Tingkatkan SDM Unggul Di Era Revolusi Industri, Pemkab Dompu Adakan Program Pelatihan DTS.

Foto, Plt. Kadis Kominfo, Ir. Ruslan bersama Sekretaris Kominfo Kabupaten Dompu, Dwi Erza, S.Ip,.MSi di kantor Dinas Kominfo Dompu 

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Komunikasi dan Informatika (BPSDM Kominfo) Surabaya, sebagai UPT dari Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu akan mengadakan Program Pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS).

 

Program DTS merupakan bagian dari upaya Pemerintah (BPSDM Kominfo) dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di Era Revolusi Industri 4.0,

 

Pelatihan DTS merupakan tindak lanjut dari hasil Audensi Bersama Wakil Bupati Dompu diruang Rapat Wakil Bupati Dompu, (15/05/24), beberapa waktu yang lalu.

 

Hal itu, dikemukakan oleh Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Dompu, Ir. Ruslan didampingi Sekretaris Kominfo Dwi Erza, S.Ip,.MSi diruang kerjanya. Selasa, 28/05/24.

 

Dalam Penyampaiannya, Ir. Ruslan mengatakan bahwa Program Digital Talent Scholarship (DTS) merupakan Program kerja Pemerintah Kementerian Komunikasi dan Informatika.

 

“Juga merupakan Program Pelatihan Pengembangan Kompetensi yang telah diberikan kepada talenta digital Indonesia sejak tahun 2018,” jelas Kadis diawal penyampaiannya.

 

Kadis berharap semoga kegiatan pelatihan tersebut berjalan dengan sukses dan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan karena memiliki banyak manfaat bagi sektor UMKM dan Pendidikan, sehingga tidak tutup kemungkinan kedepannya akan dilaksanakan untuk sektor lainnya

 

“Maka kesempatan baik ini dapat segera dimanfaatkan khusus bagi sektor pendidikan dan UMKM, agar segera mendaftar,” harap Dae Mpeo sapaan akrabnya, diakhir penyampaiannya singkatnya.

 

Foto, Rapat bersama Wakil Bupati Dompu di ruang Rapat Wakil Bupati Dompu

 

Pada kesempatannya, Sekretaris Kominfo Kab Dompu, Dwi Erza, S.Ip,.MSi, menjelaskan secara tehnis pelaksanaan Program DTS yang akan diselenggarakan nanti.

 

Yakni, Pelatihan Thematic Academy (TA), Government Transformation Academy (GTA) dan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) di Kabupaten Dompu.

 

“Sehubungan dengan hal itu, maka mohon kiranya Bapak dan Ibu untuk memberikan Izin terkait pelaksanaan kegiatan tersebut,” harap sekretaris muda bertalenta ini.

 

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut :

 

1. Pelaksanaan kegiatan Pelatihan TA bagi Guru dan Tenaga Kependidikan, antara lain ;

a. Pelatihan dilaksanakan pada hari Senin 10 Juni sampai dengan Rabu, 12 Juni tahun 2024

b. Skema pelatihan yang dilaksanakan adalah Aplikasi Perkantoran dan Desain Grafis dengan masing-masing skema terdiri atas 100 (seratus) peserta.

c. Peserta masing-masing kelas terdiri atas 25 peserta dengan total 4 kelas.

d. Peserta diharapkan menggunakan Laptop selama pelaksanaan pelatihan.

 

2. Pelaksanaan kegiatan pelatihan DEA bagi calon pelaku usaha UMKM dan informasi pelatihan pelaku usaha UMKM sebagai berikut :

a. Pelatihan dilaksanakan pada hari Senin, 10 Juni sampai dengan Selasa, 11 Juni tahun 2024.

b. Tema Pelatihan Dea yaitu Pemasaran Digital Dasar (PPD) 2.

c. Peserta Pelatihan DEA sebanyak 100 orang yang terdiri dari atas 25 orang peserta tiap kelasnya.

d. Peserta dapat menggunakan smartphone selama pelaksanaan pelatihan.

 

3. Persyaratan dalam pelaksanaan tiap pelatihan adalah sebagai berikut ;

a. Peserta wajib berkomitmen mengikuti pelaksanaan kegiatan pelatihan hingga selesai.

b. Kelulusan peserta dalam pelatihan ditentukan dari penilaian pengajar terhadap aktivitas peserta, dalam pertemuan live session, Protest, Tugas dan Post test

 

4. Fasilitas tempat pelatihan disediakan oleh pemerintah Daerah kabupaten Dompu yang terdiri atas ruang kelas (TA= 4 ruangan, DEA = 4 ruangan, GTA = 4 ruangan) yang terdiri dari meja kursi LCD dan Proyektor.

 

5. Untuk narahubung, bisa menghubungi Bapak Kriswanto (08170764325) selaku ketua Tim TA, Bapak M. Khusaeri (085730406938) selaku selaku ketua Tim DEA dan ibu Putri Pradnyawidya Sari (082141773740) selaku Tim GTA BPSDMP Kominfo Surabaya.

 

Diakhir, Dwi Erza menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat kabupaten Dompu, agar segera mendaftar kegiatan Pelatihan tersebut.

 

Bagi yang ingin mendaftar program pelatihan digital talent scholarship (DTS), bertempat di Kantor Dinas Dikpora, Dinas Koperasi dan UKM dan Dinas Kominfo Kab Dompu,

 

“Program ini bagian dari kerjasama ketiga Instansi tersebut,”terang Sekretaris dikenal kreatif ini.

 

Penulis : IW

image_pdfimage_print