Bupati Dompu Bangga Penghargaan Di Raih Dinas DPPKB Dengan Mendapat Apresiasi Sebagai Tim Pendamping Keluarga Inspiratif,

foto Pemberian Penghargaan Tim Inspiratif Tingkat Provinsi NTBĀ 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Pemerintah Daerah Kab Dompu melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Dompu, telah mendapatkan Apresiasi dari Dinas BKKBN Provinsi NTB terhadap Tim Pendamping Keluarga Inspiratif Desa Tanju Tingkat Provinsi NTB Tahun 2023.

 

Hal itu, Berdasarkan Surat Plt. Kepala Perwakilan BKKBN NTB Nomor : 203/BL.03/J/2023 tanggal 7 Agustus 2023 Perihal Penetapan Tim Pendamping Keluarga Inspiratif Tingkat Provinsi NTB Tahun 2023, yang berlangsung di Hotel Prime Park Mataram.

 

Disampaikan Bupati Dompu, H. Kader Jaelani melalui Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Dompu, Hj. Iris Juwita, SKM,.MKes, menyampaikan rasa bangganya Pemerintah Daerah atas Apresiasi yang diberikan oleh Dinas BKKBN Provinsi NTB.

 

“Bupati Dompu juga Mengucapkan terima kasih kepada seluruh Tim, lebih khusus Tim pendamping Desa Percepatan Penurunan Stunting yang sukses meraih penghargaan ini.”Ucap Kadis menyampaikan pesan Bupati Dompu.

 

Lanjut Kadis, Didalam Apresiasi ini, kami yang ada di dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana terhadap teman-teman yang ada di desa yaitu ada mitra kerja kami yang ada di desa.

 

” Namanya tim pendamping keluarga di dalam tim pendamping keluarga ini sudah di SK kan oleh Bupati yaitu sebanyak 546 orang di Kabupaten di semua Kecamatan sudah ada tim pendamping keluarga,”

 

Lanjut Umi Iris, Tim pendamping warga ini, nantinya yang akan mendampingi sasaran-sasaran yang akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan/penurunan angka stunting antara lain, yaitu pendampingan calon pengantin, ibu hamil dan pendampingan terhadap ibu bersalin yaitu ibu nifas, serta pendampingan terhadap ibu yang mempunyai bayi dan balita.

 

foto serba-serbi pemberitaan Tim Pendamping Keluarga Inspiratif

Kemudian di dalam tim ini ada tiga unsur yaitu, tim bidan desa, tim penggerak PKK desa dan kader Posyandu keluarga atau kader KB yang ada di desa tersebut.

 

” Tim ini akan kami sebarkan, ada 3 tim yaitu yang kami tempatkan, disebut dengan tim di lokus stunting desa desa yang lokus stunting, dan terus kemudian desa lain yang tidak menjadi stanting itu ada dua tim jadinya ada 6 orang yang akan mendampingi sasaran tersebut.”

 

Dalam Perpres 72 itu, tentang percepatan penurunan stunting yang dirangkaikan dengan RAN pasti rencana aksi dari BKKBN pusat yang memberikan amanat kepada kami yaitu penanganan secara hulu terhadap penurunan Stunting.

 

Diakhir didalam Apresiasi ini, yang diadakan oleh BKKBN provinsi NTB “Alhamdulillah kami di Kabupaten Dompu tempatnya tim pendamping keluarga yang ada di Desa Tanju Kecamatan manggelewa kabupaten Dompu provinsi Nusa Tenggara Barat.

 

” Semoga ada program-program ini yang bisa mempercepat penurunan stunting di Kabupaten Dompu Billahi taufik wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.” ujarnya.

 

Foto Iklan cegah StuntingĀ 

Sementara diwaktu yang Kabid P4 DPPKB Dompu Zulkarnain, S. Sos,. MPh, sebelumnya menyampaikan rasa syukur atas perhargaan Tim Pendamping Inspiratif yang diberikan oleh Dinas BKKBN Provinsi NTB.

 

” Pemberian penghargaan Inspirasi TPK Desa Tanju merupakan wujud nyata keberhasilan Tim Pendamping Kekuarga. dalam tim pencegahan dan penurunan angka stunting di desa tanju kecamatan manggelewa kabupaten Dompu,” jelas Kabid, diruangan kerjanya Kantor DPPKB Dompu Kamis, 24/08/23.

 

Sehingga melalui penghargaan ini, akan memotifasi TPK- TPK lainnya yang ada di seluruh Desa di kabupaten dompu dalam upaya pencegahan stunting,

 

Diakhir Zulkarnaen mengajak seluruh masyarakat bersama-sama menurunkan angka Stunting dikabupaten Dompu.

 

” Mari bersama cegah stunting demi mewujudkan Dompu MASHUR dan bebas stunting,

 

Pewarta: IW