Hasil Capaian Akj-Syah Sampai Tahun 2023, Harga Jagung Stabil Rp. 4.000/Kg Dan 96,39 Persen KK Memiliki Akses Sanitasi Yang Layak Serta Mencetak 1261 Ribu Wirausaha Baru, UMKM Dan IKM.

Foto, Bupati Dompu, H. Kader Jaelani (AKJ) Bersama Panglima AKJ, Kisman Pangeran, SH,.MH.

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Sejak tahun 2020 sampai pada Tahun 2023, Di bawah Kepemimpinan Akj-Syah, Pemerintah Kabupaten Dompu telah berhasil mendapatkan beragam pencapaian melalui Program Jara Pasaka.

 

Dimana Visi-Misi Akj-Syah telah merealisasikan dengan berbagai Program unggulan Jara pasaka, dalam upaya mensejahterakan masyarakat Dompu pada umumnya,

 

Hal itu diungkapkan oleh Panglima AKJ, Kisman Pangeran, SH,.MH, pada sejumlah awak media di Cafe Oi Amo kel Karijawa Kec Dompu, Selasa, 19/03/24.

 

Panglima AKJ, Kisman Pangeran mengatakan bahwa Akj-Syah kerapkali menyampaikan pada saat Kampanye, bahwa dalam mengembangkan Komoditas Jara Pasaka yaitu, Jagung, Porang, Padi, sapi dan ikan.

 

Dimana indikasi capaian Akj-Syah tersebut melalui Program Jarapasaka yakni, mengstabilkan harga Rp. 4.000/kg, memastikan Ketersediaan Bibit Unggul serta memperbaiki Distribusi Pupuk dan Obat-obatan.

 

“Dengan capaian itu, muncul beragam tanggapan Positif dari masyarakat Dompu yang telah merasakan/ menikmati hasil dari Program Jara Pasaka,”ungkap Panglima AKJ.

 

Kisman juga menjelaskan dimana harga Jagung sejak Akj-Syah dilantik, harganya selalu diatas Rp. 4.000/kg bahkan pada awal tahun 2024 ini, harga Jagung sempat menembus sampai harga Rp. 9.000/kg.

 

Maka, Kabupaten Dompu memperoleh Penghargaan dari Pemerintah Provinsi sebagai Daerah dengan Produktivitas Panen Jagung tertinggi se-NTB,”Ini Sejarah yang luar biasa di torehkan Akj-Syah,”cetusnya penuh semangat.

 

Sehingga dalam hal ini, mengindikasikan bahwa bibit unggul, pupuk serta obat-obatan tersedia dan dimanfaatkan dengan baik ditingkat Petani.

 

Kisman memaparkan bahwa pada program Sanitasi dan Air Bersih, telah meningkatkan mutu dan layanan kesehatan, sehingga kabupaten Dompu telah mendeklarasikan 5 Pilar STBM.

 

“Artinya, seluruh Desa/Kelurahan sudah tidak ada yang BAB sembarangan dengan capaian sebanyak 58.530 KK dari 60.721 KK atau 96,39 persen KK, telah memiliki akses sanitasi yang layak melalui 38 pekerjaan ditahun 2023, melalui Bidang Cipta Karya Dinas PUPR Kab Dompu untuk 12 Desa,”papar Kisman

 

Sedangkan untuk cakupan Akses Air Bersih itu mencapai 78,75 persen, karena sampai dengan tahun 2023 terdapat 163 pekerjaan yang berkaitan dengan penyediaan Air Bersih, namun berfokus pada wilayah Desa. sedangkan Kelurahan merupakan Daerah layanan PDAM.

 

Selain itu, pada Program Jara Pasaka juga terdapat Program 1 Desa 1 Ambulance, hal itu dilakukan dengan pengadaan Ambulance yang menggunakan Dana ADD, karena itu merupakan kewenangan Desa.

 

“Akj-Syah mendukung Penuh setiap Desa yang ingin memanfaatkan Dana ADD nya untuk pengadaan Ambulance Desa, “terangnya

 

Tentu saja dengan memperhatikan cakupan layanan kesehatan terdekat dan sekarang hampir di semua Desa yang ada dikabupaten Dompu sudah memiliki Ambulance Desa, sehingga membantu masyarakat dalam akses transportasi keadaan gawat darurat.

 

Disamping itu, Akj-Syah telah membentuk layanan Public Safety Center (PSC) 119, dengan waktu 24 Jam, untuk Pelayanan ke gawat darurat kesehatan yang dilengkapi dengan 3 motor Trail, 2 Ambulance dan Personel kesehatan yang telah terlatih, meskipun cakupan pelayanan hanya pada 4 Kecematan, yaitu, Kec Dompu, Woja, Pajo dan Hu’u.

 

Disisi lain, juga dari segi UMKM, dimana Akj-Syah telah mencetak wirausaha baru, karena Pemerintah Kabupaten Dompu sampai dengan tahun 2023, telah terfasilitas sebanyak 1261 ribu wirausaha baru, UMKM dan IKM.

 

Sedangkan Pendidikan Vokasional Gratis di tahun 2023, telah dikirimkan 20 orang putra/putri terbaik Dompu lulusan SMA/SMK ke Universitas Hasanuddin untuk mengikuti Program Beasiswa Pendidikan Vokasi.

 

Sementara dalam mengembangkan Agribisnis Pasaka Desa, dimana Pasaka Desa ini, menitikberatkan pada Sistem Rantai Suplay yang melibatkan kelompok tani, koperasi, Bumdes dan Perusda.

 

“Semoga apa yang telah di capai Pemerintah Akj-Syah ini, bisa menghantarkan seluruh masyarakat Bumi Nggahi Rawi Pahu pada tingkat kesejahteraan,”harap Pengecara ternama dikabupaten Dompu ini.

 

Penulis : IW 

image_pdfimage_print