Pembangunan Rehabilitasi Dan Pemeliharaan Balai Penyuluh Rampung Dengan Mutu Sesuai Petunjuk Teknis.

foto pembangunan rehabilitasi Dan Pemeliharaan Balai Penyuluh di Kecematan serta sarana Kantor BPP Penyuluh Kec Dompu.

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Kontraktor Pelaksana CV. Putra Tunggal telah merampungkan pembangunan rehabilitasi Dan Pemeliharaan Balai Penyuluh di Kecematan serta sarana dengan waktu pelaksanaan 120 hari kelender.

 

Proyek senilai Rp. 345.152.393, yang bersumber dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Dompu tersebut rampung dengan mutu dan kualitas yang sudah sesuai gambar maupun bestek.

 

“Alhamdulillah, kita sudah merampungkan proyek ini, sebelum masa berakhirnya kontrak pekerjaan, dengan waktu yang masih tersisa 2 Minggu, dan tentu nya dengan mutu dan kualitas yang tidak diragukan,” kata Kontraktor Pelaksana CV. Putra Tunggal, saat ditemui awak media di lokasi pekerjaan Kantor BPP Kec Dompu, Minggu, 29/10/23.

 

Kontraktor Pelaksana juga mengatakan dengan rampungnya pekerjaan ini dengan waktu yang terlalu cepat, semata-mata karena ini tanggung jawab kita sebagai Pelaksana untuk menyelesaikan proyek ini.

 

 

Disamping kita menjalankan amanat yang dimandatkan oleh pemerintah melalui Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Dompu, agar terlaksana sesuai petunjuk teknis dari dinas itu sendiri.

 

Serta ikut berpartisipasi dalam mendukung Program Pembangunan Pemerintah kabupaten Dompu demi mengsuksekan Program Jara Pasaka Dompu Mashur.

 

Diakhir, Semoga apa yang sudah kita perbuat ini dapat bermanfaat untuk kelangsungan kegiatan para petani Dompu dan lebih khususnya para pegawai yang ada di kantor BPP Kec Dompu.

 

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Konsultan pelaksana dan kru BPP yang sudah membantu sehingga pekerjaan ini rampung seperti yang diharapkan berasama,” ujar Kontraktor pelaksana.

 

Penulis : IW 

 




Ketua Osis Terpilih SMAN 1 Dompu, M. Kaisar Nurwana Lupakan Polemik, Mari Bersama-sama Berkolaborasi Membangun SMANSADOM, ‘WE BUILD OUR SCHOOL TOGETHER’ Dan Menjamin Osis SMANSADOM Menjadi Contoh Seluruh Osis di NTB.

Foto Ketua Dan Wakil Ketua Osis Terpilih masa bakti 2023-2024, Ketua Muh. Kaisar nurwana dan Wakil Ketua Fawwaz Rahmad Zuhair

 

 

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan organisasi yang terdapat di sekolah-sekolah di Indonesia yang terdiri dari siswa-siswi yang terorganisir dalam suatu struktur kepengurusan yang memiliki wawasan luas, pandai berinteraksi.

 

Tujuan daripada OSIS adalah untuk membentuk sikap kepemimpinan siswa, meningkatkan rasa tanggung jawab siswa terhadap sekolah, serta mengembangkan potensi siswa secara menyeluruh. OSIS juga bertugas untuk menjadi wadah bagi siswa untuk mengaktualisasikan ide-ide dan gagasan-gagasan mereka demi kemajuan sekolah.

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Pemilihan Ketua Osis SMAN 1 Dompu masa bakti 2023-2024, berjalan lancar dan keluar sebagai pemenang pasangan ketua Muh. Kaisar nurwana dan Wakil Ketua Fawwaz Rahmad Zuhair dengan meraih suara terbanyak 495 suara, mengungguli kandidat-kandidat lainnya.

 

Pasangan terpilih Muh. kaisar nurwana dan Wakil Ketua Fawwaz Rahmad Zuhair masa bakti 2023-2024, mengajak seluruh siswa SMAN 1 Dompu untuk bersama-sama bertanggungjawab, berkolaborasi dalam membangun Sekolah tercinta ini dan tentunya dengan bimbingan dari semua Guru sehingga terbangun sinergitas antara guru dan siswa.

 

Dalam penyampainnya dihadapan seluruh Guru dan siswa dihalaman sekolah, Ketua Osis Terpilih Muh. kaisar nurwana menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh guru dan siswa SMAN 1 Dompu dan khususnya Tim Sukses Pemenangan Kaisar dan Fawwaz.

 

“Sekarang tidak ada lagi yang namanya polemik politik, sekarang bagaimana kita bertanggung jawab membangun sekolah kita ini,” ungkapnya dengan tegas, dikutip dari akun Facebook Nurwana Putra. Senin, 30/10/23.

 

 

 

Sebagaimana Visi-Misi kita bersama, kita ingin membangun seluruh siswa yang berkarakter Pancasila yang berlandaskan demokrasi, tentunya dapat mengekspor seluruh elemen-elemen seluruh siswa SMAN 1 Dompu.

 

“Seperti kata Albert Einstein, Everybody is a genius. But if you judge a fish by its ability to climb a tree, it will live its whole life believing that it is stupid, artinya semua orang adalah orang jenius, tetapi ketika kita menilai ikan dalam memanjat pohon, maka dia akan merasa bodoh seumur hidupnya,” paparnya mengutip Albert Einstein ilmuwan yang berpengaruh pada abad ke 20.

 

Oleh karena itu, tugas kita bersama untuk bersama-sama menggali seluruh potensi elemen-elemen pada Siswa SMAN 1 Dompu, ini juga bukan tentang proker dan progres Osis semata ini adalah tanggung jawab kita bersama sebagai generasi muda untuk membangun sekolah kita, untuk menunjukkan wajah bangsa kita yang lebih baik

 

Diakhir secara pribadi, ini bukan hanya sekedar tugas, tapi relasi saya terhadap tuhan dan saya berjanji pada kalian semua akan menciptakan SMANDOM yang lebih baik lagi dan saya menjamin Osis SMANDOM menjadi contoh untuk seluruh Osis di Nusa Tenggara Barat,

 

” Ini bukan sekedar mimpi teman-teman tapi ini awal dari langkah kita bersama, penentu kita adalah agen perubahan kita mampu melakukannya, seperti Eleanor Roosevelt, mengatakan masa depan milik mereka yang percaya akan keindahan mimpi mereka WE BUILD OUR SCHOOL TOGETHER, kita bersama akan mengantarkan bangsa kita untuk lebih baik kedepannya.” Tegas Ketua Osis Terpilih yang merupakan anak kandung dari Kepala BKPH Topaso, Nurwana Putra, S. Hut.

 

Penulis : M. Alby Kamil SMANSADOM 




Koalisi Nelayan Teluk Cempi Dobrak Diskanlut, Tolak Aturan Larangan Penggunaan Jaring Waring, Kadisnaklut Penggunaan Jaring Waring Dilarang Aturan

foto Aksi Unjuk Rasa Koalisi Masyarakat Nelayan teluk cempi di Kantor Diskanlut Kab Dompu.

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Ratusan massa yang tergabung dalam koalisi masyarakat nelayan teluk cempi melakukan aksi unjuk rasa di Dinas Perikanan dan Kelautan (Diskanlut) Kabupaten Dompu NTB, Senin, 30/10/23.

 

Aksi unjuk rasa tersebut menolak peraturan pemerintah tentang larangan penggunaan Alat Penangkapan Ikan (API) berupa jaring waring yang digunakan oleh sejumlah nelayan yang beroperasi diteluk cempi.

 

Dalam aksinya, Koordinator Aksi Abdurrahman mengungkapkan, tentang larangan penggunaan alat tangkap berupa jaring waring yang sudah dilakukan sejak lama sekitar 7 tahun.

 

“Itu menjadi mata pencaharian mereka kesehariannya, tapi baru 2 tahun terakhir sejak tahun 2022 hingga 2023 ini justeru Diskanlut Kabupaten Dompu turun dan melakukan razia penggunaan jaring waring diteluk cempi, sehingga menimbulkan kekecewaan dan kemarahan dari sejumlah nelayan pengguna jaring waring.” Paparnya.

 

Abdurrahman, mengatakan bahwa tindakan sepihak yang dilakukan oleh Diskanlut bersama tim yang menyita dan merusak jaring waring milik sejumlah nelayan yang ada melalui razianya, merupakan tindakan sangat tidak manusiawi.

 

 Karena jaring waring merupakan alat tangkap ikan yang dijadikan sebagai sumber mata pencaharian sejumlah nelayan untuk memenuhi kehidupan keluarganya sehari-hari.

 

“Tindakan pengrusakan jaring waring milik sejumlah nelayan oleh Diskanlut seakan akan telah menindis dan mengintervensi kehidupan nelayan yang ada,”ungkap Abdurrahman dengan tegas.

 

Dalam orasi yang sama, massa aksi lainnya, Rifaid, SE juga meneriakan bahwa tindakan sepihak yang dilakukan Diskanlut melalui razia bersama tim sebelumnya tanpa melalui surat pemberitahuan atau sosialisasi lebih awal kepada nelayan.

 

” Terlebih lagi munculnya aksi pengrusakan terhadap jaring waring milik sejumlah nelayan,” pintanya.

 

Disisi lain juga Rifaid menuding bahwa pengrusakan ekosistem laut sebenarnya bukan dilakukan oleh nelayan pemilik jaring waring akan tetapi pemilik tambak yang berada disekitar bibir laut lah yang merusak semua itu

 

Karena aktivitas petambak itu telah merusak hutan mangrove yang harus dijaga, serta  membunuh bibit ikan karena aktivitas petambak kerap menaburkan pestisida atau racun pembunuh hama dalam tambak.

 

Sehingga racun yang dikeluarkan dari tambak itu dibuang ke muara dan berakhir dilaut sehingga berakibat fatal terhadap ikan-ikan lantaran terkena pertisida.

 

“Nah siapa yang merusak, apakah nelayan pengguna jaring waring ataukah petambak itu sendiri. Menurut kami justeru petambaklah yang merusak ekosistem laut,”teriak Rifaid.

 

Diwaktu yang sama, menanggapi tuntutan massa aksi, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kab Dompu, Amiruddin, S.Hut menyampaikan bahwa penggunaan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan berupa jaring waring ini sangatlah dilarang keras oleh aturan pemerintah

 

” Karena memang jaring waring yang berdiameter dibawah 1 in itu, tidak boleh digunakan dan itulah faktanya dimana banyak jaring waring terbentang disepanjang perairan teluk cempi.” terang Kadis Perikanan dan kelautan.

 

Oleh karena itu pihak Diskanlut Kab Dompu kerapkali melakukan sosialisasi dan fasilitasi agar nelayan pengguna jaring waring dapat mengganti alat tangkapnya dengan alat tangkap lainnya yang ramah lingkungan.

 

“Jikakalau nelayan tidak bisa menggantikan secara swadaya maka Diskanlut sendirilah yang akan menggantikannya, karena sebagian besar alat tangkap milik nelayan sudah kita ganti dengan alat yang ramah lingkungan,” ungkap Amiruddin.

 

Sebab alat tangkap itu berdasarkan kesepakatan bersama antara Diskanlut dengan para nelayan,”walaupun belum semuanya kelompok nelayan yang mendapatkannya tapi itu akan dilakukan secara bertahap,”ucapnya.

 

Diakui Amir, bahwa nelayan pengguna alat tangkap jaring waring tersebut yang beroperasi diteluk cempi ada sekitar 54 orang nelayan.”hasil pendataan tim kami bahwa sekitar 54 orang nelayan yang menggunakan alat tangkap jaring waring ini yang tersebar pada sejumlah desa,”pinta Amir.

 

Berdasarkan data yang diterima media ini dari Diskanlut Kabupaten Dompu bahwa dari ke 54 nelayang pengguna alat tangkap berupa jaring waring tersebut.

 

“Diantaranya nelayan Desa Nowa sebanyak 25 orang, nelayan Desa Baka Jaya sebanyak 9 orang, nelayan Desa Bara 7 orang dan nelayan Desa Wawonduru tercatat sebanyak 13 orang.” Jelas Amiruddin di akhir penyampaiannya.

Penulis : IW




Kades Banggo Terpilih Abdul Malik, SPd, Lupakan Perbedaan, Mari Bersama-sama Membangun Desa Banggo Tercinta.

foto Kades Banggo Terpilih, Abdul Malik, SPd.

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Dompu untuk 33 Desa, khususnya Pilkades Desa Banggo Kec Manggelewa berlangsung aman dan kondusif, dan keluar sebagai pemenang Nomor urut 4 Abdul Malik, SPd dengan suara terbanyak 620 suara menggungguli 3 calon lainnya.

 

Dimomen yang berbahagia ini, Kepala Desa Banggo terpilih Abdul Malik, SPd, mengajak seluruh masyarakat Desa Banggo untuk melupakan semua perbedaan dalam proses Demokrasi yang baru saja dilalui dan mari bersama-sama melanjutkan apa yang menjadi Visi-Misi kepala Desa terpilih, dalam membangun Desa Banggo selama 6 tahun kedepannya.

 

“Alhamdulillah, Pilkades berjalan aman, tertib dan damai dan seluruh masyarakat sudah bisa menerima hasilnya,” kata Kades Banggo terpilih Abdul Malik, SPd, saat diwawancarai awak media di kediamannya di Desa Banggo kec manggelewa Kab Dompu, Sabtu, 28/10/23.

 

Kades terpilih juga menyampaikan bahwa momentum Pilkades serentak ini, bukanlah ajang permusuhan, melainkan ajang demokrasi yang menyenangkan untuk kita semua.

 

“Jangan sampai Pilkades ini merusak kerukunan kita yang mengakibatkan perpecahan di tengah-tengah masyarakat,” pesan Abdul Malik Kades terpilih.

 

Mudah-mudahan apa yang menjadi Visi-Misi kepala Desa didukung semua oleh masyarakat Desa Banggo yang berkaitan dengan program pembangunan selama 6 tahun kedepannya.

 

Kades terpilih mengatakan adapun program yang menjadi Perioritas Desa Banggo di tahun 2024 ini, diantaranya adalah rencananya untuk pembangunan gedung serbaguna,

 

” Karena sampai hari ini gedung serbaguna tersebut belum ada di Desa Banggo.” ujar Abdul Malik.

 

Selain itu, kami juga merencanakan pembangunan Balai Banjar di dusun jembatan ndano mada jumba yang harus dikejar selesai tahun 2024 ini, karena pemanfaatan gedung tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat Desa Banggo itu sendiri.

 

Disamping itu juga pembangunan jembatan yang ada di jalan ekonomi didusun ndano dengan kisaran anggaran sebesar Rp. 170 juta, yang belum sempat dilaksanakan.

 

” Mengingat kita dihadapkan dengan momentum Pilkades serentak, insyaallah akan di usulkan di 2024 ini, agar secepatnya dinikmati oleh masyarakat Desa Banggo,” ungkapnya dengan serius.

 

Diakhir, Kades Banggo terpilih berharap kepada seluruh masyarakat Desa Banggo, agar bisa menerima dengan lapang dada apa yang menjadi hasil Pilkades kemarin.

 

” Menang Kalah dalam pemilihan itu hal yang biasa, Kedepannya mari kita bekerjasama bergotong royong membangun Desa kita yang tercinta ini, tidak ada orang lain yang bisa membangun suatu Desa, melainkan masyarakat setempat itu sendiri,” ujar Abdul Malik Kades Banggo terpilih penuh bijaksana.

 

Penulis : IW 




Kadistanbun Dompu, Mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda Ke 95 Tahun 2023

foto Kadis Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu, Muhammad Syahroni, SP,.MM.

 

Keluarga Besar Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Dompu, Mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober tahun 2023.

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Seperti diketahui, setiap tahunnya bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober. Tahun 2023 ini merupakan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-95 tahun.

 

Sumpah Pemuda merupakan suatu pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pemuda-pemudi Indonesia dengan menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

 

Pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari sendiri di antaranya nilai kegotongroyongan, patriotisme, musyawarah, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan, kekeluargaan, cinta damai, dan tanggung jawab.

 

Penulis : IW




Kado Terindah, Di Momentum Hari Sumpah Pemuda, Bripka Julfarid Raih Penghargaan Tokoh Pemuda Humanis Kab. Dompu 2023

foto Bripka Julfarid Raih Penghargaan Tokoh Pemuda Humanis Kab. Dompu tahun 2023

Humanis adalah orang yang mendambakan dan memperjuangkan terwujudnya pergaulan hidup yang lebih baik, berdasarkan asas perikemanusiaan atau pengabdi kepentingan sesama umat manusia dan humanis dapat juga dipahami sebagai penganut paham yang menganggap manusia sebagai objek terpenting.

 

Seorang humanis percaya bahwa cara terbaik untuk memahami realitas di sekitar adalah melalui pengetahuan yang diperoleh dari pengalaman dan akal.

 

Bagi mereka, hal ini hanyalah kebenaran yang harus kita akui untuk mendapatkan pemahaman yang berarti mengenai cara kerja dunia di sekitar kita.

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB -DiMomentun bersejarah di Hari Sumpah Pemuda, Bripka Julfarid meraih penghargaan unik sebagai Tokoh Pemuda Humanis Kabupaten Dompu tahun 2023.

 

Penghargaan yang diberikan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) ini, menandai kebaikan dan dedikasi sejati dalam pelayanannya kepada masyarakat dan sekaligus kado terindah untuk Bripka Julfarid di hari bersejarah bagi Kaum Muda.

 

Bripka JulFarid merupakan anggota Kesatuan Brimob Kompi 2 Batalyon C Satbrimob Polda NTB, JulFarid adalah seorang ayah sekaligus seorang suami yang penuh kasih sayang, tulus dan perhatian selain itu juga, JulFarid merupakan sosok manusia yang selalu mendengarkan dan berbicara dengan hati.

 

Namun, JulFarid tidak terlalu berbangga hati dengan penghargaan yang telah diraih tersebut, karena itu hanya sebagian kecil dari profilnya. karena memang masih banyak impiannya yang harus dilakukan untuk Bumi Nggahi Rawi Pahu Tercinta ini.

 

Lewat Jaringan Sosial yang Kuat, JulFarid memiliki keunikan tersendiri dalam berbaur maupun keterlibatannya dalam hubungan sosial kemasyarakatan diantaranya membangun hubungan yang erat dengan wartawan, aktivis sosial, dan berbagai lapisan masyarakat. Namun, kebaikan dan inspirasi yang ia sebar tidak hanya terbatas pada lingkaran tersebut. Ia juga dikenal oleh pemuda, maupun masyarakat pada umumnya di kabupaten Dompu.

 

Dalam Perannya sebagai Abdi Negara (anggota satuan Brimob Dompu), yang paham Hukum, Zulfarid memanfaatkan kelabihannya untuk mengedukasi pentingnya hukum dalam kehidupan sehari-hari.

 

Selain itu, Zulfarid memiliki jiwa sosial yang tinggi, yang selalu memberikan bantuan sosial, kepada mereka yang membutuhkan. Semua tindakan ini mencerminkan semangat sejati “Melindungi, Melayani, serta Mengayomi.

 

Dengan Filosofi Hidup yang Mencerahkan Zulfarid menjalani hidup dengan prinsip sederhana yang menjadi landasan setiap tindakannya: “Khoirunnas anfauhum linnas,” atau “Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya.” Prinsip ini bukan hanya menjadi moto, melainkan pedoman dalam menjalani tugasnya sebagai seorang polisi dan sebagai seorang warga negara.

 

Melalui Visi Penuh Semangat, dengan menjalani tugasnya selama bertahun-tahun, dengan melekat visi yang kuat. Zulfarid berharap agar polisi semakin dicintai oleh masyarakat. Baginya, ini bukan hanya sebuah tujuan, melainkan panggilan tugas untuk seluruh kepolisian. Semangat “Melindungi, Melayani, serta Mengayomi” harus menjadi gaya hidup dalam menjalankan tugas kepolisian.

 

Penghargaan “Tokoh Pemuda Humanis Kabupaten Dompu 2023” yang diberikan kepada Bripka Julfarid adalah pengakuan terhadap dedikasinya yang tak tergoyahkan dan kontribusinya yang menginspirasi bagi masyarakat dan Penghargaan ini juga menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk mengikuti jejak Bang Farid sapaan akrabnya.

 

Dalam membawa perubahan positif dalam masyarakat, Julfarid adalah teladan hidup yang membuktikan bahwa kepolisian dapat menjadi agen perubahan sosial yang positif dan mengilhami semangat kepemudaan yang selalu tulus dan peduli.

 

Semangatnya dalam “Menjadi yang terbaik bagi sesama” akan terus memancar cahaya di Kabupaten Dompu dan di seluruh negeri.

Penulis : IW