Meriahkan HUT Kemerdekaan RI 78, RDL Gelar Kegiatan Pelestarian Lingkungan Dengan Konsep Merdeka Sampah.

foto Seluruh Panitia Relawan Dompu Lestari (RDL) dan Upacara Rakyat 

 

 

ChanelNtbNews, Dompu, NTB – Dalam Rangka Memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 78, yang Jatuh pada tanggal 17 Agustus tahun 2023, Relawan Dompu Lestari (RDL), menggelar kegiatan Pelestarian Lingkungan Khususnya di Kelurahan Kandai satu, Kec. Dompu Kabupaten Dompu.

 

Dengan mengusung konsep Merdeka Sampah & Penanaman Pohon Area Irigasi dengan tema bertajuk ‘Bersama Bangun Kesadaran & Rasa Tanggung Jawab dalam usaha pelestarian lingkungan’ dan dirangkaikan dengan Upacara Bendera Kemerdekaan dipuncak DoroBata, yang dilaksanakan pada tanggal 16 & 17, di DoroBata kelurahan kandai satu dompu.

 

Hal itu yang disampaikan oleh Koordinator Relawan Dompu Lestari (RDL) Syamsul Anhar, saat dikonfirmasi awak media di lokasi kegiatan Kel kandai satu kec Dompu kab Dompu, kamis, 17/08/23.

 

Dalam Penyampaiannya Koordinator RDL, Syamsul Anhar mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini, sebagai bentuk partisipasi kami selaku general muda yang perduli terhadap kebersihan lingkungan.

 

Dengan item kegiatan sebagai berikut ;

1. Bersih sampah

2. Lomba tarik tambang

3. Makan bubur & do’a bersama

4. Upacara rakyat

5. Penanaman pohon jalur irigasi.

 

foto kegiatan penanaman pohon 🌲 diarea Irigasi kel kandai satu kec Dompu kab Dompu.

 

Syamsul Anhar juga menjelaskan bahwa Kegiatan ini, merupakan starting poin dan Insyaallah kedepannya siap untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang jauh lebih baik & bermanfaat dalam usaha pelestarian lingkungan.

 

Lanjut, kegiatan ini juga diharapkan kedepannya dapat membangun kesadaran & rasa tanggung jawab pada semua pihak, karena hampir disetiap wilayah di Kab dompu.” terkait Lingkungan, itu menjadi masalah yang sangat serius dan kurang diperhatikan.” pungkasnya.

 

Ditambahkan Anhar dengan kesediaan sarana dan prasarana serta pelayanan yang jauh dari harapan, dimana kerusakan lingkungan makin menjadi di tanah nggahi rawi pahu ini.

 

Sehingga menimbulkan beberapa pertanyaan dari kalangan masyarakat khususnya masyarakat di kabupaten Dompu yang kemungkinan telah kehilangan semangat gotong royongnya.

 

” Ataukah acuh akan pelestarian lingkungan?, apakah program pemerintah 15% terkait lingkungan itu hanya wacana sang penguasa (legislatif-eksekutif) & apakah lemahnya regulasi yang dilahirkan terkait urusan lingkungan? ucapnya dengan nada sindir.

 

Diakhir, dengan dasar pemikiran itulah, kami relawan dompu lestari lewat langkah awal ini kembali mencoba mengajak semua pihak untuk berpartisipasi & bermitra untuk menunjang kemaslahatan dalam upaya pelestarian lingkungan.

 

” Memulai dari hati, membangun dengan semangat persaudaraan, kebersamaan & menjaga dengan ikhlas” pesan tulus Anhar.

 

Maka, kami Ucapan terima kasih & syukur untuk semua pihak yang telah membantu hingga terlaksananya kegiatan ini.

” Semoga kegiatan ini memberikan edukasi & manfaat yang berarti untuk semua.” ujar Pria yang aktif di organisasi KNPI Dompu

 

Pen ; IW

image_pdfimage_print