Kabar Gembira!!! Hotmiq Ruas Jalan Kandai Satu – Karijawa (Jembatan AKJ) Mulai Dilaksanakan.

Foto, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Dompu, M. Irfan, ST, pada saat sosialisasi Hotmiq Ruas Jalan Kandai Satu – Karijawa (Jembatan AKJ) di kediaman Sekretaris Lurah Kandai Satu di Kelurahan Kandai Satu Kec Dompu 

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Dalam rangka mengsuksekan Program Jara Pasaka, Pemerintah Daerah kabupaten Dompu, melalui Dinas PUPR Kabupaten Dompu, Bidang Bina Marga melaksanakan Sosialisasi tentang Persiapan Pekerjaan Penanganan Long Segment Ruas Jalan Kandai I – Karijawa (Jembatan AKJ) sampai pada ruas jalan kandai dua.

 

Sosialisasi tersebut berlangsung di kediaman sekretaris Lurah Kandai Satu, di kelurahan Kandai Satu Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, belum lama ini, Jum’at, 05/07/24. (Malam)

 

Hadir dalam kegiatan sosialisasi pada saat itu, antara lain, Kabid Bina Marga Dinas PUPR Dompu, Camat Dompu, Sekretaris Lurah Kandai Satu serta sebagian besar masyarakat pemilik rumah yang berada di pinggir jalan sepanjang Lokasi pekerjaan Penanganan Long Segment.

 

Dalam Kesempatannya, Kepala Dinas PUPR Dompu, Aris Ansary, ST,.MT, melalui Kabid Bina Marga Dinas PUPR Dompu, M. Irfan, ST menjelaskan bahwa Pekerjaan Penanganan Long Segmen tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp. 8 Miliar tahun 2024.

 

Dimana pekerjaan tersebut, akan dikerjakan oleh Perusahaan Pemenang Tender, yakni PT. Cakra Nusa Sejahtera, selaku pihak pelaksana dengan tanggal kontrak 24 Juni 2024 Sampai 30 Desember 2024 berakhir.

 

Irfan mengatakan pada masyarakat bahwa Pemerintah Daerah Kab Dompu akan melaksanakan pekerjaan Penanganan Long Segmen Ruas Jalan Kandai I – Karijawa.

 

“Mulai dari jembatan baru‘AKJ’, sampai pada SP. Ruas Jalan Kandai II – Kandai I. Dengan panjang 3 KM,” jelasnya.

 

Irfan juga menjelaskan bahwa untuk penanganan Ruas Jalan tersebut, disamping Hotmix, juga akan dilakukan perlebaran Jalan dari kiri kanan ruas jalan itu.

 

“Dengan perluasan yakni dengan lebar jalan 8.5. meter dengan Asisting 5 Meter, maka dibutuhkan untuk pelebaran kanan kiri jalan masing-masing 1.75 meter idealnya”terang Kabid.

 

Maka, diharapkan kepada masyarakat khususnya masyarakat yang ada di sepanjang ruas jalan tersebut, agar mempersiapkan areal untuk perlebaran Jalan. minimal lebar 1 meter, tanpa dibebankan biaya kepada pemerintah daerah maupun Kontraktor pelaksana.

 

“Areal pelebaran jalan itu, diswadayakan oleh masyarakat yang ada di sepanjang ruas jalan tersebut atau gratis tanpa biaya.” jelas Dae Ifan sapaan akrabnya.

 

Foto, pembongkaran pagar masyarakat sepanjang jalan lokasi kegiatan Hotmiq dan perluasan jalan

 

 

Sementara diwaktu yang sama, Tenaga Tehnik Lapangan Mardin, ST menyampaikan bahwa upaya Pemerintah Daerah untuk menghotmix ruas jalan S.105 antar kandai 1 – Karijawa telah membuahkan hasil

 

“Alhamdulillah, Pekerjaan Penanganan Ruas Jalan ini sudah mulai dikerjakan oleh pihak pelaksana dan sudah dilakukan pembongkaran pagar masyarakat,” terang Mardin penuh semangat.

 

Lebih lanjut, Mardin juga menjelaskan bahwa Program Penanganan Ruas Jalan tersebut, merupakan salah satu Program yang menjadi Perioritas Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu.

 

Maka, kami atas nama Dinas PUPR Dompu, menghimbau kepada masyarakat sepanjang ruas jalan tersebut, agar memiliki kesadaran untuk mendukung Program Pemerintah Daerah dalam rangka mengsuksekan Pekerjaan Penanganan Ruas Jalan nantinya.

 

Sebab Sarana Infrastruktur Jalan merupakan salah satu faktor pendukung utama dalam melancarkan aktivitas perekonomian masyarakat itu sendiri.

 

“Disamping ikut serta dalam mewujudkan Program Pemerintah Daerah Jara Pasaka Dompu Mashur,” kata mamiq biasa disapa diakhir penyampaiannya.

 

Kemudian dilanjutkan dengan acara tanya jawab antara peserta dengan Kabid Bina Marga dan Tenaga tehnik lapangan, dengan menghasilkan beberapa beberapa poin permintaan dari masyarakat setempat.

 

Kegiatan berjalan lancar, walaupun sempat berdebat karena beda pendapat, namun suasana tetap kondusif dan di penghujung acara dilakukan penyerahan surat hibah tanah dari masyarakat.

 

Selanjutnya dikeesokan harinya dilakukan pembongkaran pagar masyarakat sepanjang jalan lokasi kegiatan Hotmiq dan perluasan jalan

 

Penulis ; IW

image_pdfimage_print