Mencegah Gangguan Kamtibmas Menjelang Pilkada 2024, Kelurahan Potu Aktifkan Ronda Malam

Foto, Lurah Potu, Agus Sofyan, S. Sos bersama Kasi Trantib Kelurahan Potu, Sugeng Nurbandi, SE 

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Pada umumnya masyarakat sangat memerlukan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban dalam lingkungan masyarakat.

 

Maka, Pemerintah Kelurahan Potu Kecematan Dompu menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk melaksanakan kegiatan Siskamling atau Ronda malam di masing-masing RT,

 

Hal itu sebagai bentuk upaya pemerintah dalam mengamankan lingkungan masyarakat dari gangguan Kamtibmas seperti, pencurian, curanmor dan gangguan kamtibmas lainnya,

 

Dalam Penyampaiannya, Lurah Potu, Agus Sofyan, S. Sos menjelaskan bahwa sesuai dengan surat himbauan Bupati untuk meningkatkan stabilitas kabupaten Dompu khususnya di kelurahan Potu, agar mengaktifkan Ronda malam.

 

Maka dari itu, kami dari Pemerintah Kelurahan Potu menindaklanjuti himbauan tersebut, maka dari itu, meminta dan menghimbau kepada seluruh Ketua RT beserta masyarakatnya.

 

Untuk berpartisipasi melakukan Ronda malam atau jaga malam dimasing-masing RT, agar lingkungan di kelurahan Potu aman dan terkendali dalam rangka menyambut 17 Agustus dan menghadapi Pilkada 2024 ini.

 

“Itu sudah dilaksanakan di setiap RT yang ada di kelurahan Potu, karena masing-masing RT sudah memiliki Pos Randa,” terang Lurah.

 

Lanjut Dijelaskan Lurah, bahwa pelaksanaan Ronda malam dikeluraha Potu ini, kami lakukan sejak dikeluarkannya Surat Himbauan oleh Bapak Bupati Dompu.” Hampir semua RT sudah melakukan Ronda malam,” bebernya.

 

Lurah berharap kepada seluruh masyarakat Potu, menjelang Pilkada ini, agar selalu menjaga stabilitas keamanan di tiap-tiap RT nya, karena gangguan Kamtibmas di masing-masing Desa/kelurahan sangat berpotensi.

 

“Masalah minuman keras, narkoba , pencurian dan sebagainya, jangan sampai ada warga yang membuat keonaran semacam itu, maka perlu dilakukan Ronda malam,” pesan lurah dengan berharap untuk menjaga kantibmas.

 

Senada juga yang disampaikan oleh, Kasi Trantib Kelurahan Potu, Sugeng Nurbandi, SE mengatakan bahwa khusus untuk kelurahan Potu, kami mencanangkan untuk mengaktifkan kembali Ronda malam menjelang Pilkada ini

 

Maka diharapkan Partisipasi masyarakat Kelurahan Potu untuk melaksanakan kegiatan Ronda malam atau jaga malam, agar wilayah kita terjaga keamanannya

 

“Pastinya Lingkungan kita selalu aman dan tentram, itu harapan saya sebagai Kasi Trantib Kelurahan Potu,” ucap Sugeng penuh harap.

 

Sugeng menjelaskan bahwa sebenarnya kegiatan Ronda malam ini berdasarkan Surat Himbauan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu berlaku sejak tahun 2023 lalu, akan tetapi beberapa kelurahan yang tidak sempat terhenti,

 

Maka, kami berharap kegiatan Ronda malam ini tetap berjalan, agar terciptanya ketertiban masyarakat khususnya untuk kelurahan Potu

 

“Jadi pelaksanaan Ronda malam dikelurahan Potu ini, bisa menjadi contoh bagi kelurahan lainnya,” ujar Papi Sugeng diakhir penyampaiannya.

 

Penulis IW

image_pdfimage_print