Dinas Pertenakan Dompu Sukses Mengirim 370 Ekor Sapi Potong Lewat Tol Laut Ke Kalimantan Selatan.

Foto, Saat Pengiriman 370 Ekor Sapi Potong Lewat Tol Laut Rute Pelabuhan Bima-Kalimantan Selatan.

 

 

ChanelNtbNews Dompu NTB – Dinas Peternakan Kabupaten Dompu sukses mengirim sebanyak 370 ekor Ternak Sapi Potong dengan tujuan Kalimantan Selatan Lewat jalur Tol Laut.

 

Dengan Rute Tol dari Pelabuhan Bima menuju Pelabuhan Basirin Kalimantan Selatan dan Kesuksesan Pengiriman Sapi Potong melalui tol laut ini merupakan yang ke 3 kalinya selama Tahun 2024 ini.

 

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pertenakan Kabupaten Dompu, Drs. Muhammad Abduh, MSi, melalui Kepala Bidang Agribisnis dan Usaha Peternakan, Imran, S.Pt.,MSi pada media ChanelNtbNews lewat Via WhatsApp, Kamis, 25/07/24.

 

Kabid Agribisnis dan Usaha Peternakan, Imran, S.Pt.,MSi, mengatakan bahwa ternak Sapi potong yang diberangkatkan dari Pelabuhan Bima menuju Pelabuhan Basirin Kalimantan selatan dengan menggunakan jasa Tol Laut adalah Sapi Potong yang berasal dari Kabupaten Dompu sejumlah 370 ekor.

 

“Dengan rincian pengiriman tersebut dari CV. Dedi Putra sebanyak 200 ekor dan CV. Karya Sejahtera sebanyak 170 ekor,” terang Imran.

 

Imran menjelaskan bahwa tujuan pengiriman ternak Sapi Potong ini, untuk memenuhi permintaan atau Kebutuhan potong di daerah Kalimantan Selatan,” disamping permintaan sapi potong DKI dan Jawa Barat dari Dompu,” bebernya.

 

Selain Sapi Potong permintaan lain dari kalimantan yakni Kuda dan Kerbau,” khusus Toraja kerbau Potong dan Jeneponto kuda Potong,” jelas Imran.

 

Lanjut, Imran menambahkan bahwa tujuan Kalimatan Selatan untuk sekarang tidak ada kendala karena tol laut rute Kalimantan sudah dijadwalkan dari jauh-jauh hari.

 

“Untuk sementara belum ada permintaan dari daerah penerima, kemungkinan sekitar bulan september 2024 baru ada permintaan lagi,” tandasnya.

 

Diakhir, Imran berharap semoga tol laut bisa terjadwal rutin untuk pengiriman sapi, kerbau dan kuda dari kabupaten Dompu maupun kabupaten bima, karena melalui jasa tol laut ini, kenyamana serta kesejahtraan hewan terjamin.

 

“Semoga untuk tahun depan kabupaten Dompu memperoleh jatah Couta pengiriman ternak sapi, kerbau maupun sapi bibit yang dikirim antar pulau dan antar propinsi,” ujar Kabid yang masa pensiunnya tersisa 6 bulan

 

Penulis : IW

image_pdfimage_print