Berkat Lobi Dengan Dirjend Diklala Menhub, Disnak Dompu Berhasil Kirim Sapi Potong 370 Ekor Lewat Tol Laut Rute Kalimantan Selatan,

Foto, Kadis Pertenakan Dompu, Drs. Muhammad Abduh, MSi dan Sapi Potong 370 Ekor di kirim Lewat Tol Rute Banjarmasin Kalimantan Selatan, di Pelabuhan Bima.

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan (Keswan) Kabupaten Dompu Berhasil mengirim Ternak Sapi Potong sebanyak 370 dengan tujuan Kalimantan Selatan Lewat jalur Tol Laut, Rute Banjarmasin Kalimantan Selatan.

 

Keberhasilan tersebut, berkat upaya keras Dinas Pertenakan Dompu dan Dinas Pertenakan Provinsi NTB, dalam melobi Dirjend Diklala Kementrian Perhubungan, Alhasil upaya itu direspon positif oleh kementerian tersebut.

 

Hal itu disampaikan oleh, Kepala Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Drs Muhammad Abduh, MSi pada media melalui via WhatsApp, Jum’at 26/07/24 diruang kerjanya.

 

Kadis Pertenakan dan Kesehatan Hewan Dompu, Muhammad Abduh menjelaskan bahwa dasar adanya rute Banjarmasin Kalimantan Selatan ini,

 

Berdasarkan surat usulan permohonan fasilitasi kapal khusus angkuran ternak KM Cemara N.2, oleh Dinas Peternakan Dompu dan Dinas Peternakan Prov NTB, tanggal 18 Juli 2024,

 

Serta hasil zom meting yang di hadiri oleh 1. Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Dirjend PKH. 2. Kadis Peternakan Prov. NTB. 3. Kadis Peternakan NTT, 4. Kadis Peternakan Kab. Dompu, 5. Direktur Utama PT. Pelayaran Wirayudha Maritim, dan 6. Direktur Utama PT. Mulia Arhaloka.

 

“Hasil zom meting tersebut pada prinsipnya bahwa Direktorat Jendral Diklala Kementrian Perhubungan Menyetujui pengalihan Rute Bima ke Banjarmasin.” terang Kadis penuh semangat.

 

Kadis menyampaikan untuk tahun 2025, Dinas Peternakan dan Keswan Prov. NTB dan Dinas Peternakan Kab. Dompu akan mengupayakan agar rute Bima Banjarmasin Kalimantan Selatan menjadi rute Reguler.

 

Sehingga Dirjend Diklala Kementrian Perhubungan akan merekomendasikan Jalur husus (reguler) rute Bima Banjarmasin Kalimantan Selatan, yang tentu akan berdampak untuk mempermudah pengakutan ternak bagi para pelaku usaha

 

“Alhamdulillah Dinas Pertenakan Dompu sudah mengirim Sapi Ternak Potong ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan,” ujar Kadis diakhir penyampaiannya.

 

Penulis : IW

image_pdfimage_print