Terapkan Metode Pertanian Berkelanjutan, Dalam Upaya Tingkatkan Produksi Pertanian.

foto Kabid Sarana dan Prasarana Pertanian, Edy Chaidir, SP

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Dinas Pertanian Kab Dompu Dalam Upaya meningkatkan Produksi hasil pertanian, akan mencoba menerapkan metode pertanian yang berkelanjutan,

 

Dengan Teknologi Pertanian yang ramah lingkungan, dengan teknik irigasi yang mengurangi terbentunya gas metan, pembukaan lahan dengan tidak membakar, menggunakan pupuk kompos organic, bio-pestisida, pengendalian hama biologis, sekolah lapang iklim, serta kalender tanam.

 

Kepala Dinas Pertanian Kab Dompu, melalui Kabid Sarana dan Prasarana Pertanian, Edy Chaidir, SP. menjelaskan tujuan jangka menengah, dengan Mendorong peningkatan produksi tanaman pangan dan hortikultura secara berkelanjutan.

 

” Meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani serta ketahanannya terhadap perubahan iklim. peningkatkan mutu dan daya saing produk. meningkatkan sarana pasca panen dan pemasaran.” kata Kabid saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Kamis 10/8/23

 

Serta meningkatnya kapasitas petani untuk beradaptasi terhadap perubahan iklim dan mendukung upaya-upaya pengurangan emisi di Sektor Pertanian.

 

Dengan sasarannya penjabaran dari tujuan, yaitu hasil yang akan dicapai secara nyata dari masing-masing tujuan dalam rumusan yang lebih spesifik dan terukur dalam suatu indikator beserta targetnya.

 

” Oleh karena itu, sasaran harus lebih fokus, bersifat spesifik, terinci dan dapat terukur.” Pungkasnya

 

Jadi adapun sasaran yang ingin dicapai yaitu dengam Meningkatkan produksi padi dan ubi kayu pada lahan fungsioanal dan lahan kritis

 

” Meningkatkan sarana dan prasarana pertanian Pengembangan sentra padi meningkatkan produksi durian/lai, jeruk, pisang dan pepaya terutama di lahan kritis.” Papar kabid sosok pekerja keras.

 

Kemudian nantinya akan berkembangnya kawasan usaha agribisnis terpadu (KUAT) meningkatnya jumlah kebun yang di sertifikasi.

 

Sehingga mampu meningkatkan jumlah sub terminal agribisnis (STA) dan Peningkatan kapasitas petani dalam penerapan adaptif serta praktek pertanian ramah lingkungan yang akan mengurangi emisi dari sector pertanian.

 

” Insyaallah nanti kita coba terapkan metode pertanian berkelanjutan ini, mudah-mudahan cocok dan bisa diterima oleh petani khususnya petani dompu,” ujar kabid Karismatik diakhir penyampaiannya.

 

Pewarta : IW

image_pdfimage_print