Dinas PUPR Dompu, Laksanakan Kegiatan Pembekalan Uji Sertifikasi Supervisor K3 Dan Uji Sertifikasi Perkerasan Jalan Beton

Foto, Serba-serbi Pembukaan kegiatan Pembekalan dan Uji Sertifikasi Supervisor K3 konstruksi utama (Jenjang 6) dan uji sertifikasi perkerasan lapangan pekerjaan jalan beton (Jenjang 6). secara Luring di Gedung PKK Dompu.

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Pembangunan infrastruktur yang sesuai dengan target, tepat mutu, waktu dan biaya dapat dicapai dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

 

Untuk itu perlu adanya bakuan kompetensi sesuai dengan klasifikasi dan kualifikasi Tenaga Kerja Konstruksi, sehingga dapat meningkatkan kemampuan para pekerja jasa konstruksi khususnya di daerah Kabupaten Dompu.

 

Maka, Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu melalui Dinas PUPR Dompu berkerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya melaksanakan Kegiatan Pembekalan dan uji sertifikasi supervisor K3 konstruksi utama (Jenjang 6) dan uji sertifikasi perkerasan lapangan pekerjaan jalan beton (Jenjang 6). secara Luring.

 

Jumlah peserta keseluruhannya sebanyak 198 orang pekerja jasa konstruksi se-pulau Sumbawa, dan dilaksanakan pada tanggal 2 Juli sampai dengan tanggal 6 Juli 2024 yang bertempat di Gedung PKK Kabupaten Dompu.

 

Dengan rangkaian kegiatan dari tanggal 1 Juli persiapan dari Kabupaten, kemudian tanggal 2 Juli pembukaan sampai pada tanggal 4 juli dilakukan uji Asesmennya K3 dan dilanjutkan dengan kegiatan perkerasan pekerjaan jalan beton pada tanggal 5 Juli dan tanggal 6 Juli acara penutupan.

 

Acara pembekalan tersebut di buka secara resmi oleh Asisten 1, Ir. Ruslan, yang mewakili Bupati Dompu, H. Kader Jaelani atau yang tenar dengan sapaan AKJ.

 

Selanjutnya acara ditutup oleh Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST,.MT, sekaligus Selaku Pemateri Pelatihan Pelaksana Lapangan Perkerasan Jalan Beton dan Pemateri lainnya.

 

Foto, Serba serbi penutupan kegiatan pembekalan dan uji sertifikasi supervisor K3 konstruksi utama (Jenjang 6) dan uji sertifikasi perkerasan lapangan pekerjaan jalan beton (Jenjang 6) di Gedung PKK Dompu.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas PUPR Kab Dompu, Aris Ansary ST,.MT, melalui Kabid Jakon, Siti Asmah, ST. Saat dikonfirmasi awak media di ruang kerjanya, Kamis, 11/07/24.

 

“Kegiatan yang ada di jakon saat ini, kemarin yang kita sudah laksanakan ada 2 kegiatan, yakni kegiatan supervisor K3 Kontruksi umum untuk jenjang 6 dan kegiatan Pelaksana perkerasan jalan beton untuk jenjang 6 juga.” Kata Kabid Jakon Asmah mengawali penyampaiannya.

 

Asmah menjelaskan bahwa untuk kabupaten Dompu, tahun ini kita naikan level jenjang, dimana tahun kemarin berada di level 4-5 dan sekarang sudah naik ke level 6,

 

Kemudian sekitar bulan Agustus, kita ada tambahan 25 orang kuota yang dikasih langsung oleh Balai,” itu kerjasama dengan Balai Jakon wilayah IV Surabaya,” ucap Asmah.

 

Dimana kegiatan pembekalan sertifikasi Supervisor K3 ini, paling banyak pesertanya se-NTB dengan jumlah peserta sebanyak 134 orang yang ada di pulau Sumbawa dengan jenjang pendidikan S1 untuk semua jurusan, kecuali Sarjana teknik,

 

“Itu bisa masuk, bisa dari asosiasi ataupun masyarakat umum, selama peserta memiliki Ijazah S1.” Jelasnya.

 

Sedangkan peserta untuk kegiatan Pembekalan Uji Sertifikasi Perkerasan pekerjaan Jalan Beton itu lebih kecil dari peserta K3, karena dikhususkan untuk jenjang pendidikan S1 Teknik Sipil, dan peminatnya kemarin dari awal itu hanya 30 sekian peserta.

 

“Kita mengutamakan Fresh Graduate atau belum ada pengalaman, malah lebih bagus lagi kalau punya pengalaman,” terang Asmah.

 

Dengan tujuan untuk mempersiapkan tenaga ahlinya yang handal, sehingga nanti, ketika ada permintaan tenaga dari pihak Investor yang masuk ke daerah kita,” setidaknya Kita sudah punya tenaga ahlinya atau tenaga tehnik maupun tenaga K3 nya,” tandasnya.

 

Diakhir, Asmah mengungkapkan bahwa setelah kita membuka lagi pendaftaran, karena banyak yang mau ikut dengan kegiatan tersebut, sehingga kita berikan kesempatan.

 

“Terakhir itu jumlah pesertanya sampai 49 orang yang didominasi dari Kabupaten Dompu 90 porsen sementara dari Bima hanya 10 porsen saja.”bebernya.

 

Mantan Kepala Seksi/jafung pemanfaatan ruang bidang tata ruang ini, berharap dengan adanya pelatihan ini, generasi kita yang akan datang punya skill, kompetensi yang dapat diandalkan ketika mereka masuk ke perusahaan.

 

“Misalnya Perusahaan yang akan berinvestasi di kabupaten Dompu,” ujar wanita karir ini penuh harap.

 

Penulis : IW