Lido dan biaya akan ditanggung oleh pihak keluarga itu sendiri.

 

“Apabila ada perubahan sikap dan prilaku anak dengan ciri-ciri berdiam diri dan suka melamun maka patut kita sebagai orang tua wajib menanyakan hal tersebut agar cepat di  atasi atau keluar dari lingkaran terabut dan memberikan kesibukan positif seperti mengaji, mencari pekerjaan rutin yang positif,”terang H. Sahrul.

 

Dikesempatan yang sama, Pemateri lainnya, Kasat Narkoba Polres Dompu Iptu Muh. Sofyan Hidayat, S.Sos.,menyampaikan, ucapan terima kasih atas inisiatifnya yang telah mengadakan kegiatan yang sangat positif ini.

 

“Tentunya, kegiatan ini di harapkan akan dapat membantu tugas kami dari Kepolisian dan BNK Kabupaten Dompu,”harap kasad di awal materinya.

 

Lanjut Kasad menjelaskan sebagai penegak hukum kegiatan ini akan dilaksanakan secara periodik bukan hanya di desa Nowa saja namun seluruh desa-desa yang ada di kabupaten Dompu,

 

”Penyalahgunaan narkoba adalah tugas kita bersama, Kenapa saya katakan demikian karena hal ini merupakan tugas kita bersama oleh seluruh elemen masyarakat dan yang paling besar peran dalam penyalahgunaan narkotika ini adalah orang tua, Kami baru 2 minggu bertugas sebagai Kasat Narkoba Polres Dompu dan alhamdulillah sudah beberapa kali melakukan pengungkapan,” papar Kasat.

 

Kasad juga menjelaskan, bahwa Narkoba adalah zat-zat alami maupun kimiawi yang apabila di masukan kedalam tubuh baik secara oral (minum, hirup, hisap dan sedot) maupun secara injeksi /suntikan dapat mengubah pikiran,

 

“Suasana hati atau perasaan dan perilaku seseorang, jenis-jenis narkoba, yaitu seperti Ganja, yang menyebabkan pengunaanya ingin makan terus serta membuat perasaan tenang,” terangnya.

 

Selain Ganja, jenis lainnya adalah Sabu, menyebabkan penggunaanya kuat dan merasa kenyang kemudian ditambah dengan Ecstasy, jenis ini sering digunakan di tempat hiburan malam,

 

“Termasuk tembakau Cap Gorilla, membuat penggunanya berhalusinasi, Flakka, membuat pengguna jadi seperti zombie, serta Jamur tahi sapi.”jelas Iptu Muh. Sofyan diakhir penyampaian Materi.

 

Penulis : IW

image_pdfimage_print