Enam Personil Brimob Dompu Naik Pangkat, Brimob Kompi 2 Lakukan Tradisi Siraman Kembang.

Foto, Enam Personil Brimob Dompu Naik Pangkat, melakukan Tradisi Siraman Kembang di markas Kompi Brimob.

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Sebanyak enam Personil Brimob Kompi 2 Batayon C Satbrimob Daerah Nusa Tenggara Barat telah resmi naik pangkat satu tingkat.

 

Acara Kenaikan pangkat tersebut berlangsung pada Upacara Korp Raport yang dipimpin langsung oleh Kapolres Dompu, AKBP Zulkarnaen, SIK yang turut memberikan semangat dan motivasi kepada para personil yang menerima kenaikan pangkat tersebut.

 

Upacara Korp Resort berlangsung khidmat di lapangan Mapolres Dompu. Sabtu, 29/06/24

 

Dua personil yang naik pangkat dari Briptu ke Brigpol, adalah Brigpol Oktadiansyah dan Brigpol Nurul Imam. sedangkan empat personil yang naik pangkat dari Bripda ke Briptu adalah Briptu Yusril Ihksan M., Briptu Setyan Anugrah, Briptu Jamiatul R.

 

Sementara salah satu Personil Brimob yang naik pangkatnya, yakni Briptu M. Irwansyah R. Menyampaikan Kenaikan pangkat ini bukan hanya sebagai bentuk penghargaan atas dedikasi dan kerja keras mereka, tetapi juga sebagai amanah baru yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab.

 

Pada kesempatan yang sama, Iptu M Jasuli R., S.H. dalam sambutannya, menyampaikan harapannya agar kenaikan pangkat ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh personil untuk terus berprestasi dan memberikan yang terbaik dalam tugas-tugas mereka.

 

“Kenaikan pangkat ini bukanlah akhir dari perjuangan, melainkan awal dari tanggung jawab yang lebih besar. Saya berharap, dengan pangkat baru ini, kalian semua dapat lebih semangat dan profesional dalam menjalankan tugas. Teruslah menjaga integritas dan dedikasi kalian dalam melindungi dan mengayomi masyarakat,” ucap Iptu Jasuli.

 

Dikatakan Iptu Jasuli, Upacara dan tradisi ini menandai komitmen Brimob kompi 2 batayon C satbrimob daerah nusa tenggara barat untuk terus mengembangkan kapasitas dan profesionalisme personilnya.

 

Maka, dengan semangat baru, diharapkan para personil yang naik pangkat ini dapat menjadi teladan dan inspirasi bagi rekan-rekan mereka, serta mampu memberikan kontribusi lebih besar dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Dompu.

 

“Selamat kepada Brigpol Oktadiansyah, Brigpol Nurul Imam, Briptu Yusril Ihksan M., Briptu Setyan Anugrah, Briptu Jamiatul R., dan Briptu M. Irwansyah R. Semoga kenaikan pangkat ini membawa berkah dan semangat baru dalam menjalankan tugas demi kepentingan bangsa dan negara,” ujar Danki Brimob penuh harap.

 

Usai upacara Korps tersebut, Anggota Brimob Kompi 2 C Satbrimob Daerah Nusa Tenggara Barat yang telah resmi menggunakan tanda pangkat baru tersebut kembali melakukan dan menerima tradisi pemberian ucapan selamat kenaikan pangkat di Mako Brimob Kompi 2,

 

Tradisi ini dipimpin langsung oleh Iptu M Jasuli R., S.H., dengan penuh semangat memberikan selamat dan dukungan kepada para personil dengan siraman kembang

 

Dimana kegiatan ini, bukan hanya sebagai simbol penghargaan, tetapi juga sebagai bentuk penguatan mental dan fisik bagi anggota Brimob yang telah mencapai prestasi ini. melalui kegiatan ini, diharapkan para personil semakin solid dan kuat dalam menghadapi berbagai tantangan di lapangan.

 

Penulis : IW 




Talk Show, Kepala Bappeda Dan Litbang, Capaian AKJ-SYAH Tiga Tahun Memimpin Torehkan Banyak Prestasi Untuk Kemajuan Daerah.

Foto, Kaban Bappeda dan Litbang, Dompu, Drs. H. Gaziamansyuri, M.AP dan Kabid Ekonomi Bappeda dan Litbang, Muhammad Tajuddin, SE, memaparkan Pencapaian Selama Tiga Tahun kepemimpinan Akj-Syah, pada acara Talk Show Dompu Exspo 2024, berlangsung di lapangan Karijawa.

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Hari kelima Penggelaran Dompu Expo 2024, Panitia Dompu Exspo menyelenggarakan Acara Talk Show yang berlangsung begitu meriah di Panggung Utama Dompu Exspo, Jum’at, 28/06/24.

 

Dalam Acara Talk Show tersebut memaparkan berbagai pencapaian yang ditorehkan Bupati dan Wakil Bupati Dompu atau yang dikenal dengan jargon AKJ-SYAH dalam tiga tahun kepemimpinannya di Bumi Nggahi Rawi Pahu (Kabupaten Dompu).

 

Hadir selaku Moderator pada Acara Talk Show yakni Kabid Ekonomi Bappeda dan Litbang, Muhammad Tajuddin, SE, dan juga sebagai Narasumber Kaban Bappeda dan Litbang, Dompu, Drs. H. Gaziamansyuri, M.AP dengan dihadiri ribuan pasang mata pengunjung Dompu Expo.

 

Pada kesempatannya, Moderator Muhammad Tajuddin, SE, sebelumnya mengucapkan salam, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, selamat malam, salam sejahtera untuk kita semua,

 

Kabid menyampaikan para Pengunjung Dompu Exspo yang berbahagia, bahwa malam ini kami sedikit akan berbincang tentang Progres Pembangunan Kabupaten Dompu di masa Pemerintahan Bupati Dompu, H. Kader Jaelani dan Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST,.MT (Akj-Syah).

 

Dimana masa Pemerintahan AKJ-SYAH ini, poin pertama dengan mengusung visi Dompu Mandiri Sejahtera Unggul dan Religius (Dompu Mashur).

 

Tajuddin menjelaskan bahwa Pemerintahan AKJ-SYAH ini telah membangun selama Tiga (3) Tahun dengan capaian berdasarkan rilisan BPS, bahwa kita memiliki perkembangan Ekonomi yang sangat signifikan

 

“Kita berangkat dari posisi mines di tahun 2020 dan kemudian di tahun 2023 ini, kita sudah berada di posisi 3. 17 porsen,” kata Jedo sapaan akrabnya mengawali Acara Talk Show.

 

Sementara di kesempatan yang sama, Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu, Drs. H. Gaziamansyuri MAp, sekaligus sebagai Narasumber menjelaskan berbagai pencapaian yang ditorehkan AKJ-SYAH dalam tiga tahun duet kepemimpinannya,

 

H. Gaziamansyuri menyebutkan bahwa Bupati dan Wakil Bupati Dompu, H. Kader Jaelani dan H. Syahrul Parsan, ST., MT, telah menorehkan atau mencapai banyak prestasi untuk kemajuan Daerah.

 

Dengan kemajuan yang dicapai AKJ-SYAH meliputi pencapaian di bidang antara lain, Penatakelolaan Keuangan Negara, Good Governance, Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

 

Bukan itu saja, Kemajuan yang mampu ditorehkan juga, yakni dalam hal Pelayanan Kesehatan, Peningkatan Usia Harapan Hidup, Penanganan Stunting, Penanganan Kemiskinan dan masih banyak lagi kemajuan yang lainnya.

 

“Kemajuan yang dicapai tersebut didukung oleh data yang real bahwa AKJ-SYAH di tiga tahun kepemimpinannya di Bumi Nggahi Rawi Pahu telah banyak berbuat dan menorehkan banyak prestasi”, kata H. Gaziamansyuri penuh semangat mengawali pemaparannya.

 

Dalam Acara Talk Show yang diinisiasi pria yang sudah banyak pengalaman di birokrasi dengan menduduki banyak jabatan struktural dilingkup Pemda ini, menjelaskan beberapa hal dalam pencapaian pemerintahan Akj-Syah, sebagai berikut :

 

Pada Bidang pengelolaan keuangan negara Kabupaten Dompu, telah meraih Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 10 kali secara berturut-turut sejak tahun 2015.

 

“Opini WTP tersebut menandakan pengelolaan keuangan negara di daerah ini sudah mengikuti kaidah peraturan yang berlaku dalam penatakelolaan keuangan negara.” terang H. Gaziamansyuri

 

Selain itu, Pertumbuhan ekonomi mampu mengukir indeks pertumbuhan ekonomi dengan kenaikan sebesar 0,27 porsen dimana di tahun 2021 sebesar 1,6 porsen, tahun 2022 sebesar 2,95 porsen dan di tahun 2023 sebesar 3,17 porsen.

 

Dimana PDRB sebagai tolak ukur peningkatan pendapatan (pengahasilan) perkapita masyarakat per tahunnnya tercatat di tahun 2021 sebesar Rp. 30,818,000, tahun 2022 sebesar Rp.32,638,000, dan di Tahun 2023 sebesar Rp. 34,429,000, naik sebesar Rp. 3,611,000.

 

“Daya beli mayarakat juga mengalami peningkatan di tahun 2022 sebesar Rp.8,800, 2023 Rp. 9,400,000, naik sebesar Rp. 600,000.” jelas H. Gaziamansyuri.

 

Sedangkan dalam Penanganan dan penanggulangan kemiskinan ekstrim Kabupaten Dompu berhasil menekan atau menurunkan angka kemiskinan ekstrim hingga pada angka 1,54 porsen atau 4,140 jiwa di tahun 2020 dan di tahun 2023 pada angka 1,35 porsen atau 3.700 Jiwa.

 

Selanjutnya, Tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Dompu juga mengalami trend yang menurun, dimana pada tahun 2021 berada pada angka 3,02 porsen, tahun 2022 pada angka 2,5 porsen, dan di tahun 2023 sebesar 2,36 porsen sehingga mengalami penurunan rata-rata sebsesar 0,14 porsen.

 

Kemudian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Dompu juga mengalami peningkatan (perbaikan) dimana di tahun 2022 pada angka 68,45 point, tahun 2022 pada angka 69,15 point, dan di tahun 2023 berada diangka 71,77 point sehingga rata-rata peningkatan sebesar 2,62 point.

 

Disamping, Usia Harapan Hidup (UHH) Kabupaten Dompu tidak ketinggalan juga mengalami perberubahan yang siginifikan dimana di tahun 2021 terjadi peningkatan 66,99 tahun, 2022 peningkatannya 67,36 tahun, dan 2023 peningkatannya 71,54 tahun sehingga rata-rata peningkatannya sebesar 4,18 tahun.

 

Disisi lain juga, Pencegahan dan penanggulangan Stunting Kabupaten Dompu diberikan predikat sebagai daerah terinspirasi Se Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam penanganan stunting karena mampu menekan angka stunting hingga pada angka 12,04 porsen di tahun 2023 melebihi angka yang ditergetkan secara nasiona sebesar 14.00 porsen.

 

Sementara Acara Talk show yang diselenggarakan berlangsung menarik perhatian para pengunjung Dompu Expo, sehingga pada saat berlangsung Acara Talk Show ini, banyak diantara pengunjung yang mengajukan pertanyaan terkait berbagai kemajuan yang dicapai AKJ-SYAH dalam tiga tahun kepemimpinannya.

 

Muncul Berbagai pertanyaan yang diajukan para pengunjung Dompu Expo, dengan lugas, sigap dan cerdas mampu dijawab dan dijelaskan Kaban Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu, Drs. H. Gaziamansyuri, M.AP dalam momen yang berangsung.

 

“Masih banyak lagi berbagai pencapaian yang mampu ditorehkan AKJ-SYAH di tiga tahun kepemimpinannya di Bumi Nggahi Rawi Pahu ini”, ungkap H. Gazi penuh percaya diri

 

Dikarenakan keterbatasan waktu dan ruang dimomen ini, semua pencapaiannya tidak bisa disebutkan satu persatu, kalau masih ada yang ingin bertanya lebih lanjut, boleh kami dihubungi.

 

Penulis : IW 




Pemda Dompu Gelar Fashion Street Di Event Dompu Ekspo 2024, Dengan Meng-endorse Produk Muna Pa’a.

Foto, Kepala Bappeda dan Litbang Dompu, Drs, H. Gaziamansyuri, MSi dan Kasubag Keuangan Bappeda dalam Fashion Street di Event Dompu Exspo 2024.

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu Menggelar Muna Pa’a Fashion Street di Event Dompu Expo 2024, dengan mengendorse Produk lokal Muna Pa’a, yang berlangsung di Panggung Utama Dompu Expo 2024, Lapangan Bola Karijawa. Selasa (25/06/24) sekitar pukul 19.30 Wita – Selesai

 

Produk Muna Pa’a, tidak hanya menjadi kebanggaan karena diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda ((WBTB), namun juga sebagai produk yang memiliki daya saing tinggi yang bermanfaat bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Dompu khususnya.

 

Acara Muna Pa’a Fashion Street merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang digelar di Event Dompu Expo dari tanggal 24 – 29 Juli 2024.

 

Dengan Gegap gempita lampu sorot diiringi hingar bingar suara musik memecah keheningan malam ditambah dengan aneka warna warni pakaian Muna Pa’a dari para peserta memberikan semangat tidak hanya bagi para peserta itu sendiri, namun juga bagi pengunjung acara yang berlangsung.

 

Dimana tenunan Muna Pa’a ini merupakan produk unik yang dimiliki Kabupaten Dompu dan benar-benar menjadi Ikon Acara Fashion Street yang bertajuk “Bebas Berekspresi Dengan Muna Pa’a.

 

Dimomen Fashion ini, Muna Pa’a benar-benar menjadi titik fokus perhatian ribuan para pengunjung yang memadati Lapangan Bola Karijawa, sehingga penggelaran Dompu Exspo 2024 semakin memeriah.

 

Sebelumnya Pemerintah Daerah juga, telah menggelar Karnaval Muna Pa’a, untuk mengenang kembali sejarah Kabupaten Dompu, karena Muna Pa’a menjadi kebanggaan masyarakat Dompu, tidak hanya dikalangan istana kerajaan (sultan) namun juga dikalangan masyarakat luas.

 

Acara Muna Pa’a Fashion Street ikut dimeriahkan dengan Penampilan para pejabat mulai dari Sekda Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra, SKM.,M.MKes beserta Nyonya, Kepala Bappeda dan Litbang, Drs. H. Gaziamansyuri, M.AP beserta jajarannya dan seluruh Kadis dengan jajarannya.

 

Juga penampilan peserta dari seluruh elemen Dompu yang ikut mengambil bagian di Muna Pa’a Fashion Street, yang menjadikan Acara semalam semakin meriah.

 

Beragam Muna Pa’a di peragakan dengan gaya ciri khas masing-masing, diantaranya Peserta, Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu Bersama Kasubag Keuangan Bappeda dan Litbang Dompu, dengan enjoy memperagakan fashion Muna Pa’anya, terlihat bak seorang model profesional.

 

Sehingga memberikan pesan moral bagaimana Produk Lokal Muna Pa’a membumi tidak hanya di Kabupaten Dompu namun meng-Indonesia bahkan mendunia.

 

Penulis : IW




Kepala Bappeda Dan Litbang Dompu, Kontribusi PDRB 40 Persen, AKJ-SYAH Tepat Memilih Jarapasaka Sebagai Program Unggulan

Foto, Kepala Bappeda Dan Litbang Dompu, Drs, H. Gaziamansyuri, MSi pada kegiatan Sarasehan di Aula Bupati Dompu.

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Dalam rangka mewujudkan Kabupaten Dompu menjadi Daerah yang Pro Investasi dengan Agribisnis dan Ekonomi Kreatif menuju Dompu Mandiri Sejahtera Unggul dan Religius, (MASHUR), Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu menggelar kegiatan Sarasehan, yang berlangsung di Aula Pendopo Bupati Dompu, Selasa 25/06/24.

 

Guna mengevaluasi sejauh mana keberhasilan Program Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu ‘Jara Pasaka’ selama di kepemimpinan Akj-Syah,

 

Hadir dalam kegiatan itu, antara lain, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Unram, (Prof. Dr. Ir. Sukartono, M. Agr), Guru Besar Bidang Ilmu Budidaya Perairan Unram, (Prof. Dr. Ir. Muhammad Junaedi, M. Si), Pakar di bidang pengolahan daging sapi, (Naufal Armanditya), Pakar Nutrisi Ternak, (Prof. Ir. Akhyar Sutaryono, Ph.D.), hingga Lektor Agribisnis Fakultas Pertanian Unram. (Ir. I Gusti Lanang Parta Tanaya, S. Pd., M. App.Sc., Ph.D).

 

Serta dihadiri pula oleh sejumlah peserta sarasehan yakni para pelaku usaha di bidang pertanian, peternakan dan perikanan antara lain petani, perternak dan nelayan.

 

Mewakili Bupati Dompu, H. Kader Jaelani Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu, Drs. H. Gaziamansyuri, MSi, membuka secara resmi kegiatan Sarasehan,

 

Dalam sambutannya, kepala Bappeda dan Litbang Dompu, H. Gaziamansyuri menyampaikan bahwa kegiatan sarasehan ini, dilaksanakan sehubungan dengan adanya Acara “Dompu Expo 2024”. yang tengah berlangsung di lapangan Karijawa, mulai dari tanggal 24 Juni sampai dengan tanggal 29 Juni tahun 2024

 

“Kegiatan Dompu Exspo 2024 ini, merupakan yang pertama kali dalam sejarah khususnya di kabupaten Dompu, dalam Pemerintahan Bupati H. Kader Jaelani dan Wabup H. Syahrul Parsan. atau AKJ-SYAH.” ungkap H. Gaziamansyuri penuh semangat.

 

Karena hadirnya Dompu Expo ini, bertujuan untuk mengevaluasi sampai sejauh mana keberadaan kita sekarang ini dalam pelaksanaan Program Pemerintahan,” bukan berdasarkan perkiraan saja akan tetapi dari fakta-fakta di lapangan untuk dapat merumuskan kebijakan di tahun-tahun yang akan datang,” jelasnya.

 

H. Gaziamansyuri menegaskan bahwa kegiatan Sarasehan ini, dihajatkan dengan menghadirkan para pakar di atas untuk menggabungkan antara teori dengan kenyataan di lapangan, karena secara teoritis yakni untuk mendengarkan pemaparan dari para profesor yang ahli di bidangnya.

 

Sedangkan petani, peternak dan nelayan berpengalaman dalam menjalankan usaha berdasarkan faktor kebiasaan, terkadang tanpa memahami teori yang sebenarnya,

 

“Contohnya dalam pemupukan di lahan pertanian, masih berdasarkan faktor kebiasaan saja, terkadang tidak mengacu pada dosis seharusnya sebagaimana yang direkomendasikan oleh para ahli.”paparnya

 

Sehingga dengan adanya kegiatan Dompu Expo dan Sarasehan ini, diharapkan kita lebih bagus lagi dalam melaksanakan usaha di bidang pertanian pada umumnya,

 

Kepala Bappeda dan Litbang menerangkan bahwa 40% perekonomian masyarakat Dompu masih tergantung pada sektor pertanian (termasuk di dalamnya peternakan dan perikanan).

 

“Kontribusi PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) 40 persen di Kabupaten Dompu. Oleh sebab itu tepat bagi Pemerintahan AKJ-SYAH untuk memilih JARAPASAKA (Jagung Porang Padi Sapi dan Ikan) sebagai program unggulannya,” ungkap H. Gaziamansyuri

 

Namun demikian, lanjutnya program JARAPASAKA itu bukan hanya beberapa itu komoditas itu saja, namun bisa dikembangkan pada berbagai komoditas lainnya seperti kopi, dan lain sebagainya.

 

Lebih lanjut H. Gaziamansyuri mengungkapkan pada awal pemerintahan AKJ-SYAH, pertumbuhan ekonomi minus 3,21% sebagai dampak Covid-19. Namun saat ini pertumbuhan ekonomi mengalami kenaikan menjadi 3,17%,

 

“Ini luar biasa dalam 3 tahun kepemimpinan AKJ-SYAH yang menggenjot pertumbuhan ekonomi tersebut berdampak pada peningkatan PDRB.” Pungkasnya.

 

Dimana Kabupaten Dompu menempati uturan ketiga di NTB setelah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dan Kota Mataram PDRB, untuk pendapatan per kapita masyarakat Dompu 32 juta lebih per tahun.

 

Selanjutnya, Angka kemiskinan di Kabupaten Dompu berada di urutan ketiga terendah setelah Kota Mataram dan Kota Bima. Demikian pula tingkat pengangguran terbuka terus mengalami penurunan.

 

Sedangkan Inovasi Daerah di tahun pertama kepemimpinan AKJ-SYAH berada pada posisi 37%. Pada tahun kedua naik menjadi 53%. Tahun ketiga menjadi 56%.

 

Dikatakan H. Gaziamansyuri, Kabupaten Dompu termasuk dalam Daerah Sangat Inovatif berdasarkan hasil penilaian oleh Kementerian Dalam Negeri. Dan Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah, Kabupaten Dompu mendapat Akreditasi A.

 

“Hanya ada dua kabupaten di NTB yang mendapat akreditasi A yaitu Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima,” bebernya.

 

Diakhir H. Gaziamansyuri bahwa semua keberhasilan di atas, lanjutnya berdampak pada usia harapan hidup dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM),” Usia harapan hidup masyarakat Dompu naik menjadi 71 tahun.” tandasnya.

 

Sementara Prevalensi Stunting di Kabupaten Dompu mengalami penurunan yang cukup signifikan. dari 34,05% pada tahun 2022 turun menjadi 12, 04%. Penurunan ini melampaui target nasional 14% pada tahun 2024 ini

 

“Makanya Kabupaten Dompu ini oleh pak Gubernur menyebut daerah paling progresif dalam penurunan prevalensi stunting,” kata H. Gaziamansyuri dengan bangga.

 

“Dengan capaian-capaian tersebut terus melakukan perbaikan dan pembenahan menuju Dompu yang lebih baik” harap bung Gres sapaan tenarnya.

 

Penulis : IW




Bupati Dompu, Hari Besar Idul Adha, Momentum Membina Keimanan Dan Ketaqwaan.

Foto, Bupati Dompu H. Kader Jaelani (AKJ), saat memberikan sambutan pada pelaksanaan sholat Idul Adha 1445 H

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Idhul Adha menjadi pesan simbolik yang menunjukan ketakwaan, keikhlasan dan kepasrahan seorang hamba kepada Sang Khalik dan momentum keteladanan dari Nabi Ibrahim Alaihissalam.

 

Hal tersebut disampaikan Bupati Dompu, H. Kader Jaelani saat memberikan sambutan sebelum ritual Sholat Idhul Adha 1445 H /2024 M dilaksanakan, Senin (17/06/24) sekira pukul 07.00 Wita – Selesai di Lapangan Beringin Dompu.

 

Dalam penyampaiannya, menurut Bupati Dompu H. Kader Jaelani esensi dari perayaan Idhul Adha yang dilakukan menjadi momentum dalam memperbaiki diri terutama hubungan antar sesama juga hubungan dengan Allah SWT.

 

“Inilah Hari Besar dalam membina keimanan dan Ketaqwaan yang ditandai dengan syiar penyembelihan hewan kurban dirayakan”, kata Bupati Dompu

 

Lanjut Bupati menjelaskan dalam mengenang peristiwa pengorbanan Nabi Ibrahim Alaihissalam itulah Idhul Adha dirayakan Umat Islam diseluruh dunia setiap tahunnya ujar Bupati H. Kader Jaelani menambahkan.

 

Sehingga tema yang diusung dalam Perayaan Idhul Adha kali ini adalah “Dengan Idhul Adha 1445 H / 2024 M Kita Tingkatkan ketaqwaan dan Kepedulian Pada Sesama”

 

Dimana pada tema yang diusung tersebut memiliki dua makna penting yaitu ketaqwaan dan nilai sosial.

 

“Sebagai bentuk ketakwaan bagi yang berkelebihan dalam rezeki diwajibkan berkurban dengan menyembelih hewan seperti kambing, domba dan sapi tentunya dilakukan sesuai kemampuan dan kurban tersebut disalurkan kepada yang berhak untuk merekatkan hubungan sosial diantara sesama”, jelas Bupati AKJ biasa disapa.

 

Hadir dalam pelaksanaan sholat idul adha, antara lain, Wakil Bupati, Anggota DPRD, Anggota Forkompimda, Sekda, Staf Ahli Bupati, Asisten, Pimpinan Perangkat Daerah, Pejabat Struktural dan Fungsional.

 

Turut hadir juga Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Wanita, masyarakat umum, Insan Pers dan elemen penting lainnya.

 

Penulis IW




Kabag Prokopim Setda Dompu Yani Hartono,SP akan Melangsungkan Pernikahan Anak Pertamanya.

Foto, Kepala Bagian Protokol Dan Komunikasi (Prokopim) Setda Dompu Yani Hartono, SP, saat melaksanakan Sholat idul adha di lapangan beringin Dompu 

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Dalam waktu dekat ini, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Sekretariat Daerah Kabupaten Dompu, Yani Hartono, SP akan melangsungkan acara pernikahan putri pertamanya yang bernama Nurmarinda Dewi Hartono, S.Pd. PIAUD Islam.

 

Acara akad nikah dan dan resepsi pernikahan diagendakan tanggal 20 Juni 2024 di Gedung Paruga Samakai dari pukul 14.00 – 17.30 Wita. Sekaligus rangkaian acara Akad Nikah, prosesi adat Jawa Panggih/Temu Manten dan Acara Resepsi..

 

“Undangan terkait hajatan dimaksud baik offline ataupun online akan segera disampaikan”, kata Mas Yani sapaan akrab Kabag Prokopim, saat diwawancarai oleh awak media usai sholat idul Adha di lapangan beringin Dompu, Senin, 17/06/24

 

Dikesempatan itu, Mas Yani juga mengharapkan Doa Restu dari semua pihak, terutama para handai taulan, teman, sahabat, rekan kerja dan keluarga yang turut hadir memberikan doa restu kepada putrinya sesua undangan yang disampaikan sehingga menjadi keluarga sakinah mawadah warrahmah.

 

Untuk itu, Mas Yani mengundang sekaligus memohon kehadiran Bapak/Ibu Tamu/Undangan untuk turut memberikan doa restu di acara pernikahan putri kami sesuai undangan yang disampaikan.

 

“Doa kami sekeluarga semoga Bapak/Ibu, Tamu/Undangan dijauhkan dari halangan dan rintangan sehingga dapat menyempatkan waktu untuk hadir di acara yang digelar nantinya.”ucap Mas Yani penuh harap kepada semuanya.

 

Penulis : IW