Keluarga Besar Cabang Dompu Dikbud Provinsi NTB Ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Minal Aidin Walfaidin, Mohon Maaf Lahir Dan Bathin

Foto, Plt. Kepala Cabang Dompu (KCD) Dikbud Provinsi NTB, Titin Nurhaidah, SPd.

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Sejarah Hari Raya Idul Fitri berkaitan erat dengan dua peristiwa dalam sejarah Islam, yaitu Perang Badar dan Hari Raya masyarakat Jahiliyah. Perayaan Idul Fitri pertama kali digelar pada tahun ke-2 Hijriah, yaitu bertepatan dengan kemenangan kaum Muslimin pada Perang Badar.

 

Usai perang, secara tidak langsung umat muslim merayakan kemenangan dengan penuh rasa syukur dan gembira. Bukan hanya kemenangan dalam perang, tetapi juga kemenangan karena berhasil berpuasa selama satu bulan di saat itu. Kemudian, ini mulai menjadi tradisi dan ibadah yang dilakukan umat muslim hingga saat ini.

 

Sebelum itu, tepatnya sebelum agama Islam datang, kaum Arab Jahiliyah merayakan dua hari raya yang sangat meriah. Disebutkan dalam hadist bahwa Idul Fitri yang kini dirayakan setiap tahun,.

 

Momentum yang bersejarah ini, Keluarga Besar Cabang Dikbud Kab Dompu mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Minal Aidin Walfaidin, Mohon Maaf Lahir Dan Bathin.

Plt. Kepala Cabang Dompu (KCD) Dikbud Provinsi NTB, Titin Nurhaidah, SPd

 

Penulis : IW

image_pdfimage_print