Dalam Rangka Sukseskan Program Merdeka Mengajar, Kepala Sekolah Dan Guru SMAN 1 Kempo Laksanakan Kegiatan Sosialisasi Dan Bimtek e-Kinerja Terintergrasi PMM Tahun 2024.

Foto Kepala Sekolah SMAN 1 Kempo, Titi Nurhaidah SPd, Dalam Kegiatan Sosialisasi dan Bimtek e-Kinerja Terintergrasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) Tahun 2024.

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Dalam Peraturan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus berkomitmen mewujudkan transformasi pendidikan, salah satunya dalam hal pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah.

 

Hal ini merupakan bagian dari transformasi Pengelolaan ASN yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo, melalui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) melakukan transformasi pengelolaan kinerja yang diatur melalui PermenPANRB Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengelolaan Kinerja Pegawai Aparatur Sipil Negara dan PermenPANRB Nomor 1 Tahun 2023 tentang Jabatan Fungsional.

 

Oleh Karena itu, Kemendikbudristek bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengintegrasikan Platfrom Merdeka Mengajar (PMM) dan e-Kinerja BKN. kebijakan ini tertuang dalam Surat Edaran Bersama Kepala Badan Kepegawaian Negara dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 17 tahun 2023 dan Nomor 9 Tahun 2023 tentang Sistem Informasi Pengelolaan Kinerja Aparatur Sipil Negara Guru.

 

“Mulai Januari 2024 pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah lebih praktis dan relevan dilakukan melalui Platform Merdeka Mengajar yang terintegrasi dengan e- Kinerja BKN.”Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Kemendikbudristek, Nunuk Suryani, di Jakarta, Selasa, 19/12/23, Dikutip gtkdikmendiksus.kemdikbud.go.id,

 

Dalam proses transformasi pembelajaran, semua pegawai berhak mendapatkan pengakuan atas kinerjanya yang menunjang transformasi pembelajaran untuk mewujudkan pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik.

 

Di sisi lain bagi Pemerintah Daerah (Pemda) hal tersebut bisa menjadi alat dalam mengelola kinerja seluruh unit untuk mencapai tujuan dan sasaran Pemda,”jelas Nunuk Suryani,

 

Foto Kegiatan Sosialisasi Dan Bimtek e-kinerja terintegrasi Platform Merdeka Mengajar atau (PMM) tahun 2024, di SMAN 1 Kempo 

 

Kepala Sekolah SMAN 1 Kempo, Titi Nurhaidah SPd, saat dikonfirmasi media di ruang kerjanya SMAN 1 Kempo, Jum’at, 02/02/24, mengatakan bahwa Dalam rangka mengsuksekan Program Pemerintah Pusat, “Platform Merdeka Mengajar” (PPM) sangat perlu untuk meningkatkan kinerja guru-guru maupun Kepala sekolah, agar Program tersebut bisa berjalan sesuai harapan.

 

“Maka SMAN 1 Kempo melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan bimbingan teknik e-kinerja terintegrasi Platform Merdeka Mengajar atau (PMM) tahun 2024, untuk kepala sekolah dan guru di SMA negeri 1 kempo. yang berlangsung 2 hari, 27 & 29 Januari 2024,”Terang Kepsek Titi.

 

Lebih lanjut, pada hari Sabtu kepala Sekolah SMA negeri 1 kempo bersama dengan guru-guru SMA negeri 1 kempo memulai untuk membahas tentang pengisian e-kinerja yang terintegrasi di pmm atau platform merdeka mengajar 2024.

 

Foto Kegiatan Sosialisasi Dan Bimtek e-kinerja terintegrasi Platform Merdeka Mengajar atau (PMM) tahun 2024, di SMAN 1 Kempo 

 

Disampaikan Kepsek dalam Kegiatan sosialisasi tersebut, bahwa Kegiatan sosialisasi merdeka mengajar ini diharapkan kepada guru-guru memiliki rencana kerja yang terintegrasi langsung dengan PMM,

 

Sehingga dapat meningkatkan kinerja Bapak Ibu Guru sebagai guru mata pelajaran di SMA negeri 1 kempo, yang akan dinilai oleh ibu kepala sekolah sehingga dapat menunjang mutu kerja dan mutu rapor pendidikan di SMA negeri 1 kempo ini

 

Sehingga Bapak Ibu Guru dapat melakukan rencana kerja yang memiliki penyusunan secara sistematis dan bisa terlaksana sesuai dengan rencana yang sudah terpilih yang akan diintegrasikan dalam PMM nanti di tahun 2024,

 

Disamping itu, Bapak Ibu Guru juga memiliki rencana kerja dan rencana hasil kerja yang akan dilakukan di satu semester nanti sehingga ini dapat meningkatkan mutu rapor pendidikan di SMA negeri 1 Kempo. “Pengerjaan e-kinerja di PMM ini dimulai di bulan Februari hingga di bulan Juli ini,”jelasnya.

 

Tambah Titi, Sedangkan Pada hari Senin Pengawas UPT Dompu melakukan Sosialisasi dan BIMTEK guna Melanjuti Bimtek yang ada di SMA negeri 1 Kempo bersama dengan Kepala UPT Dompu bpk Ihsan,S.Pd

 

“Melakukan bimbingan teknik kembali di SMA Negeri 1 Kempo untuk menjelaskan beberapa poin pada beberapa Indikator yang sangat penting dalam pengisian e-kinerja, e-kinerja yang terintegrasi di pmm dari mulai cara login dan sampai pemilihan dan pengerjaan rhk yang dipilih oleh bapak ibu guru,” paparnya.

 

Sehingga dalam pengerjaan RHK ini dapat berkesinambungan dan berkelanjutan pada perencanaan bapak ibu guru dalam menunjang kinerja Ibu 1 tahun ke depan ini”,akan berintegrasi pada mutu pendidikan di SMA negeri 1 Kempo pada pemilihan ada 8 indikator yang ada di PMM,”harap ibu kepsek kreatif ini.

 

Tim CNNEWS

image_pdfimage_print