Disnakkeswan Dompu Gencar Lakukan Vaksinasi Rabies Diseluruh Kecematan

Foto, Kadisnakeswan Kabupaten Dompu, Muhammad Abduh, SE,.MSi, 

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Dalam rangka mencegah Penyebaran Penyakit Gigitan Anjing Gila Rabies, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Kabupaten Dompu terus berupaya untuk Penanggulangan Bahaya Gigitan Anjing Rabies.

 

Dalam hal ini, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab. Dompu Muhamad Abduh, SE. M.Si bersama seluruh UPTD Peternakan Kecamatan Gencar melakukan gerakan vaksinasi rabies di seluruh wilayah kecamatan Se-Kab. Dompu.

 

Hal itu, yang dicemaskan oleh Kepala Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Muhammad Abduh, SE,.MSi pada media ChanelNtbNews, melalui via WhatsApp, Sabtu, 03/08/24.

 

Foto, Kadisnakeswan Dompu, Muhammad Abduh, SE,.MSi pada saat memantau kegiatan Vaksinasi

 

Muhammad Abduh, menjelaskan Bahwa Kabupaten Dompu merupakan salah satu Daerah yang sudah terjangkit rabies sejak tahun 2019,

 

Berdasarkan data bahwa kasus Gigitan Hewan Pembawa Rabies (GHPR) dari Januari sampai dengan Bulan Juli sebanyak 252 kasus.

 

Oleh karena itu, sebagai langkah nyata dan keseriusan Dinas Peternakan dan Kesehatan Kab Dompu dalam menangani masalah bahaya rabies.

 

“Kami Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan Dompu terus melakukan Vaksinasi di seluruh Kecamatan yang ada di kabupaten Dompu,” ungkap Abduh serius.

 

Dan untuk diketahui, bahwa penyakit rabies yang juga dikenal dengan istilah anjing gila adalah penyakit yang disebabkan infeksi virus rabies pada otak dan sistim saraf.

 

“Penyakit rabies tergolong sangat berbahaya karena berpotensi besar menyebabkan kematian.” ungkap Abduh penuh cemas.

 

Selain vaksinasi, Abduh juga menjelaskan bahwa Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan Dompu, melakukan tindakan eksekusi terhadap Hewan pembawa Rebies (HPR) Liar yang tidak bertuan dan mengoptimalkan koordinasi serta kerjasama lintas sektor.

 

Untuk itu, Saya menghimbau pada masyarakat yang memelihara atau memiliki anjing agar tetap dilakukan vaksinasi rabies,

 

“Kasihan anak-anak kita jadi korban gigitan, Insyaallah kita akan terus berupaya maksimal agar Dompu terbebas dari Rabies.” tekad Abduh penuh harap diakhir penyampaiannya.

 

 

Penulis : IW

image_pdfimage_print