Diduga Kuat Kades Kampaci Meci Selewengkan Anggaran Pemasangan Lampu Jalan.

Gambar Ilustrasi Penyimpangan Dana Desa 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Baru seumur jagung menjabat sebagai Kepala Desa Kampasi Meci bukannya merealisasikan apa yang menjadi janjinya melalui Visi-misinya terhadap rakyatnya sewaktu mencalonkan diri sebagai Kepala Desa.

 

Justru sebaliknya Kepala Desa Kampasi Meci Kecematan Manggelewa Diduga Kuat menyelewengkan Anggaran Pemasangan Lampu Jalan sebesar Rp. 50 juta, yang bersumber dari Dana ADD tahun 2024.

 

Dimana pada pembelian bahan-bahan perlengkapan lampu jalan tersebut diduga kuat terjadi Mark Up sehingga mengakibatkan keuangan negara dirugikan yang mengarah pada Dugaan korupsi, bertentangan dengan Undang-undang nomor 31 tahun 1999, tentang Tindak Pidana Korupsi.

 

Hal itu diungkapkan oleh Salah seorang warga Desa Kampasi Meci Kec Manggelewa yang tidak mau disebutkan namanya pada media ChanelNtbNews, Sabtu, 18/05/23.

 

Ia mengungkapkan bahwa Penggunaan Anggaran 50 juta untuk pemasangan lampu jalan yang panjangnya hanya sekitar 3 meter itu terlalu berlebihan, karena kalau dihitung dari jumlah keseluruhan pembiayaannya itu tidak mencapai 10 juta.

 

Maka kami menduga kuat untuk biaya pemasangan lampu jalan diduga sengaja dianggarkan dengan jumlah yang cukup besar sehingga akan meraut keuntungan yang lebih.

 

“Masa harga lampu Philips 5 juta/per biji, setahu saya semahal mahal nya harga lampu per/biji itu cuman 95 ribu per satu lampu, itu nggak masuk akal,” ungkap dengan penuh nada curiga.

 

Lanjut dia, Bayangkan saja dengan jarak pemasangan lampu jalan itu yang panjangnya hanya sekitar 3 meter, menggunakan lampu merek Philips sejumlah 11 biji kemudian ditambah dengan tiang besi lampu yang tingginya hanya 2 meter dan kabelnya hanya 3 meter.

 

“Logika, Nggak mungkinlah sampai menghabiskan anggaran sebesar 50 juta, bisa dilihat langsung di lapangan dari jalan cabang bumi agung sampai rumah H. genas, akan kelihatan realnya,” bebernya.

 

Diakhir, Ia berharap kepada pihak Inspektorat agar segera turun ke lapangan untuk melakukan investigasi terkait dengan program atau proyek Pemasangan Lampu Jalan ini, karena terindikasi kuat terjadi penyimpangan dalam pelaksanaannya.

 

“Kami sangat kecewa dengan tindakan oknum kepala Desa, yang terkesan mencari keuntungan pribadi ketimbang berbuat untuk rakyat,” ujarnya menutup Penyampainnya.

 

Sementara sampai berita ditayangkan, kepala Desa Kampasi Meci Kec Manggelewa, Syahrudin belum dapat dimintai keterangannya.

 

Tim CNNEWS

image_pdfimage_print