Bupati Dan Wakil Bupati Dompu Resmikan 3 Bangunan Baru RSUD Dompu.

Foto, Bupati H. Kader Jaelani Dan Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST,.MT Resmikan 3 Bangunan Baru RSUD Dompu.

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Bupati dan Wakil Bupati Dompu telah meresmikan 3 (tiga) Bangunan Baru, yakni Ruang Rawat Inap Lantai III Modular Operating Theater (MOT) dan VVIP Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Dompu. Jum’at (31/05/2024) Kemarin Pagi.

 

Pembangunan tersebut sebagai bentuk keperdulian Pemerintah Daerah dalam upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Dompu.

 

Turut hadir juga dalam acara peresmian antara lain, Sekda Dompu Gatot Gunawan Putra Perantauan, S.Km,.M,Kes, Ketua DPRD Dompu Andi Bachtiar, A.Md, Par, Kepala Inspektorat Haerudin, SH, Kepala BPKAD Muhammad Syahroni, Sp,.MM, Kepala BKD Dompu, Direktur RSUD Dompu dr. Fitratul Ramadhan, Sp.P., Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Dompu dr. I Wayan Sudiharta, Sp.PD serta Nakes RSUD

 

Dalam Laporannya Direktur RSUD Dompu dr. Fitratul Ramadhan, Sp.P. Mengatakan, Ia dan Jajarannya telah membangun Beberapa fasilitas penunjang pelayanan kesehatan yang memadai dan layak, Seperti Bangunan Ruangan Rawat Inap Lantai 3, Modular Operating Theater (MOT) dan Rungan VVIP

 

“Semuanya kami sediakan untuk melayani masyarakat agar mendapatkan kenyamanan saat di rawat di RSUD Dompu” Paparnya

 

Selain itu, kata Direktur, Pihaknya juga telah memasang AC di Sejumlah Ruangan yang selama ini banyak dikeluhkan oleh masyarakat karena kerap menghirup aroma tidak sedap

 

“Alhamdulillah, Kami sudah Pasangkan AC agar semuanya merasa nyaman” Tutupnya

 

Sementara, dalam sambutannya Bupati Dompu H. Kader Jailani (AKJ) menyampaikan apresiasi yang setinggi – tingginya atas kerja keras, pengabdian dan kinerja seluruh jajaran Manajemen RSUD Dompu yang telah berusaha optimal dalam memberikan Layanan Kesehatan yang terbaik bagi Masyarakat Dompu.

 

” Atas nama pemerintah daerah Kab. Dompu saya mengucapkan terima kasih atas pelayanan RSUD Dompu dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat kita ” ucap H. Kader Jailani, Jum’at(31/05/2024) Pagi.

 

Disamping itu, Bupati AKJ dengan tegas mengingatkan Manajemen RSUD Dompu agar menggunakan seluruh sumber daya yang tersedia untuk pengembangan sejumlah fasilitas lainnya yang masih dirasa kurang,

 

Karena itu sejalan dengan Visi – Misi Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Dompu yang Mandiri, Sejahtera, Harmonis, Religius (MASHUR) yaitu menciptakan kemandirian dari segi pelayanan kesehatan yang selama ini sebagian besar Masyarakat bergantung kepada daerah lain.

 

” Jangan takut menggunakan seluruh Sumber Daya, apalagi ini sesuai dengan Visi – misi kita bersama yang ingin mewujudkan Dompu MASHUR, yaitu kemandirian layanan kesehatan “, kata AKJ dengan tegas

 

Dengan Ucapan Basmallah, kemudian Bupati AKJ didampingi wakil bupati Dompu H. Syahrul Parsan Memotong pita sebagai tanda peresmian tiga bangunan baru tersebut

 

 

Penulis : IW




Operasi Bibir Sumbing Gratis Ditangani Tiga Dokter Spesialis Rehabilitasi Medis

Foto, Tim Dokter melaksanakan Operasi Pasien Bibir Sumbingย 

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Dompu sukses melaksanakan kegiatan Operasi Bibir Sumbing Gratis.

 

Kegiatan Operasi Bibir Sumbing Gratis tersebut berlangsung di Instalasi Bedah Sentral untuk tindakan Operasi RSUD Dompu, Rabu, (29/05/24), kemarin

 

Dimana sebelumnya Manajemen RSUD Dompu telah mengumumkan kepada seluruh masyarakat kabupaten Dompu maupun Kabupaten Bima melalui media ChanelNtbNews, beberapa waktu yang lalu.

 

Dalam penyampaiannya, Direktur RSUD Dompu, Dr. Fitratul Ramadhan Spesialis Paru melalui Humas RSUD Dompu Muhammad Iradat, S. Gz, mengatakan bahwa ada sekitar 28 orang yang telah mendaftarkan diri untuk melakukan Operasi Bibir Sumbing Gratis ini

 

“Tadi malam sudah 8 orang yang telah di Operasi oleh Kami dan akan terus berjalan hingga selesai” terang Humas diawal penyampaiannya.

 

Selanjutnya Iradat juga bercerita, bahwa dalam pelaksanaan operasi Bibir Sumbing Gratis kali ini, ada sesuatu yang berbeda dan menarik, Karena tidak hanya Dokter spesialis Bedah Plastik dan tim Spesialis Bedah internal RSUD yang akan melakukan tindakan operasi,

 

Tetapi menariknya, pasien bibir sumbing juga akan ditangani oleh Tiga Dokter Spesialis Rehabilitasi Medis.” Tim ini akan melatih pasien yang pernah di operasi dan yang akan di operasi nantinya agar bisa berbicara dengan baik” beber Humas muda potensial ini.

 

Iradat menjelaskan tempat pelaksanaan operasi bibir sumbing ini, manajemen RSUD Dompu menggunakan Instalasi Bedah Sentral untuk tindakan Operasi saat ini.

 

“Kedepannya akan menggunakan ruangan dan Alat kesehatan (Alkes) MOT (Modular Operating Theatre), sesuai standar dalam melakukan tindakan Operasi.” jelasnya.

 

Tambah, Iradat mengumumkan kepada seluruh masyarakat yang ingin mendaftar Operasi Bibir Sumbing Gratis ini. bahwa Pendaftaran Masih dibuka hingga Kamis 30 Mei 2024, Siang hari ini.

 

Sementara Bagi pasien yang ingin mendaftar, Dipersilakan menghubungi Admin di Nomor +62 812-4973-2767. Iradat berharap, kegiatan tersebut bisa membantu masyarakat yang kurang mampu.

 

“Silakan mendaftar, Kami masih buka hingga Kamis siang. Bukan hanya masyarakat Dompu, Masyarakat Pulau Sumbawa kami pun persilakan untuk mendaftar” cetus Dae Redo biasa disapa.

 

Penulis : IW




Tingkatkan SDM Unggul Di Era Revolusi Industri, Pemkab Dompu Adakan Program Pelatihan DTS.

Foto, Plt. Kadis Kominfo, Ir. Ruslan bersama Sekretaris Kominfo Kabupaten Dompu, Dwi Erza, S.Ip,.MSi di kantor Dinas Kominfo Dompuย 

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Komunikasi dan Informatika (BPSDM Kominfo) Surabaya, sebagai UPT dari Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu akan mengadakan Program Pelatihan Digital Talent Scholarship (DTS).

 

Program DTS merupakan bagian dari upaya Pemerintah (BPSDM Kominfo) dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di Era Revolusi Industri 4.0,

 

Pelatihan DTS merupakan tindak lanjut dari hasil Audensi Bersama Wakil Bupati Dompu diruang Rapat Wakil Bupati Dompu, (15/05/24), beberapa waktu yang lalu.

 

Hal itu, dikemukakan oleh Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Dompu, Ir. Ruslan didampingi Sekretaris Kominfo Dwi Erza, S.Ip,.MSi diruang kerjanya. Selasa, 28/05/24.

 

Dalam Penyampaiannya, Ir. Ruslan mengatakan bahwa Program Digital Talent Scholarship (DTS) merupakan Program kerja Pemerintah Kementerian Komunikasi dan Informatika.

 

“Juga merupakan Program Pelatihan Pengembangan Kompetensi yang telah diberikan kepada talenta digital Indonesia sejak tahun 2018,” jelas Kadis diawal penyampaiannya.

 

Kadis berharap semoga kegiatan pelatihan tersebut berjalan dengan sukses dan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan karena memiliki banyak manfaat bagi sektor UMKM dan Pendidikan, sehingga tidak tutup kemungkinan kedepannya akan dilaksanakan untuk sektor lainnya

 

“Maka kesempatan baik ini dapat segera dimanfaatkan khusus bagi sektor pendidikan dan UMKM, agar segera mendaftar,” harap Dae Mpeo sapaan akrabnya, diakhir penyampaiannya singkatnya.

 

Foto, Rapat bersama Wakil Bupati Dompu di ruang Rapat Wakil Bupati Dompu

 

Pada kesempatannya, Sekretaris Kominfo Kab Dompu, Dwi Erza, S.Ip,.MSi, menjelaskan secara tehnis pelaksanaan Program DTS yang akan diselenggarakan nanti.

 

Yakni, Pelatihan Thematic Academy (TA), Government Transformation Academy (GTA) dan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) di Kabupaten Dompu.

 

“Sehubungan dengan hal itu, maka mohon kiranya Bapak dan Ibu untuk memberikan Izin terkait pelaksanaan kegiatan tersebut,” harap sekretaris muda bertalenta ini.

 

Sebagai bahan pertimbangan, bersama ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut :

 

1. Pelaksanaan kegiatan Pelatihan TA bagi Guru dan Tenaga Kependidikan, antara lain ;

a. Pelatihan dilaksanakan pada hari Senin 10 Juni sampai dengan Rabu, 12 Juni tahun 2024

b. Skema pelatihan yang dilaksanakan adalah Aplikasi Perkantoran dan Desain Grafis dengan masing-masing skema terdiri atas 100 (seratus) peserta.

c. Peserta masing-masing kelas terdiri atas 25 peserta dengan total 4 kelas.

d. Peserta diharapkan menggunakan Laptop selama pelaksanaan pelatihan.

 

2. Pelaksanaan kegiatan pelatihan DEA bagi calon pelaku usaha UMKM dan informasi pelatihan pelaku usaha UMKM sebagai berikut :

a. Pelatihan dilaksanakan pada hari Senin, 10 Juni sampai dengan Selasa, 11 Juni tahun 2024.

b. Tema Pelatihan Dea yaitu Pemasaran Digital Dasar (PPD) 2.

c. Peserta Pelatihan DEA sebanyak 100 orang yang terdiri dari atas 25 orang peserta tiap kelasnya.

d. Peserta dapat menggunakan smartphone selama pelaksanaan pelatihan.

 

3. Persyaratan dalam pelaksanaan tiap pelatihan adalah sebagai berikut ;

a. Peserta wajib berkomitmen mengikuti pelaksanaan kegiatan pelatihan hingga selesai.

b. Kelulusan peserta dalam pelatihan ditentukan dari penilaian pengajar terhadap aktivitas peserta, dalam pertemuan live session, Protest, Tugas dan Post test

 

4. Fasilitas tempat pelatihan disediakan oleh pemerintah Daerah kabupaten Dompu yang terdiri atas ruang kelas (TA= 4 ruangan, DEA = 4 ruangan, GTA = 4 ruangan) yang terdiri dari meja kursi LCD dan Proyektor.

 

5. Untuk narahubung, bisa menghubungi Bapak Kriswanto (08170764325) selaku ketua Tim TA, Bapak M. Khusaeri (085730406938) selaku selaku ketua Tim DEA dan ibu Putri Pradnyawidya Sari (082141773740) selaku Tim GTA BPSDMP Kominfo Surabaya.

 

Diakhir, Dwi Erza menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat kabupaten Dompu, agar segera mendaftar kegiatan Pelatihan tersebut.

 

Bagi yang ingin mendaftar program pelatihan digital talent scholarship (DTS), bertempat di Kantor Dinas Dikpora, Dinas Koperasi dan UKM dan Dinas Kominfo Kab Dompu,

 

“Program ini bagian dari kerjasama ketiga Instansi tersebut,”terang Sekretaris dikenal kreatif ini.

 

Penulis : IW




KPU Dompu Gelar Rapat Pleno Penetapan Kursi Dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Dompu.

Foto, Gatot Gunawan PP, SKM,.MKes pada Rapat Pleno Penetapan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Dompu Periode 2024 – 2029 di Aula Kantor KPU Dompu.

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Rapat Pleno Penetapan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Dompu Periode 2024 – 2029.

 

Rapat Pleno tersebut berlangsung di Aula Komisi Pemilihan Umum (KPU), pada Selasa (28/05/24).

 

Hadir dalam acara ini, Sekda Dompu, Gatot Gunawan PP, SKM., M.MKes, Pejabat Yang Mewakili Kejari, Kepala Bakesbangpoldagri, Perwakilan Pimpinan Partai Politik, Insan Pers dan elemen penting lainnya.

 

Dalam penyampaiannya, Sekda Dompu, Gatot Gunawan PP, SKM.,M.MKes mengapresiasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu dan jajarannya, karena telah mampu membangun koordinasi dan komunikasi dengan berbagai pihak terkait melaksanakan berbagai tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024.

 

“Saat ini dilakukan Rapat Pleno Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Dompu Periode 2024 – 2029.” Kata Gatot

 

Gatot mengakui bahwa suksesnya penyelenggaraan berbagai tahapan Pilkada Serentak di Kabupaten Dompu berkat adanya persiapan yang baik dari KPU bersama jajarannya, Stakeholder terkait dan juga seluruh lapisan masyarakat.

 

Gatot juga berharap dalam tahapan pelaksanaan Pilkada, baik Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Dompu dan juga Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur NTB dapat berjalan baik sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku.

 

Oleh karena itu, kita semua tentunya berharap rangkaian atau tahapan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur NTB juga Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Dompu hingga tahap akhir dapat berjalan kondusif sesuai harapan.

 

“Karena dukungan semua pihak untuk mensukseskan semua tahapan Pilkada yang mengacu pada ketentuan peraturan perundangan yang berlaku sangat diharapkan,”ujar Sekda mengakhiri penyampaian.

 

Sementara dikesempatan yang sama, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arif Rahman, SH, secara resmi membuka acara rapat pleno yang berlangsung.

 

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim saya membuka rapat pleno penetapan kursi dan calon terpilih DPRD Periode 2024 – 2029”, ucap Arif Rahman.

 

Tidak lupa, Arif Rahman juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para undangan yang telah menghadiri acara yang diagendakan ini.

 

“Terima kasih kami sampaikan atas kehadiran Bapak/Ibu di acara ini”, ujarnya dikata singkatnya.(ADV).

 

Penulis ,: IW




Smart Agriculture Inovasi Masa Depan Pertanian Di Dompuย 

๐™ฟ๐šŠ๐š›๐š ๐Ÿท: ๐™ฟ๐šŽ๐š—๐š๐šŠ๐š—๐š๐šŠ๐š› ๐š๐šŠ๐š— ๐š‚๐šŽ๐š—๐šœ๐š˜๐š› ๐šƒ๐šŠ๐š—๐šŠ๐š‘ ๐šœ๐šŽ๐š›๐š๐šŠ ๐™ฒ๐šž๐šŠ๐šŒ๐šŠ

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Dengan luas lahan pertanian sekitar 71.000 hektar, Kabupaten Dompu memiliki potensi besar di sektor pertanian dengan komoditas utama seperti jagung, padi, dan kedelai.

 

Disamping itu juga Kabupaten Dompu dikenal sebagai salah satu produsen jagung terbesar di Nusa Tenggara Barat (NTB), dengan produksi mencapai lebih dari 200.000 ton per tahun.

 

Namun, Petani di Dompu sering menghadapi tantangan seperti perubahan iklim, keterbatasan sumber daya air, dan kebutuhan akan peningkatan hasil produksi.

 

“Dalam menghadapi tantangan ini, adopsi teknologi modern menjadi kunci untuk mencapai keberlanjutan dan peningkatan produktivitas.” kata Pemilik Akun Facebook Aba La Kenan, selasa, 28/05/24.

 

Aba La Kenan, menjelaskan ๐’๐ฆ๐š๐ซ๐ญ ๐€๐ ๐ซ๐ข๐œ๐ฎ๐ฅ๐ญ๐ฎ๐ซ๐ž merupakan ๐ˆ๐ง๐จ๐ฏ๐š๐ฌ๐ข ๐๐š๐ฅ๐š๐ฆ ๐๐ž๐ซ๐ญ๐š๐ง๐ข๐š๐ง atau Pertanian cerdas, dengan pola pendekatan baru yang mengintegrasikan teknologi canggih dalam proses pertanian untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan keberlanjutan.

 

“Dengan memanfaatkan teknologi seperti, sensor, drone, Internet of Things (IoT), dan analisis data,” terangnya.

 

Bukan itu saja, Smart Agriculture juga memungkinkan petani untuk membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan data yang akurat dan real-time.

 

“Teknologi ini membantu petani mengoptimalkan penggunaan sumber daya, memantau kondisi tanaman, dan mengelola lahan mereka dengan lebih efektif.”jelasnya.

 

Mengapa Smart Agriculture penting untuk Dompu?

Karena Pertanian cerdas dapat membantu mengatasi beberapa tantangan utama yang dihadapi petani, seperti ketidakpastian iklim dan keterbatasan sumber daya.

 

Selain itu, teknologi ini juga dapat meningkatkan hasil panen dan mengurangi biaya operasional, sehingga meningkatkan kesejahteraan petani dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

 

“Postingan ini akan dibagi menjadi beberapa bagian untuk membahas secara mendalam berbagai aspek dari Smart Agriculture yang dapat diterapkan di Dompu.” ungkapnya.

 

๐’๐ž๐ง๐ฌ๐จ๐ซ ๐“๐š๐ง๐š๐ก ๐๐š๐ง ๐‚๐ฎ๐š๐œ๐š : ๐Ž๐ฉ๐ญ๐ข๐ฆ๐š๐ฅ๐ข๐ฌ๐š๐ฌ๐ข ๐๐ž๐ง๐ ๐ ๐ฎ๐ง๐š๐š๐ง ๐’๐ฎ๐ฆ๐›๐ž๐ซ ๐ƒ๐š๐ฒ๐š.

Lanjut, Ama La Kenan memaparkan bahwa salah satu teknologi utama dalam Smart Agriculture adalah sensor tanah dan cuaca.

 

“Teknologi ini melibatkan penggunaan perangkat sensor yang ditempatkan di ladang untuk memantau kondisi tanah seperti kelembapan, suhu, dan nutrisi.” pungkasnya.

 

Karena Manfaat utama dari penggunaan sensor ini adalah memungkinkan petani untuk mengetahui kapan dan berapa banyak air serta pupuk yang dibutuhkan tanaman.

 

Hal ini tidak hanya menghemat sumber daya tetapi juga meningkatkan hasil panen secara signifikan.” Studi menunjukkan bahwa penggunaan sensor tanah dapat meningkatkan efisiensi penggunaan air hingga 30%.”paparnya.

 

Dengan tehnik pemasangan sensor di berbagai titik lahan pertanian, maka Data yang diperoleh akan lebih akurat dan real-time.”Data ini membantu petani dalam pengambilan keputusan yang lebih tepat, seperti menentukan waktu irigasi dan pemupukan yang optimal.”tandasnya.

 

๐ƒ๐š๐ฆ๐ฉ๐š๐ค ๐„๐ค๐จ๐ง๐จ๐ฆ๐ข

Aba La Kenan mengungkapkan bahwa Implementasi teknologi sensor tanah dan cuaca di Dompu diperkirakan akan memberikan dampak ekonomi yang signifikan. dengan peningkatan efisiensi penggunaan air dan pemupukan, biaya operasional petani dapat berkurang hingga 20%.

 

Selain itu juga, peningkatan hasil panen yang dihasilkan dari penggunaan teknologi ini bisa mencapai 15-25%, yang berarti pendapatan petani akan meningkat secara substansial. dengan produksi jagung yang mencapai lebih dari 200.000 ton per tahun,

 

“Peningkatan hasil panen sebesar 20% dapat menambah sekitar 40.000 ton jagung tambahan.”ungkapnya penuh optimis.

 

Kemudian dengan harga jagung rata-rata Rp 3.000 hingga Rp 4.500 per kilogram, ini berarti tambahan pendapatan sekitar Rp 120 hingga Rp 180 miliar bagi petani jagung di Dompu.

 

“Penghematan air dan penggunaan pupuk yang lebih efisien juga akan membantu menjaga keberlanjutan sumber daya alam, yang merupakan aset penting bagi pertanian jangka panjang.” jelasnya.

 

๐‚๐จ๐ง๐ญ๐จ๐ก ๐Š๐ž๐›๐ž๐ซ๐ก๐š๐ฌ๐ข๐ฅ๐š๐ง ๐๐ข ๐ƒ๐š๐ž๐ซ๐š๐ก ๐‹๐š๐ข๐ง

Ditambahkannya, Contoh keberhasilan penerapan teknologi sensor tanah dan cuaca dapat dilihat di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Di sana, penerapan sensor tanah dan cuaca telah berhasil meningkatkan efisiensi penggunaan air hingga 35% dan meningkatkan hasil panen padi rata-rata 20%.

 

“Petani di Banyuwangi melaporkan pengurangan biaya operasional karena penggunaan air dan pupuk yang lebih efisien, serta peningkatan kualitas hasil panen.”ucapnya.

 

Keberhasilan ini menunjukkan bahwa dengan dukungan teknologi dan edukasi yang tepat, petani dapat mencapai hasil yang lebih baik dan berkelanjutan dengan mengadopsi teknologi sensor tanah dan cuaca,

 

Diakhir, Aba La Kenan meyebutkan Petani di Dompu akan dapat mengelola lahan mereka dengan lebih efisien, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan produktivitas.

 

“Teknologi ini merupakan langkah awal yang penting dalam transformasi pertanian di Dompu menuju masa depan yang lebih cerdas dan berkelanjutan.” ujar Aba La Kenan dengan penuh motivasi.

๐๐–Š๐ซ๐–˜๐š๐–’๐›๐–š๐ง๐–Œ..

The Understated Visionary

๐“๐“ซ๐“ช ๐“›๐“ช ๐“š๐“ฎ๐“ท๐“ช๐“ท

 

Penulis ; IW




KPU Gelar Festival Peluncuran Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Dompu 2024.

Foto, Acara Festival Peluncuran Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Dompu.

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu, menggelar festival Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Dompu Tahun 2024, dengan tema bertajuk “Wujudkan Pilkada dengan semangat Manggini Manggari Mataroa”

 

Acara tersebut diawali dengan menampilkan berbagai Kesenian Budaya Dompu, yaitu tarian Tradisional dan Kareku Kandei yang berlangsung di pertigaan Taman Kota Dompu, Sabtu (25/5/2024) malam

 

Hadir dalam Acara peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Dompu Tahun 2024, Bupati Dompu H. Kader Jaelani, Ketua PKK Dompu Lilis Suryani dan Wakil Bupati Dompu H Syahrul Parsan, ST. MT, Ketua KPU Kabupaten Dompu, Arif Rahmad, SH,

 

Turut hadir juga Wakil Ketua DPRD Dompu, H Muhammad Amin, S.Pd, Sekda Dompu Gatot Gunawan, SKM, MKM, serta jajaran OPD, Ketua Parpol Partai dan Kepala Bank Sari’ah NTB.

 

Dalam Kesempatannya, Ketua KPU Propinsi NTB yang diwakili Divisi Hukum, menyampaikan bahwa KPU Kabupaten harus menjaga Independensi dan tidak mendukung salah satu calon atau netral.

 

Selain itu, KPU juga harus memastikan bahwa proses Pilkada akan mengedepankan nilai jujur, adil dan bijak.

 

“Kami juga akan bekerja dan berkorelasi bersama-sama masyarakat dan OPD yang ada di setiap daerah”, cetusnya

 

Selanjutnya, KPU Propinsi dan KPU Daerah juga menyampaikan ucapan terima kasih telah membantu proses peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di tahun 2024 dengan situasi aman terkendali.

 

Diwaktu yang sama, Ketua KPU Kabupaten Dompu Arif Rahmad, SH, mengatakan bahwa Kabupaten Dompu sebentar lagi akan mengadakan Pilkada serentak di tahun 2024.

 

Tentu dalam Proses Pilkada serentak ini, kami mengharapkan kepada seluruh unsur untuk menjaga kedamaian keluarga. walaupun berbeda pilihan harus menjujung tinggi kebhinekaan tunggal ika.

 

“Walau berbeda pilihan, diharapkan semua unsur agar dalam proses Pilkada dan Pilgub ini untuk saling menjaga Pemilu yang aman dan damai.” ujar Dae Arif sapaan akrabnya.

 

Diwaktu yang spesial, Bupati Dompu, H Kader Jaelani, menyampaikan bahwa sebetar lagi Kabupaten Dompu akan melaksanakan pemilihan Pilkada dan Pilgub serentak sebagai wadah untuk saling menjaga silaturahmi.

 

Untuk itu, dibutuhkan dukungan dan peran serta berbagai Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, serta unsur Polri dan TNI.

 

Bupati mengharapkan kepada pihak KPU untuk tetap aktif berkordinasi dengan OPD, agar Pilkada dan Pilgub ini berjalan dengan aman dan damai.

 

“Mari kita saling menjaga stabilitas keamanan daerah bumi Nggahi Rawi Pahu yang kita cintai bersama”, ungkapnya. (ADV).

 

Penulis : IW