Oknum Mantan Bendahara Kelurahan Kandai II ‘MS’ Dilaporkan Ke Bupati Atas Dugaan Penipuan.

Foto, Korban Sukmawati didampingi Adik Kandungnya, Ajunnarfid, SE atau biasa disapa Arjun HMI di Kantor Pemda Dompu 

 

 

ChanelNtbNews, Dompu NTB – Menindaklanjuti, terkait dugaan penipuan Uang Sebesar Rp. 75.500.000 (tujuh puluh lima juta lima ratus rupiah) yang dilakukan oleh Oknum Mantan Bendahara Kelurahan Kandai Dua Kecematan Woja Kabupaten Dompu Berinisial MS terhadap Korban Hikmahwati Asal Selaparang Desa Matua Kecematan Woja, seperti pada pemberitaan sebelumnya melalui media ChanelNtbNews, (selasa, 23/07/24) Minggu lalu.

 

Selanjutnya, kini korban Hikmahwati telah Bersurat atau melaporkan langsung Kepada Bupati Dompu, sebagai atasan terduga pelaku MS yang merupakan ASN di lingkup Pemerintahan Daerah Kabupaten Dompu, Guna menuntut tanggung jawab terduga pelaku MS.

 

Karena sampai saat ini terduga pelaku MS belum juga memiliki itikad baik untuk mengembalikan uang korban tersebut, sehingga korban dirugikan puluhan juta.

 

Hal itu disampaikan oleh Korban Sukmawati, melalui adik kandungnya Ajunnarfid, SE atau biasa disapa Arjun HMI pada media ChanelNtbNews usai menyerahkan surat untuk Bupati Dompu, Selasa, 30/07/27, di halaman Parkir Pemda Dompu.

 

Arjun menyampaikan bahwa kita datang ke Kantor Daerah ini, untuk bersurat Kepada Bupati Dompu yang merupakan Pimpinan Daerah Kabupaten Dompu,

 

Terkait dugaan penipuan uang sebesar Rp. 75.500.000 yang dilakukan oleh Terduga Pelaku berinisial MS, mantan bendahara Kelurahan Kandai Dua Kecematan Woja yang merupakan bawahan dari Bupati Dompu.

 

Dimana laporan ini bertujuan agar oknum MS dipertemukan dengan korban agar dapat mencari solusi terbaik, sehingga problem utang piutang terselesaikan secara kekeluargaan dan korban tidak dirugikan.

 

“Untuk itu, Bupati Dompu dan stackholder lainnya sesegera mungkin bisa memanggil oknum ASN yang bersangkutan dan diberikan sanksi tegas sesuai pelanggaran yang telah dilakukannya.” ungkap Arjun penuh harap.

 

Sementara sampai berita ini disiarkan, Bupati Dompu, belum dapat dimintai keterangannya.

 

Penulis Tim CNNEWS




Dinas Sosial Dompu Sukses Melahirkan 19 Orang Tenaga Generasi Terampil Melalui Program BRSPK.

Foto, Plt. Kadis Sosial Dompu, Muhammad Abduh, SE,.MSi pada acara penutupan Bimbingan Rehabilitasi Sosial dan Pelatihan Keterampilan Bagi Penerima Manfaat Angkatan I di 4(empat) Unit Pelayanan Tehnis (UPT) Dinas Sosial Prov. NTB di Aula Rinjani BPSDMD Prov NTB, Kota Mataram.

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Dompu Muhamad Abduh, SE.M.Si menghadiri acara Penutupan Bimbingan Rehabilitasi Sosial dan Pelatihan Keterampilan (BRSPK) Bagi Penerima Manfaat Angkatan I di 4(empat) Unit Pelayanan Tehnis (UPT) Dinas Sosial Prov. NTB tahun 2024.

 

Dimana Dinas Sosial Kabupaten Dompu telah mengirim 19 orang untuk mengikuti Kegiatan Bimbingan Rehabilitasi Sosial dan Pelatihan Keterampilan diberbagai tempat pusat pelayanan sosial yang ada di Lombok-NTB

 

Kegiatan tersebut telah sukses mencetak Tenaga-Tenaga Generasi Muda Terampil yang dapat menciptakan lapangan kerja dan siap diandalkan kapanpun.

 

Hal itu disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Dompu, Muhamad Abduh, SE.M.Si, pada media ChanelNtbNews melalui via WhatsApp, Selasa, 30/07/24.

 

Dalam mengawali penyampaiannya, Kepala Dinas Sosial Kab. Dompu, Muhamad Abduh, SE.M.Si, mengucapkan syukur Alhandulillah, bahwa Dinas Sosial Kabupaten Dompu telah sukses melahirkan 19 Orang Tenaga2 Generasi Muda Terampil

 

Melalui Pusat Pelayanan Sosial Dinas Sosial Prov. NTB antara lain:

1. Pusat Pelayanan Sosial Bina Remaja Karya Mandiri : 1 orang perbengkelan, 1 orang teknik Las dan 1 orang tata rias

 

2. Pusat Pelayanan Sosial Bina Karya Madani Lotim : 2 orang teknik Las, 3 orang perbengkelan dan 1 orang tata boga

 

3. Pusat Pelayanan Sosial Karya Wanita Mirah Adi : 2 orang tata boga, 2 orang tata busana dan 4 orang tata rias

 

4. Pusat Pelayanan Sosial Perlibdungan Anak dan Pemberdayaan Penyandang Disabilitas : 1 Orang Membatik dan 1 Orang Las.

 

 

“Saya merasa bangga dan rasa haru bahwa anak anak generasi muda Kab. Dompu yang nantinya akan bisa membangun usaha sendiri sesusi bidang keterampilan masing masing,” ungkap Abduh dengan bangga.

 

Abduh menjelaskan bahwa kegiatan Bimbingan Rehabilitasi Sosial dan Pelatihan Keterampilan tentu akan berdampak pada mengurangi angka pengangguran kita khususnya di kabupaten Dompu

 

Karena kesuksesan Program Pembinaan Anak-anak Generasi Muda berkat adanya Kolaborasi Program Perioritas Dinas Sosial Kab Dompu dengan Dinas Sosial Prov. NTB.

 

“Program Bimbingan Rehabilitasi dan Pelatihan Keterampilan ini, Insya Allah akan tetap kita prioritaskan untuk tahun tahun berikut nya,” Harap Pria murah senyum ini.

 

Penulis : IW




Ribuan Warga Dompu Antusias Ikut Gerak Jalan Sehat Bersama Bang Zul.

Foto, Calon Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah didampingi istri tercinta Nike, saat melepas ribuan Warga Dompu peserta Gerak Jalan Sehat.

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Calon Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah, SE,.MSi, mengikuti Acara Gerak Jalan Sehat Keliling kota Dompu bersama Ribuan Warga Dompu,

 

Ribuan warga Peserta Jalan Sehat tersebut dilepas langsung oleh Dr. Zulkieflimansyah dan didampingi istri tercinta Nike, Minggu, 28/07/24, pagi tadi.

 

Adapun Rute Jalan Sehat, Star dari cabang DPRD Dompu, menuju RSUD, belok kanan dipatung kuda, kembali menuju panggung hiburan taman Kota dan diadakan pengundian kupon berhadiah bagi peserta jalan sehat.

 

“Mengawali pagi dengan jalan sehat. Bismillah, kita mulai perjuangan ini dengan jiwa dan tubuh yang sehat” ujar Dr. Zulkieflimansyah atau yang lebih trend disapa Bang Zul

 

Bang Zul mengatakan bahwa kegiatan Gerak Jalan Sehat ini sejenak memberikan pandangan politik yang Santun, mempersatukan persepsi yang sama dalam pandangan politik,

 

Namun sebaliknya boleh kita berbeda pilihan jangan sampai mengganggu kebahagian dan kesejahteraan yang lainnya.

 

“Boleh kita beda partai, boleh beda pilihan jangan sampai mengganggu persaudaraan, bangzul mempersatukan senyum sapa, kemuliaan ada di Allah S,W,T.” tutur Bang Zul penuh Bijak.

 

Terlihat Ribuan warga Dompu sangat antusias mengikuti Acara jalan sehat bersama Bang Zul di Kabupaten Dompu,

 

Dimana Kegiatan Gerak Jalan sehat ini merupakan olahraga yang mengandalkan gerakan berjalan kaki dalam durasi tertentu.

 

Gerak Jalan Sehat juga termasuk jenis olahraga ringan yang dapat dilakukan oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga lansia.

 

Penulis : IW

 

 




Kadistanbun, Kegiatan Gotong Royong Bersih-bersih Lingkungan Kantor, Memupuk Rasa Persatuan Dan Kekeluargaan Sambut 17 Agustus.

Foto Kadistanbun Dompu, Syahrul Ramadhan SP, Bendahara Karman, Saat Kegiatan Gotong Royong Bersih-bersih Lingkungan Kantor Dinas Pertanian Dompu 

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus yang Ke-79 tahun 2024, Dinas Pertanian Dan Perkebunan Kabupaten Dompu melaksanakan kerja bakti membersihkan Lingkungan Kantor dan sekitarnya.

 

Kerja bakti ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan semangat juang Dinas Pertanian Dan Perkebunan Dompu, dalam menyambut Dirgahayu Kemerdekaan RI.

 

Hal itu disampaikan oleh Plt. Kepala Dinas Pertanian Dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Dompu, Syahrul Ramadhan, SP, pada saat diwawancarai langsung oleh awak media di lokasi pembersihan Distanbun Dompu, Jum’at, 26/07/24.

 

Kadistanbun, Syahrul Ramadhan mengatakan bahwa dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan 17 Agustus, kami Dinas Pertanian Dompu melakukan kegiatan bersih-bersih yang dirangkaikan dengan Jum’at Bersih khususnya di lingkungan kantor,

 

Mulai dari ruangan, lingkungan sampai dengan pembersihan pagar dan ini sudah di bagi sesuai dengan jumlah bidang yang ada Distanbun Dompu.

 

“Kami sudah memetakan tanggung jawab masing-masing Bidang dan kegiatan ini diperlombakan,” kata Kadis penuh semangat.

 

Dikatakan Kadis, kami melaksanakan kegiatan Gotong Royong ini, Bukan berarti kami tidak sanggup membayar tukang,” karena yang dulu kami sudah melakukan kontrak dengan pihak pengecetan,” ujarnya.

 

Akan tetapi untuk perayaan 17 Agustus kali ini, kegiatan bersih-bersih dilakukan dengan pemberdayaan seluruh Pegawai yang ada di Dinas Pertanian ini,

 

“Dalam rangka Memupuk rasa persatuan, kekeluargaan dan kebersamaan.” tutur Kadis.

 

Oleh karena itu, kami bergotong royong melibatkan semua unsur, terutama teman-teman honor dan sukarela,” walaupun Dana nya itu dari oleh dan untuk rakyat,” ungkap Kadis penuh semangat kemerdekaan.

 

Diakhir, Kadis berharap semoga di hari ulang tahun kemerdekaan RI sekarang ini membuat kita lebih bersemangat lagi melalui rasa kekeluargaan dan kebersamaan itu tumbuh jauh untuk bersatu menuju kemajuan Petani maju, mandiri dan sejahtera.

 

“Dinas Pertanian Dompu semakin Gemerlap, maju dan Kokoh.” tandas Pria yang dikenal gesit dalam segala urusan.

 

Sekaligus mendukung dan mengsuksekan Program Jara Pasaka Daerah Kabupaten Dompu di dalam kepemimpinan Akj-Syah ini

 

“Jadi Jara Pasaka itu, jangan diartikan komoditi saja, tapi menumbuhkan rasa kebersamaan ini juga adalah bagian yang terpenting, karena SDM,” ucap Ori Rao sapaan akrabnya.

 

Penulis : IW




Berkat Lobi Dengan Dirjend Diklala Menhub, Disnak Dompu Berhasil Kirim Sapi Potong 370 Ekor Lewat Tol Laut Rute Kalimantan Selatan,

Foto, Kadis Pertenakan Dompu, Drs. Muhammad Abduh, MSi dan Sapi Potong 370 Ekor di kirim Lewat Tol Rute Banjarmasin Kalimantan Selatan, di Pelabuhan Bima.

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan (Keswan) Kabupaten Dompu Berhasil mengirim Ternak Sapi Potong sebanyak 370 dengan tujuan Kalimantan Selatan Lewat jalur Tol Laut, Rute Banjarmasin Kalimantan Selatan.

 

Keberhasilan tersebut, berkat upaya keras Dinas Pertenakan Dompu dan Dinas Pertenakan Provinsi NTB, dalam melobi Dirjend Diklala Kementrian Perhubungan, Alhasil upaya itu direspon positif oleh kementerian tersebut.

 

Hal itu disampaikan oleh, Kepala Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Drs Muhammad Abduh, MSi pada media melalui via WhatsApp, Jum’at 26/07/24 diruang kerjanya.

 

Kadis Pertenakan dan Kesehatan Hewan Dompu, Muhammad Abduh menjelaskan bahwa dasar adanya rute Banjarmasin Kalimantan Selatan ini,

 

Berdasarkan surat usulan permohonan fasilitasi kapal khusus angkuran ternak KM Cemara N.2, oleh Dinas Peternakan Dompu dan Dinas Peternakan Prov NTB, tanggal 18 Juli 2024,

 

Serta hasil zom meting yang di hadiri oleh 1. Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Dirjend PKH. 2. Kadis Peternakan Prov. NTB. 3. Kadis Peternakan NTT, 4. Kadis Peternakan Kab. Dompu, 5. Direktur Utama PT. Pelayaran Wirayudha Maritim, dan 6. Direktur Utama PT. Mulia Arhaloka.

 

“Hasil zom meting tersebut pada prinsipnya bahwa Direktorat Jendral Diklala Kementrian Perhubungan Menyetujui pengalihan Rute Bima ke Banjarmasin.” terang Kadis penuh semangat.

 

Kadis menyampaikan untuk tahun 2025, Dinas Peternakan dan Keswan Prov. NTB dan Dinas Peternakan Kab. Dompu akan mengupayakan agar rute Bima Banjarmasin Kalimantan Selatan menjadi rute Reguler.

 

Sehingga Dirjend Diklala Kementrian Perhubungan akan merekomendasikan Jalur husus (reguler) rute Bima Banjarmasin Kalimantan Selatan, yang tentu akan berdampak untuk mempermudah pengakutan ternak bagi para pelaku usaha

 

“Alhamdulillah Dinas Pertenakan Dompu sudah mengirim Sapi Ternak Potong ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan,” ujar Kadis diakhir penyampaiannya.

 

Penulis : IW




Dinas Pertenakan Dompu Sukses Mengirim 370 Ekor Sapi Potong Lewat Tol Laut Ke Kalimantan Selatan.

Foto, Saat Pengiriman 370 Ekor Sapi Potong Lewat Tol Laut Rute Pelabuhan Bima-Kalimantan Selatan.

 

 

ChanelNtbNews Dompu NTB – Dinas Peternakan Kabupaten Dompu sukses mengirim sebanyak 370 ekor Ternak Sapi Potong dengan tujuan Kalimantan Selatan Lewat jalur Tol Laut.

 

Dengan Rute Tol dari Pelabuhan Bima menuju Pelabuhan Basirin Kalimantan Selatan dan Kesuksesan Pengiriman Sapi Potong melalui tol laut ini merupakan yang ke 3 kalinya selama Tahun 2024 ini.

 

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pertenakan Kabupaten Dompu, Drs. Muhammad Abduh, MSi, melalui Kepala Bidang Agribisnis dan Usaha Peternakan, Imran, S.Pt.,MSi pada media ChanelNtbNews lewat Via WhatsApp, Kamis, 25/07/24.

 

Kabid Agribisnis dan Usaha Peternakan, Imran, S.Pt.,MSi, mengatakan bahwa ternak Sapi potong yang diberangkatkan dari Pelabuhan Bima menuju Pelabuhan Basirin Kalimantan selatan dengan menggunakan jasa Tol Laut adalah Sapi Potong yang berasal dari Kabupaten Dompu sejumlah 370 ekor.

 

“Dengan rincian pengiriman tersebut dari CV. Dedi Putra sebanyak 200 ekor dan CV. Karya Sejahtera sebanyak 170 ekor,” terang Imran.

 

Imran menjelaskan bahwa tujuan pengiriman ternak Sapi Potong ini, untuk memenuhi permintaan atau Kebutuhan potong di daerah Kalimantan Selatan,” disamping permintaan sapi potong DKI dan Jawa Barat dari Dompu,” bebernya.

 

Selain Sapi Potong permintaan lain dari kalimantan yakni Kuda dan Kerbau,” khusus Toraja kerbau Potong dan Jeneponto kuda Potong,” jelas Imran.

 

Lanjut, Imran menambahkan bahwa tujuan Kalimatan Selatan untuk sekarang tidak ada kendala karena tol laut rute Kalimantan sudah dijadwalkan dari jauh-jauh hari.

 

“Untuk sementara belum ada permintaan dari daerah penerima, kemungkinan sekitar bulan september 2024 baru ada permintaan lagi,” tandasnya.

 

Diakhir, Imran berharap semoga tol laut bisa terjadwal rutin untuk pengiriman sapi, kerbau dan kuda dari kabupaten Dompu maupun kabupaten bima, karena melalui jasa tol laut ini, kenyamana serta kesejahtraan hewan terjamin.

 

“Semoga untuk tahun depan kabupaten Dompu memperoleh jatah Couta pengiriman ternak sapi, kerbau maupun sapi bibit yang dikirim antar pulau dan antar propinsi,” ujar Kabid yang masa pensiunnya tersisa 6 bulan

 

Penulis : IW