Disnakkeswan Kab Dompu Gencar Melaksanakan Kegiatan Bimtek Teknologi Pengolahan Pakan Ternak.

Foto Kepala Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Muhammad Abduh, SE,.MS.i

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Dompu Gencar Melaksanakan Kegiatan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Pengolahan Pakan Ternak dengan sasaran Petani Ternak yang ada di kabupaten Dompu.

 

Kegiatan Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peternak dalam membuat dan mengelola pakan ternak yang efisien, berkualitas, dan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ternak.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan Dompu, Muhammad Abduh, SE MSi, pada media ChanelNtbNews di ruang kerjanya di Kantor Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan Dompu, Selasa, 30/01/24.

 

Kadisnakkeswan Dompu, Muhammad Abduh, SE MSi, memaparkan bahwa Dalam upaya Peningkatan Populasi ternak, maka langkah strategis yang ditempuh Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu adalah Peningkatan ketersediaan pakan, baik dari segi Kuantitas maupun kualitas

 

“Langkah strategis dalam upaya meningkatkan ketersediaan pakan yang cukup dan berkualitas, Disnakkeswan ini sudah merancang program bimbingan Tekhnis (Bimtek) Teknologi pengelolaan pakan,”kata Kadis.

 

Foto serba-serbi Bimtek Pengolahan Pakan Ternak, oleh Kelompok Petani Ternak Dompu.

 

Muhammad Abduh juga menjelaskan bahwa Kegiatan ini merupakan keberlanjutan dari program yang sudah di rancang di tahun 2023 lalu oleh Disnakkeswan Dompu.

 

Maka di tahun 2024 ini, akan digalakkan terus bimtek pengolahan pakan di seluruh wilayah Kecematan se kabupaten Dompu, dengan sasaran masyarakat petani ternak

 

Kemudian adapun Bimbingan Tekhnis (Bimtek) yang di fokuskan di tahun 2024 ini adalah :

1. Bimbingan Tekhnis Pemanfaatan limbah Pertanian dengan sistem Fermentasi dan Silase

2. Bimbingan Tekhnis Pembuatan Konsentrat

 

Sehingga kegiatan bimtek ini dapat membantu mengatasi fluktuasi produksi pakan, menghemat biaya pakan, memanfaatkan bahan baku lokal dan mengoptimalkan pemanfaatan hijauan, serta meningkatkan kesehatan dan produktivitas ternak.

 

Diakhir Kadis menuturkan Saat ini Dinas Peternakan Kab. Dompu sudah mendapat dukungan Sarana dan Prasarana Bank Pakan untuk 5 Kelompok Tani Ternak yang tersebar di 5 Kecamatan antara lain, Kelompok Tani di Kec pajo, Woja, Manggelewa, Kempo dan Pekat ,

 

Karena memang Keberadaan Bank Pakan ini merupakan solusi bagi peternak dalam mengatasi keterbatasan hijauan pakan ternak saat musim kemarau.

 

“Program Ini juga merupakan salah satu dari Program Pemerintah Daerah “Jara Pasaka Dompu Mashur”, ujar Kadis Penuh Semangat.

 

Penulis : IW

image_pdfimage_print