Komisi Informasi NTB Melakukan Monitoring dan Evaluasi di Kabupaten Dompu Dalam Rangka Memaksimalkan Pelayanan Informasi Kepada Masyarakat.

foto Kadis Kominfo Kab Dompu, Ketua KI NTB, para Komisioner KI, Unsur Staf KI, Kadis Kominfo, Kabid. IKP Dinas Kominfo dan Pejabat Fungsional dalam Kegiatan Evaluasi dan Monitoring (MONEV) di Kantor Kominfo kab Dompu 

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Komisi Informasi (KI) NTB melaksanakan kegiatan rutin monitoring dan evaluasi (MONEV) menjelang Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) setiap tahunnya.

 

Pelaksanaan kegiatan monitoring dan evaluasi ini, dalam rangka memaksimalkan pelayanan informasi kepada masyarakat, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) menyediakan Ruang Pelayanan Informasi dan Dokumentasi (RPID) yang terletak di lingkungan Kantor Dinas Kominfo Dompu.

 

Adapun pelayanan informasi dilakukan melalui : Desk layanan informasi langsung dan melalui media yang meliputi : Telpon/Faxmile, Email, Media Sosial dan website.

 

Turut Hadir pada Monev tersebut Ketua KI NTB, para Komisioner KI, Unsur Staf KI, Kadis Kominfo, Kabid. IKP Dinas Kominfo dan Pejabat Fungsional.

 

Disampaikan Kepala Dinas Kominfo, Abdul Syahid, SH mengatakan bahwa, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang utama di Kabupaten Dompu berkoordinasi dan kolaborasi dengan PPID Pembantu/OPD, PPID Layanan Bidang Kesehatan, PPID Layanan Bidang Pendidikan dan PPID Kelurahan dan Desa.

 

“Langkah-langkah perlu dilakukan yakni, Pengumpulan Informasi Publik dan Pengklasifikasian Informasi Publik serta Pendokumentasian Informasi Publik.”jelas Kadis Kominfo.

 

Lebih Lanjut Kadis menjelaskan bahwa tujuan KIP diantaranya adalah mewujudkan good governmen dan profesionalitas pelayanan publik.

 

Sedangkan sasarannya adalah meningkatnya kualitas keterbukaan informasi publik, Meningkatnya kualitas pelayanan publik yang responsif dan cepat tanggap.

 

Selanjutnya meningkatnya keamanan informasi dalam mendukung penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

 

Kadis juga menegaskan bahwa yang menyangkut strategi yang sedang atau telah di laksanakan di antaranya : Penguatan Kelembagaan PPID, Penyebarluasan Informasi (pertunjukan rakyat) Kemitraan dengan lembaga Pers,

 

“Kemudian Meningkatkan kualitas layanan melalui pemanfaatan teknologi infornasi dan Optimalisasi website pemerintah.”papar kadis di penutup kata

image_pdfimage_print