Dukcapil Selenggarakan Kegiatan Sosialisasi Penataan Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan.

Foto, serba-serbi Kegiatan Sosialisasi Penataan Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan.

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dompu menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Penataan pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Kabupaten Dompu, yang berlangsung di gedung Dharma Wanita, Rabu (03/07/24).

 

Kegiatan Sosialisasi tersebut Dalam rangka menyamakan pemahaman aparat yang melayani masyarakat dalam pendaftaran administrasi kependudukan,

 

Pelatihan di buka Secara Resmi okeh Pejabat Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kabupaten Dompu Ir. Ruslan.

 

Hadir pada acara Sosialisasi tersebut, antara lain, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Dompu Burhan, SH. Kepala Dinas Dukcapil Drs. Abd.Najib beserta jajaran, pejabat kemenag Dompu, Kepala KUA, perwakilan Camat, Lurah dan Kepala Desa.

 

Dalam sambutannnya, Plh Setda Dompu menyampaikan kebijakan peningkatan kualitas layanan adminduk tertuang melalui Permendagri No. 19 tahun 2018 tentang peningkatan kualitas layanan adminduk mengamanatkan agar penduduk yang mengurus dokumen adminduknya dapat terlayani selama maksimal satu hari.

 

Ir. Ruslan menjelaskan penyajian sebuah data yang akurat dan berkualitas menjadi akan sangat penting. Disdukcapil selaku OPD leading sektor pengampu data kependudukan menangani data harus bekerja semaksimal menyajikan data terkini.

 

Tentunya OPD ini tidak bisa bekerja sendiri, dibutuhkan tenaga terampil dan handal yang siap membantu melakukan penataan kependudukan pada tiap kelurahan dan Desa.

 

“Oleh karena, sosialisasi penataan pengelolaan informasi kependudukan bagi aparatur semua sektor yang terkait diadakan” ujarnya.

 

Mengakhiri penyampaiannya Ir. Ruslan mengatakan satu kunci sosialisasi pada hari ini yakni update data, karena data yang terkini dihasilkan dukcapil sebagai rujukan berbagai instansi baik pusat maupun daerah.

 

“Apalagi menjelang tahun politik pilkada serentak, Disdukcapil harus bekerja ekstra, memastikan pemilih mendapatkan hak pilihnya data terkini akan sangat dibutuhkan” katanya

 

Sebelumnya Ketua Tim Dedi Awaludin, ST. Pelaksana kegiatan dalam laporannya mengatakan. peserta pelatihan berjumlah 100 orang dari unsur Camat,KUA, lurah dan Desa.

 

Pelatihan berlangsung sehari menghadirkan lima pemateri PertamaAsisten Pemerintahan dan Kesra Setda Dompu H. Burhan, SH, Kedua Awaludin Kemenag Dompu, Ketiga DPMPD Dompu Muhammad Nastap, Keempat Nur Insani Kabid pelayanan Daftar Penduduk Disdukcapil, dan terakhir Drs. Imran Kabid Pelayanan Pencapil Disdukcapil Kabupaten Dompu.

 

Penulis : IW

image_pdfimage_print