Kabupaten Dompu Salah Satu Daerah Penyanggah Pangan Nasional.

 

 

ChanelNtbNews, Kabupaten Dompu merupakann lumbung pangan dan menjadi salah satu daerah penyanggah pangan nasional. walaupun berada di wilayah yang sedikit gersang.

 

Tetapi Kabupaten Dompu memiliki segudang mata air yang digunakan sebagai saluran irigasi tehnis pertanian dengan optimal. sehingga setiap musim panen, mengalami surplus pangan.

 

Kepala Dinas Pertanian dan perkebunan Kabupaten Dompu Muhammad Syahroni, SP,.MM menjelaskan bahwa luas areal tanam padi di Kabupaten Dompu, mencapai 29.570 hektar, hingga Juli 2023,

 

Karena kab Dompu berada di lahan irigasi tehnis dan tidak pernah berubah komoditinya selain padi. dengan luas tanam tersebut”, di prediksi akan mampu memproduksi gabah mencapai 147 ribu ton dan musim panen ini, kita surplus beras hingga mencapai 45 ribu ton,” jelas Kadis.

 

Namun ancaman el nino yang akan terjadi di musim kemarau ini, diyakini tidak akan berdampak pada ketersediaan pangan Kabupaten Dompu.

 

Nantinya Kabupaten Dompu, akan kembali mengulang sebagai daerah penyanggah pangan nasional yang setiap tahun di sandangnya.“Minimal mampu memenuhi kebutuhan pangan kabupaten sekitar Dompu,” ujarnya. Rabu (11/8/2023). (Dikutip dari situs Distanbun).

 

Pen : IW

image_pdfimage_print