Kabid PTK Ismail A, S.Sos, Himbau Kepada Seluruh Sekolah Bentuk Komite, Berperan Penting Untuk Kemajuan Sekolah.

foto Kabid PTK Ismail Asalam, S.Sos, 

 

Dalam keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 044/U/2002 Tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah tertulis bahwa komite sekolah adalah badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka peningkatan mutu, pemerataan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan di satuan pendidikan, baik pada pendidikan pra-sekolah, jalur pendidikan sekolah, maupun jalur pendidikan luar sekolah, yang dibangun atas dasar kerjasama.

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kabid PTK, menghimbau kepada seluruh sekolah, SD dan SMP di kabupaten Dompu yang belum terbentuk Komite, agar secepatnya melaksanakan rapat pembentukan komite sekolah, Jum’at, 01/08/23.

 

Karena komite sekolah berperan penting Mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu dengan melakukan kerjasama dengan masyarakat (perorangan/ organisasi/dunia usaha dan dunia industry (DUDI) dan pemerintah berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan bermutu.

 

Disampaikan Kepala Dinas Dikpora, Drs. H. Rifaid,.MPd melalui Kabid PTK, Ismail Asalam, S,Sos menjelaskan bahwa komite sekolah merupakan wadah untuk menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat untuk melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di satuan pendidikan.

 

” Disamping dapat meningkatkan tanggung jawab masyarakat dan berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan di satuan pendidikan.” Jelas Kabid PTK.

 

Lanjut komite sekolah juga dapat menciptakan situasi dan kondisi yang transparan, akuntabel dan demokratis dalam mendirikan dan melayani pendidikan yang berkualitas di satuan pendidikan.

 

Kemudian tugas komite sekolah juga sangat penting dalam membantu mempercepat atau mengoptimalkan upaya peningkatan mutu pendidikan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat sekitar tentang program program yang akan dilaksanakan oleh sekolah.

 

” Karena memang sekolah, tanpa komitenya, pincang, tidak berjalan sesuai apa yang direncanakan/diharapkan.” Pungkas Kabid.

 

Ditambahkan Untuk itu, saya mengharapkan kepada seluruh sekolah yang ada dikabupaten Dompu, yang belum terbentuk komite sekolah, agar secepatnya dilaksanakan rapat untuk pembentukan komite sekolah.

 

” Di undang semua wali murid, tokoh masyarakat, tokoh agama yang berada, baik di desa/kelurahan, lebih-lebih yang masuk zona, sebab komite itu wajib ada dan dibentuk.”harapnya penuh semangat.

 

Diakhir dengan adanya ketua komite terpilih nanti, tentu akan membawa perubahan dan yang dapat memberikan masukan-masukan positif dari Ketua Komite yang bisa diterima oleh para Kepala sekolah.

 

” Karena ketua komite ikut berperan penting di dalam sekolah, nantinya dapat memberikan masukan-masukan positif yang bermanfaat untuk kemajuan sekolah itu sendiri.” tegas Kabid diakhir penyampaiannya.

 

image_pdfimage_print