Dalam Rangka Fertival Ramadhan 1445 H, Kemenag Dompu, Salurkan 200 Paket Ramadhan Untuk Kaum Dhuafa.

Foto, Kepala Kantor Kemenag Kab Dompu, Drs. H. Syamsul H. Ilyas, MSi, saat menyerahkan Paket Ramadhan secara simbolis di aula kantor Kemenag Dompu.

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Dalam rangka Fertival Ramadhan 1445 H, Tahun 2024 Dengan tema ‘Sejuta Cinta Untuk Dhuafa’ Kementerian Agama RI, menyalurkan Paket Ramadhan untuk Kaum Dhuafa di seluruh Indonesia.

 

Dimana Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Dompu, turut mengambil bagian dalam menyalurkan 200 Paket Ramadhan kepada Kaum dhuafa yang ada di masing-masing Kecamatan di Kabupaten Dompu.

 

Acara tersebut dibuka serentak secara online oleh Menteri Agama di seluruh Kantor Kemenag kota/Kab se-Indonesia, Jum’at, 22/03/24, sekitar jam 16.30 wita, sore.

 

Pembagian Sembako diserahkan secara simbolis oleh Kepala Kantor Kemenag Dompu, Drs. H. Syamsul H. Ilyas, MSi dan Kaai PAI merangkap Plt Kasi Bimas Islam, Muhammad Alimuddin, SAG kepada perwakilan Kaum Dhuafa.

 

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Dompu, Drs. H. Syamsul H. Ilyas, MSi menjelaskan kegiatan ini merupakan Program Nasional, Festival Ramadhan

 

Dengan menyaluran Sejumlah Paket Ramadhan untuk para Dhuafa (Fakir miskin) seluruh Indonesia, baik itu di kementerian agama kab/kota, Basaznas dan di Laznas.”Alhamdulillah, satu Paket Ramadhan ini diperuntukkan untuk satu jiwa,”jelas H. Syamsul.

 

Lanjut H. Syamsul menjelaskan bahwa Kuota kita sebenarnya sejumlah 500 Paket Ramadhan, tetapi anggaran tidak mencukupi, sehingga kuota kita hanya 200 Paket saja.

 

“Paket Ramadhan ini terdiri dari, beras, minyak goreng dan gula untuk kaum Dhuafa,”terangnya.

 

Akan tetapi paket Ramadhan ini, baru bisa dibagikan ke Kaum Dhuafa, nanti setelah pidato atau pembukaan dari Kementerian Agama secara Online seluruh Indonesia.

 

Diakhir, H. Ilyas mengingatkan bahwa kita sebagai umat Islam di bulan suci Ramadhan, diharuskan mengeluarkan Zakat Fitrah atau Zakat mali agar diserahkan ke Lembaga yang resmi, sehingga nantinya penyalurannya seperti ini juga.

 

“Ini Punya kita, Lalu kita setorkan ke Basaznas, kemudian kita minta ijin, daripada mereka capek-capek distribusi penyaluran sendiri,”cetusnya.

 

Sehingga kita kemenag ikut membantu menyalurkan Paket Ramadhan ini, kebetulan bertepatan dengan kegiatan nasional ini dan biasanya Basaznas sendiri yang membagi paket ini.

 

“Semoga paket Ramadhan ini, bermanfaat untuk kaum Dhuafa,”ujar Kepala Kantor Kemenag Dompu.

 

Foto, Kasi PAI, dan Plt Kasi Bimas Islam, Muhammad Alimuddin, SAG menyerahkan Paket Ramadhan secara simbolis di aula kantor Kemenag Dompu.

 

Ditempat yang sama, Kasi PAI sekaligus Plt Kasi Bimas Islam, Muhammad Alimuddin, SAG mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai implementasi dari program Nasional dalam rangka memperdayakan kaum Dhuafa melalui program Paket Ramadhan.

 

“Jadi itu yang kita laksanakan hari ini dan kegiatan ini berskala nasional, serentak seluruh Indonesia, sehingga kita di kabupaten Dompu mengambil bagian dalam hal kegiatan itu,”terang Alimuddin.

 

Kemudian terkait Kaum Dhuafa penerima paket Ramadhan ini, kita melakukan pendataan di delapan Kecematan yang ada kabupaten Dompu.

 

“Hanya saja hari ini, kita hadirkan perwakilan kaum Dhuafa untuk menerima secara simbolis, pada akhirnya nanti kita akan salurkan sesuai dengan data yang kami rekrut di masing-masing kecamatan,”jelasnya.

 

Diakhir, Alimuddin berharap agar kegiatan ini dapat berjalan sesuai dengan rencana dan betul-betul bisa memberikan bantuan atas kesulitan ekonomi yang di rasakan atau dihadapi oleh saudara-saudara kita yang tergolong Fakir dan miskin.

 

“Dalam hal ini juga dari kaum mualaf beberapa asnaf yang masuk dalam kategori yang berhak menerimas santunan atau zakat,”ungkap Alimuddin.

 

Penulis : IW

image_pdfimage_print