Pemda Dompu Terapkan Inovasi ‘Pana’a Ndiha’ Dalam Upaya Penurunan Stuting Di Kab Dompu 

foto kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kab Dompu, Hj. Iris Juwita SKM,. MKes

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Pemerintah Daerah Kab Dompu melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kab Dompu memiliki Inovasi Khusus yang akan dilaksanakan dalam upaya penurunan angka stuting di kabupaten Dompu.

 

Strategi khusus ini, nantinya akan diterapkan pada kelompok Binaan Stunting sebagai perangsang anak-anak, dengan cara makan bersama-sama, agar memiliki selera makan yang banyak. hal itu disampaikan oleh Kepala DPPKB Kab Dompu pada media diruang kerjanya, Rabu, 23/08/23.

 

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Hj. Iris Juwita SKM, M.Kes menyampaikan bahwa kami dari dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana ada inovasi untuk penurunan stunting di Kabupaten Dompu yaitu Pana’a Ndiha.

 

” Pana’a Ndiha ini kami laksanakan, misalnya ada anak-anak yang ada di kelompok Bina Keluarga balita itu yang ulang tahun langsung dirayakan di sekolah atau di kelompok tersebut”.jelas Ibu Kadis.

 

Iklan Pencegahan Stunting 

Sehingga anak-anak itu, bisa makan bersama-sama, karena bagaimanapun kalau anak-anak itu kita berikan makanan pada saat mereka bermain bersama-sama akan memiliki selera makan yang tinggi dan akan mengkonsumsi makanan sebanyak-banyaknya.

 

” Jadi gairah atau keinginan untuk makan itu tetap ada dibanding dengan kalau makan sendiri-sendiri menjadi nafsu makannya akan meningkat dari anak-anak tersebut,” paparnya.

 

Maka ini adalah salah satu langkah strategis dalam upaya mencegah atau mempercepat penurunan Stunting Khususnya dikabupaten Dompu.”ujar Umi iris.

 

Pewarta : IW