Kado Terindah, Di Momentum Hari Sumpah Pemuda, Bripka Julfarid Raih Penghargaan Tokoh Pemuda Humanis Kab. Dompu 2023

foto Bripka Julfarid Raih Penghargaan Tokoh Pemuda Humanis Kab. Dompu tahun 2023

Humanis adalah orang yang mendambakan dan memperjuangkan terwujudnya pergaulan hidup yang lebih baik, berdasarkan asas perikemanusiaan atau pengabdi kepentingan sesama umat manusia dan humanis dapat juga dipahami sebagai penganut paham yang menganggap manusia sebagai objek terpenting.

 

Seorang humanis percaya bahwa cara terbaik untuk memahami realitas di sekitar adalah melalui pengetahuan yang diperoleh dari pengalaman dan akal.

 

Bagi mereka, hal ini hanyalah kebenaran yang harus kita akui untuk mendapatkan pemahaman yang berarti mengenai cara kerja dunia di sekitar kita.

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB -DiMomentun bersejarah di Hari Sumpah Pemuda, Bripka Julfarid meraih penghargaan unik sebagai Tokoh Pemuda Humanis Kabupaten Dompu tahun 2023.

 

Penghargaan yang diberikan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) ini, menandai kebaikan dan dedikasi sejati dalam pelayanannya kepada masyarakat dan sekaligus kado terindah untuk Bripka Julfarid di hari bersejarah bagi Kaum Muda.

 

Bripka JulFarid merupakan anggota Kesatuan Brimob Kompi 2 Batalyon C Satbrimob Polda NTB, JulFarid adalah seorang ayah sekaligus seorang suami yang penuh kasih sayang, tulus dan perhatian selain itu juga, JulFarid merupakan sosok manusia yang selalu mendengarkan dan berbicara dengan hati.

 

Namun, JulFarid tidak terlalu berbangga hati dengan penghargaan yang telah diraih tersebut, karena itu hanya sebagian kecil dari profilnya. karena memang masih banyak impiannya yang harus dilakukan untuk Bumi Nggahi Rawi Pahu Tercinta ini.

 

Lewat Jaringan Sosial yang Kuat, JulFarid memiliki keunikan tersendiri dalam berbaur maupun keterlibatannya dalam hubungan sosial kemasyarakatan diantaranya membangun hubungan yang erat dengan wartawan, aktivis sosial, dan berbagai lapisan masyarakat. Namun, kebaikan dan inspirasi yang ia sebar tidak hanya terbatas pada lingkaran tersebut. Ia juga dikenal oleh pemuda, maupun masyarakat pada umumnya di kabupaten Dompu.

 

Dalam Perannya sebagai Abdi Negara (anggota satuan Brimob Dompu), yang paham Hukum, Zulfarid memanfaatkan kelabihannya untuk mengedukasi pentingnya hukum dalam kehidupan sehari-hari.

 

Selain itu, Zulfarid memiliki jiwa sosial yang tinggi, yang selalu memberikan bantuan sosial, kepada mereka yang membutuhkan. Semua tindakan ini mencerminkan semangat sejati “Melindungi, Melayani, serta Mengayomi.

 

Dengan Filosofi Hidup yang Mencerahkan Zulfarid menjalani hidup dengan prinsip sederhana yang menjadi landasan setiap tindakannya: “Khoirunnas anfauhum linnas,” atau “Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya.” Prinsip ini bukan hanya menjadi moto, melainkan pedoman dalam menjalani tugasnya sebagai seorang polisi dan sebagai seorang warga negara.

 

Melalui Visi Penuh Semangat, dengan menjalani tugasnya selama bertahun-tahun, dengan melekat visi yang kuat. Zulfarid berharap agar polisi semakin dicintai oleh masyarakat. Baginya, ini bukan hanya sebuah tujuan, melainkan panggilan tugas untuk seluruh kepolisian. Semangat “Melindungi, Melayani, serta Mengayomi” harus menjadi gaya hidup dalam menjalankan tugas kepolisian.

 

Penghargaan “Tokoh Pemuda Humanis Kabupaten Dompu 2023” yang diberikan kepada Bripka Julfarid adalah pengakuan terhadap dedikasinya yang tak tergoyahkan dan kontribusinya yang menginspirasi bagi masyarakat dan Penghargaan ini juga menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk mengikuti jejak Bang Farid sapaan akrabnya.

 

Dalam membawa perubahan positif dalam masyarakat, Julfarid adalah teladan hidup yang membuktikan bahwa kepolisian dapat menjadi agen perubahan sosial yang positif dan mengilhami semangat kepemudaan yang selalu tulus dan peduli.

 

Semangatnya dalam “Menjadi yang terbaik bagi sesama” akan terus memancar cahaya di Kabupaten Dompu dan di seluruh negeri.

Penulis : IW 

image_pdfimage_print