Musrenbang Dalam Rangka Penyusunan RKPD Kab Dompu Tahun 2025, Dengan Tema “Peningkatan Kualitas Manusia Melalui Pertumbuhan Ekonomi Inklusif Yang Berkelanjutan”

Foto, Bupati Dompu H. Kader Jaelani (AKJ) dan Foto Wakil Bupati H. Syahrul Parsan, ST,.MT 

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu melaksanakan Agenda Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Dompu Tahun 2025,

 

Musrenbang Kabupaten Dompu Tahun 2024 diselenggarakan secara Offline dan Online, bertempat di Aula Pandopo Bupati Dompu pada hari kamis, 07/03/23, sampai selesai

 

Agenda Musrenbang Kabupaten Dompu Tahun 2024 secara Resmi dibuka langsung oleh Bupati Dompu H. Kader Jaelani

 

Dirangkaikan dengan Penandatanganan Berita Acara Hasil Musrenbang Kabupaten Dompu Tahun 2024 oleh Kepala Bidang Penelitian, Statistik & Pelaporan Bappeda dan Litbang Kab. Dompu

 

Dalam Sambutannya, Bupati Dompu, H. Kader Jaelani mengawalinya dengan mengucapkan Assalamu’alaikum warahmatullahi Wabarakatuh, salam sejahtera untuk kita sekalian, Alhamdulillah Rabbil ‘Alamin Washolatu Wassalamu’Ala Asrofil Ambiya Iwal Mursalin wa’ala Alihi Wssohbihi Azma’in Amma Ba’du.

 

Yang saya hormati,,

Wakil Bupati Dompu, Ketua dan Wakil-wakil ketua DPRD beserta ketua-ketua komisi DPRD kab Dompu, Saudara-saudara unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kab Dompu, Kepala Bappeda Provinsi NTB, Narasumber dari Cesfarn Unram, Sekretaris Daerah dan Pejabat Struktural Eselon II Kab Dompu, Kepala Instansi Vertikal di Kab Dompu, Camat Se-kabupaten Dompu, Lurah/Kepala Desa se-kabupaten Dompu, Ketua Tim Penggerak PKK Kab Dompu, Ketua GOW dan Ketua Dharmawanita Kab Dompu, Pimpinan Partai Politik, Organisasi Wanita/Pemuda, Toma, Toga, Pimpinan Perbankan, Pimpinan Dunia Usaha, Rekan-rekan Wartawan dan Hadirin sekalian yang saya hormati.

 

Pertama-tama dan yang utama sebagai umat yang beragama, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena berkat Rahmat-Nya kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat, untuk mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Dompu Tahun 2024 yang merupakan wahana Sinkronisasi dan sinergitas Perencanaan Pembangunan Tahun 2025 di Kabupaten Dompu.

 

Hadirin Peserta Musrenbang yang berbahagia 

Musrenbang merupakan perencanaan dengan pendekatan partisipatif yang dilaksanakan dengan melibatkan semua pemangku kepentingan. Pelibatan semua pihak dimaksudkan untuk membangkitkan rasa memiliki terhadap hasil-hasil pembangunan.

 

Disisi lain Musrenbang juga merupakan wahana strategis bagi para pihak dalam merumuskan perencanaan pembangunan secara kolaboratif dengan melibatkan tiga pilar pembangunan, yaitu pemerintah daerah, masyarakat, dan swasta/dunia usaha.

 

Karena Pada dasarnya keluaran Musrenbang akan menjadi masukan yang sangat penting dalam rangka perumusan dan penyempurnaan rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Dompu Tahun 2025, yang selanjutnya akan dijadikan acuan/pedoman dalam penyusunan anggaran Tahun 2025.

 

Foto, Tamu Undangan Musrenbang

 

Hadirin Peserta Musrenbang yang berbahagia 

Berkenaan dengan hal tersebut, bahwa saya memandang bahwa Musrenbang merupakan momentum penting untuk menyatukan pola pikir/aspirasi dari berbagai unsur pelaku pembangunan serta mengintegrasikannya dengan berbagai bidang urusan pemerintah

 

“Kita menyadari bahwa kualitas dan keterpaduan perencanaan sangat menentukan capaian kinerja pembangunan. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN) mencerminkan komitmen pemerintah akan pentingnya proses perencanaan sebagai pedoman/rujukan dalam pelaksanaan pembangunan, “ungkap Bupati.

 

Demikian juga Pemerintah Kabupaten Dompu sangat menyadari akan pentingnya kualitas perencanaan, karena tidak dapat dipungkiri bahwa tingkat capaian kinerja (keberhasilan) pembangunan sangat ditentukan oleh kualitas perencanaan itu sendiri.

 

Sehingga Pemerintah berkomitmen untuk selalu mengedepankan hasilhasil rumusan perencanaan pembangunan dalam penyusunan rancangan APBD Kabupaten Dompu.

 

Untuk itu saya perintahkan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah agar betul-betul memperhatikan hasil Musrenbang dalam penyusunan perencanaan dan penganggaran pada unit kerja yang dipimpin.

 

Hadirin Peserta Musrenbang yang berbahagia

Musrenbang RKPD Kabupaten Dompu, sebagaimana laporan ketua panitia, telah diawali dengan kegiatan Musyawarah Desa, Musrenbang di tingkat Kecamatan, dan Forum Perangkat Daerah yang melibatkan segenap stakeholders pembangunan.

 

“Kesemuanya ini mencerminkan bahwa mekanisme perencanaan pembangunan telah mengedepankan prinsip-prinsip, Partisipatif, Demokratis, Transparan, serta Integrated Planning.”jelas Bupati.

 

Dengan demikian diharapkan agar dapat mengakomodir berbagai Aspirasi masyarakat bawah serta terintegrasinya kebijakan dan program pembangunan dari pemerintah atasan.

 

Hadirin Peserta Musrenbang yang berbahagia

Pemerintah Kabupaten Dompu berkomitmen untuk mewujudkan masyarakat Dompu yang MASHUR (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius) seperti tertuang dalam visi Kabupaten Dompu Tahun 2021–2026.

 

Bahwa Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2023 yang dirilis oleh BPS tercatat tumbuh sebesar 3,17 persen. Meskipun meningkat hanya 0,22 persen dari tahun 2022 yang sebesar 2,95 persen,

 

Namun hal ini menunjukan bahwa aktivitas ekonomi selama tahun 2023 tumbuh lebih baik sejak tahun 2021 dimana pertumbuhan ekonomi mengalami kontraksi minus 3,21 persen.

 

“Momentum Tahun 2025 merupakan tahun yang penting dan krusial bagi pembangunan daerah maupun nasional. Dimana pada Tahun 2025 merupakan tahun pertama pelaksanaan RPJPD Tahun 2025-2045.”ucapnya.

 

Disamping itu juga pada Tahun 2025 merupakan Tahun pertama pelaksanaan RPJMD 2025-2030.”Sehingga Tahun 2025 merupakan jembatan untuk menjaga kesinambungan pembangunan agar tercapai visi nasional Indonesia Emas 2045, NTB Emas 2045 dan Dompu Emas 2045.”pungkas H. Kader Jaelani.

 

Dalam upaya mencapai visi RPJPD tersebut maka Pemerintah Kab. Dompu perlu melakukan langkah-langkah yang strategis untuk menumbuhkan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan dalam mewujudkan pembangunan manusia yang berkualitas.

 

“Pertumbuhan yang Inklusif dimaksudkan tidak hanya menciptakan peluang ekonomi baru tetapi juga memastikan kesempatan yang sama pada semua lapisan masyarakat, khususnya masyarakat miskin.”papar Bupati.

 

Hal ini tidak mungkin dilakukan oleh pemerintah saja namun diperlukan partisipasi bagi semua pihak agar turut andil dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi yang akseleratif. Sehingga ketika perekonomian tumbuh dengan baik, maka kemiskinan, ketimpangan, dan pengangguran akan menurun.

 

Hal ini juga senada dengan kebijakan Pemerintah Pusat dimana pada Rancangan Awal RKP Tahun 2025 mengusung tema pembangunan Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan.

 

Maka, Berkenaan dengan hal tersebut maka fokus tema RKPD tahun 2025 diarahkan pada : Peningkatan kualitas sumberdaya manusia dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan

 

Dengan mengusung Tema Pembangunan Tahun 2025 yaitu : “Peningkatan Kualitas Manusia Melalui Pertumbuhan Ekonomi Yang Inklusif dan Berkelanjutan”

 

“Saya meminta kepada seluruh Pimpinan Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Dompu untuk menyusun rencana program dan kegiatan yang sesuai dengan tujuan pembangunan daerah dan harus termuat dalam dokumen RKPD, melakukan sinkronisasi dengan agenda pembangunan nasional dan agenda pembangunan Provinsi NTB agar terjadi keselarasan program kegiatan pembangunan daerah dan nasional.”imbau Bupati.

 

Hadirin Peserta Musrenbang yang berbahagia

Selanjutnya kami ucapkan terimakasih kepada kepala Bappeda NTB atau pejabat yang mewakilinya yang telah berkempatan hadir dalam dan memberikan sambutannya dalam musrembang Kabupaten Dompu Tahun 2024. semoga Tahun 2025 porsi usulan Kabupaten Dompu dapat ditambah dan direalisasikan.

 

Demikian pokok-pokok pengarahan yang kami sampaikan, untuk dapat dijadikan pedoman/acuan dalam merumuskan program kegiatan perencanaan pembangunan daerah tahun 2025.

 

Dengan mengucap ”BISMILLAAHIRRAHMAANIRRAHIIM”,

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Dompu Tahun 2024 Untuk Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu Tahun 2025, Secara Resmi Saya Nyatakan dibuka.

 

“Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberkati dan menyertai kita semua dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kita sebagai Abdi Negara dan Abdi Masyarakat, khususnya di Bumi Nggahi Rawi Pahu,”harap Bupati AKJ akrab disapa.

 

Penulis : IW

image_pdfimage_print