Kuasa Hukum Lesham NTB, Terkait Dugaan Korupsi Disnakeswan Dompu Tahun 2022, Tunggu Hasil Audit Inspektorat, Baru Disikapi Sesuai Aturan Berlaku.

Foto Kuasa Hukum Lesham NTB, Irham, SH

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Lembaga Studi dan Penegakan Hukum dan Hak Asasi Manusia (Lesham) NTB, baru-baru ini telah melaporkan resmi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kab Dompu ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) NTB. Atas dugaan korupsi dan Pungutan Liar (Pungli) Pada Proyek pembangunan irigasi air tanah dalam dengan anggaran sebesar Rp. 1.140.000.000. tahun anggaran 2022.

 

Ditambah lagi dugaan korupsi pada Proyek pembangunan jalan produksi peternakan KTT Doro Ncanga, pembangunan jalan produksi Peternakan Sinar Nanga Nae dan jalan produksi peternakan Tanjung Harapan, yang menghabiskan anggaran Negara sebesar Rp.712.500.000 tahun 2022.

 

Hal itu disampaikan oleh Kuasa Hukum Lesham Dompu, Irham, SH pada media ChanelNtbNews di lapak Gedung Pemuda Dompu, Rabu, 17/01/24.

 

Irham, SH menyampaikan, bahwa pada Prinsipnya Lesham Dompu, selaku NGO yang selalu eksis melakukan kontrol Independen terhadap pelaksanaan atau penggunaan keuangan Daerah/Negara.

 

Maka setiap Indikasi yang ditemukan yang berdampak pada kerugian keuangan negara, Wajib dilaporkan kepada pihak Aparat Penegak Hukum (APH) maupun Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP)

 

Seperti pada dugaan kerugian Negara Proyek Pembangunan irigasi air tanah dalam dengan anggaran sebesar Rp. 1.140.000.000. dan Proyek pembangunan jalan produksi peternakan KTT Doro Ncanga, Sinar Nanga Nae dan jalan produksi peternakan Tanjung Harapan, yang menghabiskan anggaran Negara sebesar Rp.712.500.000 yang diduga tidak sesuai dengan bestek/gambar, pada anggaran tahun 2022.

 

“Itu sudah resmi dilaporkan langsung ke Kejati NTB, oleh Ketua Lesham Kab Dompu Ardian Saputra (Kalabahi) S.Kom baru-baru ini,”beber Irham.

 

Kemudian laporan tersebut, oleh Kejati NTB dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Dompu, untuk mempermudah proses hukum lebih lanjut, dan Kejari Dompu sudah melimpahkan ke Inspektorat kab Dompu untuk dilakukan proses Audit dugaan kerugian negara.

 

“Untuk sekarang pihak pelapor sedang menunggu hasil Audit Inspektorat agar dapat diketahui, berapa kerugian negara?”beber Irham.

 

Ditambahkan Irham, jadi hasil Audit Inspektorat nantinya akan di follow-up kembali oleh Lesham Dompu dan selanjutnya akan di sikapi sesuai dengan ketentuan hukum dan konstitusional.

 

“Tentunya Laporan itu, akan dikawal ketat oleh teman-teman Lesham selaku pelapor, Agar proses Hukum itu berjalan lancar,”tidak masuk angin ditengah jalan,”cetus Pengecara Muda Potensial di akhir penyampaiannya.

 

 

Penulis : IW